Well, miles Alaska kini dipastikan tidak akan seheboh sebelumnya karena trik ‘gila’ stopover sudah tidak bisa lagi dilakukan.

Alhasil, muncul banyak sekali pertanyaan dari Anda semua seputar miles Alaska ini. Sebelum sampai kesana, saya akan sedikit membahas tentang kemungkinan penyebab dihilangkannya trik ini.

Penyebab

Alaska Airlines tentunya sadar betul tentang loophole stopover Japan Airlines sejak lama. Saya cukup heran mengapa loophole ini dibiarkan untuk jangka waktu yang lama. Menyusul semakin populernya trik ini sejak saya perkenalkan dan dipopulerkan oleh banyak pihak, mungkin Alaska mulai merasakan kerugian yang signifikan dari aktivitas ini.

Selain itu, meski belum bisa dipastikan, namun saya mempunyai prediksi penyebab Alaska menghentikan free stopover Intra Asia:

  • Ditambahkannya Singapore Airlines sebagai partner award redemption Alaska
  • Adanya bug pada website Alaska sehingga award First Class/Suites Singapore Airlines seperti Shanghai – Singapore – London – Singapore bisa dibeli hanya dengan 35.000 miles (belum bisa dipastikan)
  • Semakin banyaknya pihak yang mengambil keuntungan dengan menjadi broker miles (membeli miles kemudian menjual tiket untuk mendapat keuntungan)

Anyway, setiap sweet spot tentunya akan dihilangkan ketika menjadi terlalu populer. Hal tersebut berlaku tidak hanya untuk miles Alaska saja. Mungkin saya harus slow down dalam membagikan trik, seperti saran dari beberapa pembaca? 😉

Trik stopover Alaska miles kini sudah tidak bisa dilakukan. Foto: Japan Airlines.

Menjawab Pertanyaan

Pertama-tama, berikut pertanyaan yang paling banyak saya dapat dari para pembaca:

“Saya sudah memiliki tiket, apakah mungkin akan dibatalkan oleh pihak Alaska atau JAL?”

Saya 99,9% yakin jika tiket yang sudah berhasil dibeli akan tetap di-honor oleh Alaska. Mengapa? Karena pada saat Anda membeli tiket, peraturan ini belum diimplementasikan:

“10. Stopovers are not available on Intra- Asia award redemptions.”

Artinya Anda terikat dengan syarat & ketentuan lama yang mengharuskan perusahaan di Amerika untuk menghargai peraturan tersebut. Simpelnya, jika Anda berhasil memesan dengan trik ini, maka peraturan tersebut belum diberlakukan.

Sejauh ini, tiket yang saya beli juga masih berstatus confirmed. Saya akan terus memberikan update jika ada informasi terbaru.

Alaska Japan Airlines

Jika Anda sudah memiliki confirmed ticket, maka saya cukup yakin jika tiket tersebut akan di-honor. Foto: Edwin S.

Alternatif Penukaran

Anda tetap bisa menukarkan 25.000 miles Alaska untuk penerbangan Business Class Japan Airlines ke Jepang. Hanya saja, jumlah miles tersebut kini hanya bisa ditukarkan untuk one way saja.

Namun, setidaknya Anda tidak harus melakukan positioning flight ke/dari Kuala Lumpur, Singapore, Bangkok untuk trik tersebut. Meskipun tidak terlalu berarti, tetapi setidaknya ada sedikit hal positif dari kabar buruk ini.

Banyak juga yang mengatakan jika harga tersebut kini sudah tidak worth it karena banyak tiket Business Class promo yang harganya tidak berbeda jauh.

Oleh karena itu, berikut alternatif penukaran award dari Indonesia yang mungkin menarik bagi Anda berdasarkan maskapai (seluruh harga dibawah adalah menggunakan miles Alaska):

Japan Airlines
  • 25.000 miles untuk one way Business Class ke Asia
  • 65.000 miles untuk one way Business Class ke Amerika Serikat, Hawaii & Canada
  • 75.000 miles untuk one way First Class ke Amerika Serikat, Hawaii & Canada

Cathay Pacific
  • 22.500 miles untuk one way Business Class ke Asia
  • 50.000 miles untuk one way Business Class ke Amerika Serikat, Hawaii & Canada
  • 70.000 miles untuk one way First Class ke Amerika Serikat, Hawaii & Canada
  • 42.500 miles untuk one way Business Class ke Eropa (ke/dari Hong Kong)

Singapore Airlines
  • 25.000 miles untuk one way Business Class ke Asia Tenggara (Termasuk Hong Kong & Taipei)
  • 35.000 miles untuk one way First Class/Suites ke Asia Tenggara (Termasuk Hong Kong)

Korean Air
  • 60.000 miles untuk round trip Business Class ke Korea

Finnair
  • 60.000 miles untuk one way Business Class ke Eropa (ke/dari Singapore)

Qantas
  • 55.000 miles untuk one way Business Class ke Amerika (ke/dari Australia)
  • 70.000 miles untuk one way First Class ke Amerika (ke/dari Australia)

Hainan Airlines
  • 50.000 miles untuk one way Business Class ke Amerika Serikat, Hawaii & Canada
  • 50.000 miles untuk one way Business Class ke Mexico

Anda bisa menuju ke link ini untuk melihat award chart lengkap Alaska.

Alaska Miles

Terbang di Suites Singapore Airlines ke Hong Kong dengan menukarkan miles Alaska! Jumlah miles yang dibutuhkan jauh lebih murah ketimbang KrisFlyer. Foto: Singapore Airlines.

Saran Saya.. Cepat Tukar

Anda harus mengerti jika poin dan miles bukanlah sesuatu yang baik untuk disimpan dalam jangka waktu panjang.

Saya sendiri menganut prinsip earn & burn. Mengapa? Karena devaluasi pada loyalty program bisa saja terjadi seketika tanpa peringatan, contohnya devaluasi 20% GarudaMiles. Beberapa maskapai lain seperti Singapore Airlines biasanya akan memberi peringatan sebelum melakukan devaluasi.

Saya juga menyarankan agar Anda tidak membeli miles secara spekulatif. Hanya beli ketika Anda sudah mempunyai rencana perjalanan yang jelas.

Qantas Alaska Miles

Terbang ke Amerika (dari Australia) di First Class Qantas menggunakan miles Alaska. Foto: Qantas.

Rumor

Penukaran miles Alaska untuk penerbangan Cathay Pacific & Japan Airlines bisa jadi akan didevaluasi. Rumor ini berhembus di beberapa forum dan blog bahwa Alaska akan menaikkan harga award kedua maskapai tersebut, terutama di rute Amerika.

Saat ini, saya masih menganggap jika award Business & First Class ke Amerika, Hawaii, dan Canada dengan kedua maskapai tersebut sebagai sweet spot dari Alaska. Saran saya adalah cepat menukarkan jika memang Anda tertarik.

Miles Alaska Masih Berharga.. Untuk Saat Ini

Pastinya, valuasi saya sebesar Rp 300 / 1 mile untuk Alaska miles akan turun 10 – 20% karena hilangnya trik ini. Namun saya masih menganggap miles Alaska sebagai salah satu currency yang paling berharga. Tetapi bisa saja anggapan saya akan berubah jika rumor devaluasi tersebut benar terjadi.

Penutup

Saya pribadi cukup terpukul dengan devaluasi mendadak ini. Satu hal yang saya tidak sukai adalah tidak adanya pemberitahuan lebih awal. Terlebih, kabar buruk ini hadir setelah ‘kabar baik’ ditambahkannya Singapore Airlines sebagai partner penukaran miles.

Alaska Airlines secara historis terkenal sebagai maskapai yang friendly melalui frequent flyer program-nya. Saya sendiri tidak bisa menyalahkan mereka sepenuhnya karena tentunya nilai kerugian yang ditanggung oleh Alaska seharusnya cukup besar. Namun, saya merasa akan lebih adil jika maskapai memberikan pemberitahuan terlebih dahulu agar customer tidak merasa dirugikan sepenuhnya.

All good things must come to an end, hal tersebut akhirnya berlaku bagi trik miles Alaska ini. Namun, jangan berkecil hati karena masih banyak tips dan trik menarik lain yang bisa Anda pelajari.

.

Apa rencana Anda dengan miles Alaska?