Rp 8 juta untuk tiket pulang pergi Business Class Japan Airlines ke Jepang mungkin terdengar sangat murah dan tidak mungkin bisa ditemukan. Namun, hal tersebut nyatanya bisa dilakukan dengan trik pembelian miles Alaska.

Belum lagi dengan kabar baik ditambahkannya Singapore Airlines sebagai award partner redemption Alaska beberapa waktu lalu. Mulai dari pertama kali saya kenalkan kepada Anda semua, trik stopover Alaska miles ini tentunya merupakan salah satu topik hangat di PinterPoin.

Sayangnya, trik atau sweet spot tersebut kini telah dihilangkan oleh Alaska selamanya. Hal tersebut bisa dikonfirmasi dengan penambahan peraturan baru untuk award intra Asia.

10. Stopovers are not available on Intra- Asia award redemptions.

Stopover tidak bisa dilakukan untuk penerbangan intra Asia saja. Artinya jika Anda terbang ke atau dari zona lain seperti Amerika, maka stopover masih bisa dilakukan.

Alaska Japan Airlines

25.000 miles Alaska masih bisa Anda tukarkan untuk Business Class Japan Airlines ke Jepang, namun hanya untuk one way. Foto: Edwin S.

Bagi Anda yang Sudah Memiliki Issued Ticket

Saya sendiri sudah memiliki issued ticket Japan Airlines dan tiket tersebut sejauh ini tetap utuh. Saya sudah menghubungi pihak Alaska untuk memastikan, namun belum mendapat balasan sejauh ini.

Saya pribadi 99% yakin jika tiket tersebut akan di-honor oleh Alaska.

Bagi Anda yang Terlanjur Membeli Miles

Anda tetap bisa menukarkan 25.000 miles Alaska untuk penerbangan Business Class Japan Airlines ke Jepang. Hanya saja, jumlah miles tersebut kini hanya bisa ditukarkan untuk 1 penerbangan one way saja.

25.000 miles untuk one way Business Class Japan Airlines tidaklah buruk. Dengan promo bonus 50% seperti biasa, Anda akan membayar sekitar Rp 8 juta untuk 1 tiket one way Business Class ke Jepang. Harga tersebut masih tergolong murah dibandingkan jika Anda harus membeli tiket dengan uang.

Untuk tanggalan low season saja, tiket serupa dihargai Rp 28.476.200 sekali jalan per orang. Tentunya membeli miles Alaska untuk penerbangan ini masih masuk akal bagi sebagian orang.

Tiket one way Business Class Japan Airlines tetap lebih murah jika dibeli dengan Alaska miles.

Untuk Singapore Airlines, Anda masih bisa menggunakan miles Alaska untuk situasi yang lebih menguntungkan ketimbang KrisFlyer seperti:

  • Jakarta – Singapore – Shanghai (Suites) – 35.000 miles Alaska v.s. 53.000 KrisFlyer miles

UPDATE: Sepertinya China sudah dimasukkan ke zona yang sama dengan Jepang dan Korea (60.000 miles Business Class dan 75.000 miles First Class/Suites).

Namun harga 35.000 miles untuk one way First Class/Suites Singapore Airlines sejauh ini masih bisa ditemukan. Segera lakukan booking untuk mengamankan harga award lama tersebut!

China kini masuk ke zona yang sama dengan Jepang dan Korea. Namun, untuk sementara waktu, harga award ke China masih sama dengan South East Asia. Segera tukar miles sebelum harga disesuaikan!

Resiko Sweet Spot

Tentu saja trik seperti ini akan merugikan pihak Alaska yang notabene harus membayar Japan Airlines atau Singapore Airlines untuk 2 penerbangan (atau lebih). Saya sadar betul jika trik ini cepat atau lambat akan dihilangkan ketika menjadi terlalu populer.

Dilema Blogger

Saya sadar juga dengan membagikan trik seperti ini, saya akan kehilangan sebuah sweet spotย yang tadinya hanya diketahui oleh segelintir orang.

Namun, sudah menjadi janji dan misi dari PinterPoin untuk membantu Anda lebih memahami dan bisa mendapat keuntungan dari frequent flyer program dan loyalty program lain. Saya ingin agar pembaca saya bisa belajar dan memahami betapa menariknya dunia poin dan miles.

Tentunya ini merupakan sebuah berita yang menyedihkan bagi saya dan bagi Anda yang belum sempat memanfaatkan trik ini.

Selamat bagi Anda yang sudah pernah memanfaatkan trik ini.

Apakah Anda sudah sempat menukarkan miles Alaska untuk trik stopover?

H/T: Refky & Yosua