Setelah Alaska Airlines dan Singapore Airlines mengumumkan kerja sama pada tahun 2017 lalu, akhirnya sekarang miles Alaska bisa ditukarkan untuk penerbangan Singapore Airlines!

Miles Alaska mungkin kini cukup populer di kalangan orang Indonesia setelah saya memperkenalkan trik Business Class Japan Airlines murah meriah tahun lalu.


Baca artikelnya: TRIK: Business Class Japan Airlines P.P. ke Jepang Rp 7 – 9 Jutaan


Anda bisa membeli miles Alaska untuk kemudian ditukarkan dengan penerbangan Singapore Airlines!

Award Chart

Menariknya, penerbangan Singapore Airlines yang bisa ditukarkan tidak hanya dalam Asia atau Amerika saja melainkan bisa juga ke Eropa, Afrika, Timur Tengah, dll. Berikut tabel penukaran miles Alaska untuk penerbangan Singapore Airlines:

Alaska Singapore Airlines

Asia Tenggara & Asia Utara.

Alaska Singapore Airlines

Asia ke Afrika.

Alaska Singapore Airlines

Asia ke Eropa.

Alaska Singapore Airlines

Asia ke India.

Asia ke Timur Tengah.

Asia ke Australia, New Zealand & Sekitar.

Asia ke Amerika.


Baca juga: Trik: Konversi Poin Marriott Anda Menjadi Alaska Miles

Baca juga: Panduan Lengkap KrisFlyer, Frequent Flyer Program Singapore Airlines


Sweet Spot

Sekilas, saya sudah melihat sebuah sweet spot untuk penerbangan intra Asia.

Anda bisa menggunakan 35.000 miles Alaska untuk penerbangan seperti Hong Kong – Singapore dengan Suites baru lalu dilanjutkan Singapore – Shanghai dengan Suites baru juga, WOW!

Dengan miles yang sama, Anda juga bisa terbang di rute yang lebih simpel seperti Jakarta – Shanghai via Singapore dengan 25.000 miles untuk Business Class dan 35.000 miles untuk First Class!

Miles Alaska kini semakin berharga dengan penambahan award Singapore Airlines.

Sebagai perbandingan, Anda akan memerlukan 53.000 KrisFlyer miles untuk penerbangan sekali jalan Shanghai – Singapore – Jakarta di Suites/First Class.

Topik ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya lebih mendetil.

Alaska sepertinya sekarang mempunyai sweet spot baru pada award Singapore Airlines! Foto: Singapore Airlines.

Free Stopover Alaska

Tidak seperti KrisFlyer yang mengenakan biaya $100 untuk stopover pada Saver award, salah satu keunggulan dari menggunakan miles Alaska adalah gratis stopover!

Artinya Anda bisa terbang dari Jakarta lalu stopover (hingga 1 tahun!) di Singapore sebelum melanjutkan penerbangan ke destinasi selanjutnya!

Penutup

Tentu saja kabar ini saya anggap sebagai kabar yang sangat baik dan menarik. Kini, ada opsi lain yang lebih murah (pada rute tertentu) untuk menukar award Singapore Airlines.

Secara historis, Singapore Airlines biasanya tidak me-release premium cabin award untuk maskapai partner. Namun hal tersebut nampaknya tidak berlaku bagi Alaska Airlines! Dengan ditambahkannya Singapore Airlines (dan ada sweet spot 😉 ), maka valuasi saya terhadap miles Alaska otomatis akan naik secara signifikan.

Topik ini tentunya sangat menarik dan akan saya bahas secara spesifik pada beberapa artikel terpisah. Selain sweet spot, saya akan melakukan perbandingan penukaran miles Alaska v.s. dengan KrisFlyer itu sendiri.

Apakah Anda tertarik dengan metode baru penukaran miles Alaska untuk Singapore Airlines?

H/T: One Mile at a Time