Welcome bonus kartu kredit berupa poin/miles yang besar merupakan salah satu daya tarik untuk menjaring nasabah baru. Tentu saja bonus tersebut merupakan salah satu aspek penting dalam menentukan kartu kredit mana yang harus Anda dapatkan.

Dengan welcome bonus, Anda berpeluang untuk mendapatkan poin/miles signifikan dengan cepat dan mudah. Tanpa disadari, penukaran poin/miles untuk Business atau First Class tidak sesusah yang Anda bayangkan jika Anda berhasil meraup welcome bonus yang atraktif.

kartu kredit welcome bonus terbaik

Kursi First Class Singapore Airlines 777-300. Foto: Edwin S.

Berikut beberapa kartu kredit di Indonesia yang saya anggap cukup menarik dari segi penawaran bonus poin dan miles untuk pemegang kartu baru:

HSBC Visa Signature

Welcome bonus: 30.000 miles (dalam wujud 510.000 HSBC Rewards)

Frequent Flyer Program: Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific

Syarat: Pemakaian kartu sebesar Rp 30.000.000 dalam 3 bulan setelah kartu disetujui


Citibank Premier Miles Visa Signature

Welcome bonus: 35.000* 25.000 miles

Frequent Flyer Program: Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Thai Airways, British Airways, Etihad Airways, KLM & Air France, Qantas, Qatar Airways, EVA Air, dan IHG Rewards Club (hotel)

Syarat: Pemakaian kartu sebesar Rp 50.000.000 dalam 3 bulan sejak kartu disetujui

* 35.000 Miles yang diiklankan oleh Citibank adalah akumulasi jumlah miles yang bisa Anda dapatkan (termasuk welcome bonus) jika melakukan transaksi sebesar Rp 50.000.000 sepenuhnya di luar negeri.


BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite

Kartu Kredit BCA

BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite. Kredit: BCA.

Welcome bonus: 12.500 KrisFlyer miles

Frequent Flyer Program: Singapore Airlines

Syarat: Dapatkan 3.000 KrisFlyer miles pada tagihan pertama dan 9.500 KrisFlyer miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp 3.000.000,- dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.


Garuda Indonesia Citi Card Visa Signature

Welcome Bonus Kartu Kredit

Welcome bonus: 12.500 GarudaMiles

Frequent Flyer Program: Garuda Indonesia

Syarat: Pemakaian kartu sebesar Rp 2.500.000 dalam 3 bulan sejak kartu disetujui.


BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature

Welcome bonus: 10.000 KrisFlyer miles

Frequent Flyer Program: Singapore Airlines

Syarat: Dapatkan 3.000 KrisFlyer miles pada tagihan pertama dan 7.000 KrisFlyer miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp 3.000.000,- dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.


Baca juga: Trik KrisFlyer: Business Class Singapore Airlines Rute Eropa, Hanya 49.000 Miles Sekali Jalan!

Baca juga: 5 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan KrisFlyer Miles

Baca juga: 5 Kartu Kredit Ini Akan Membantu Anda Mengumpulkan GarudaMiles dengan Cepat


Hal yang perlu Anda perhatikan

  • Pastikan Anda eligible untuk mendapatkan welcome bonus. Beberapa bank seperti Citi menerapkan aturan jika welcome bonus hanya bisa didapatkan oleh nasabah baru. Jika telah memiliki sebuah kartu Citi, maka Anda tidak bisa mendapatkan welcome bonus kartu Citi lainnya.
  • Seringkali terdapat persyaratan untuk mendapatkan welcome bonus, contohnya Anda harus melakukan pembelanjaan sebesar Rp xx dalam 2 bulan sejak kartu disetujui.
  • Beberapa kartu kredit high end seperti BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite atau Citi Prestige tidak saya sertakan. Alasannya adalah karena sifat kartu yang eksklusif & tidak bisa didapatkan dengan mudah oleh publik.
  • Beberapa welcome bonus yang bersifat targeted atau musiman layak untuk Anda pertimbangkan. Contohnya seperti BNI Garuda Indonesia Visa Signature yang pernah menawarkan welcome bonus sebesar 72.000 GarudaMiles dalam promo app-fly pada tahun 2018 lalu.

Penutup

Welcome bonus saya pandang sebagai good starter bagi Anda yang ingin mulai mengumpulkan poin/miles. Bahkan Anda bisa langsung menukarkan penerbangan seperti Suites Singapore Airlines (53.000 KrisFlyer miles) sekali jalan ke Shanghai dengan mendapatkan 2 kartu saja (HSBC Visa Signature & Citi Premier Miles).

Namun, perlu diperhatikan jika untuk jangka panjang, Anda wajib menggunakan kartu kredit terbaik dalam aspek perolehan poin/miles. Contohnya adalah kartu kredit seperti CIMB Niaga JCB Ultimate dimana Anda akan memperoleh 1 GarudaMiles atau Asia Miles per Rp 3.333.

Anda wajib memperhatikan syarat dan ketentuan pada kartu kredit yang Anda daftarkan. Seringkali orang melewatkan kesempatan mendapatkan welcome bonus kartu kredit karena tidak berhasil memenuhi syarat perolehan.

.

Berapa welcome bonus kartu kredit terbesar yang pernah Anda temui?