GarudaMiles Platinum merupakan tingkatan keanggotaan tertinggi pada frequent flyer program Garuda Indonesia yang bisa didapatkan secara umum. Untuk mendapatkan suatu status elite, diperlukan perjuangan dan tentunya bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Secara historis, Garuda Indonesia akan mengirimkan kartu keanggotaan fisik kepada anggota dengan status Silver, Gold, dan Platinum. Lalu Garuda melakukan revisi dengan hanya memberikan kartu keanggotaan kepada Platinum.

Kini, Garuda Indonesia telah berhenti menerbitkan kartu keanggotaan fisik kepada seluruh tingkatan keanggotaannya! 

UPDATE: Menurut informasi dari pembaca HC, Anda bisa meminta kartu keanggotaan fisik di kantor Garuda Indonesia, namun saya tidak tahu apakah akan berhasil setiap saat.

Garuda Platinum Kartu

Terdapat keanggotaan Tourbillon (tertinggi), namun status tersebut tidak bisa didapatkan dengan cara konvensional. Tourbillon merupakan level berbeda yang hanya bisa didapatkan oleh anggota dengan kantong tebal. Anda bisa membaca tentang keanggotaan Tourbillon Garuda Indonesia disini.

Pendapat

Biasanya maskapai akan memberikan perks unik kepada anggota elitenya, seperti kartu keanggotaan eksklusif dan luggage tag untuk dipamerkan. Seperti yang saya sebutkan, menjadi anggota elite biasanya menjadi sebuah kebanggaan dan pendorong loyalitas kepada suatu brand.

Saya merasa jika Garuda Indonesia seharusnya tetap memberikan kartu keanggotaan fisik dan malah seharusnya menambahkan gimmick menarik seperti luggage tag atau hadiah re-kualifikasi seperti bonus miles atau voucher akses lounge gratis.

Namun, saya merasa jika fokus Garuda Indonesia adalah mengisi kursi pesawat yang rata-rata memang sudah terisi oleh corporate traveler. Tren negatif yang menimpa GarudaMiles nampaknya akan terus berlanjut.

Semakin Banyak Anggota Elite GarudaMiles

Harga tiket yang saat ini sedang mahal disebabkan oleh sub-tarif tiket full fare yang memberikan frekuensi besar. Kebanyakan tarif Economy Class Garuda saat ini memberikan frekuensi penerbangan 2-3 sehingga anggota yang sering terbang di Economy pun bisa menjadi anggota elite dengan cepat.

Garuda Indonesia Executive Lounge (Domestik) di terminal 3 bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Foto: Edwin S.

Apakah Status Platinum GarudaMiles Worth It?

Status Platinum bisa didapatkan dengan mengumpulkan 50.000 tier miles atau 50 frekuensi (sektor) penerbangan. Berikut manfaat yang didapat sebagai Platinum GarudaMiles:

  • Check-in di counter premium di bandara Soekarno-Hatta
  • Check-in di counter kelas eksekutif
  • Akses ke Garuda Executive Lounge (domestik & internasional) bersama 1 orang tamu saat terbang dengan Garuda Indonesia
  • 20 kg tambahan kuota bagasi
  • 25% tier bonus
  • Prioritas dalam penanganan bagasi
  • Prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket

Worth it atau tidaknya status Platinum tentunya tergantung pada travel pattern setiap orang. Contoh:

  • Membutuhkan tambahan bagasi untuk membawa barang? Platinum akan memberikan tambahan 20kg
  • Sering terbang di Economy Class Garuda Indonesia? Maka akses lounge Business Class bisa didapatkan secara gratis + bisa membawa 1 tamu

Trik mendapatkan status Platinum dengan harga Rp 6 – 10 jutaan hingga saat ini masih belum bisa dilakukan. Penyebabnya tentu adalah harga tiket pesawat yang tidak kunjung turun.

Garuda Indonesia dalam beberapa tahun terakhir banyak melakukan perubahan negatif pada program GarudaMiles seperti menghilangkan akses lounge untuk anggota Gold. Semoga perubahan positif akan segera hadir.

Menurut Anda, apakah kartu keanggotaan fisik Platinum seharusnya tetap diberikan oleh Garuda Indonesia?

H/T: @stanleyadriann