Pertama-tama, ini bukan sebuah pengumuman saya akan menikah di atas pesawat Garuda Indonesia 😉 . Melainkan, munculnya wacana dari Garuda Indonesia yang berencana untuk memfasilitasi pernikahan di atas pesawat.

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, wacana ini merupakan bagian dari program New Experience yang akan dihadirkan oleh Garuda Indonesia dan akan menyasar ke kaum milenial yang menginginkan pengalaman yang tidak terlupakan.

“Kita sudah keluarkan artis menyanyi di pesawat, terus kemudian nanti mencoba meminta izin ke regulator, bahwa nanti bapak-bapak ibu-ibu yang mau menikah bisa di atas pesawat, asyik kan?”

– I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra

Bahkan, wacana ini sudah disampaikan kepada Event & Wedding Organizer dan rencananya Garuda Indonesia belum akan mencari keuntungan, melainkan akan melihat animo dari masyarakat terlebih dahulu.

Garuda Indonesia dikabarkan akan mengenakan tarif kursi normal untuk tahap awal. Pasangan dan keluarga hanya perlu membeli sejumlah kursi yang diperlukan dengan tarif tiket normal. Jika minat dari masyarakat dilihat cukup tinggi, maka kedepannya Garuda Indonesia mungkin akan mengenakan tarif charter pesawat.

Garuda A330

Menikah di pesawat Garuda Indonesia tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Foto: Aviation Tribune.

Mungkinkah?

Saya pribadi merasa jika hal ini mungkin saja dilakukan apalagi di era media sosial seperti ini. Tentu saja akan ada banyak kalangan kaum milenial yang mengincar momen seperti ini. Pesta pernikahan atau resepsi di atas pesawat akan dilihat sebagai sesuatu yang berbeda dan akan menarik perhatian publik.

Namun, nampaknya akad pernikahan tetap harus dilakukan di darat karena nampaknya cukup sulit untuk dilakukan diatas pesawat. Namun tidak menutup kemungkinan jika suatu hari nanti akan bisa dilakukan dengan koordinasi terlebih dulu dengan pihak maskapai.

Nikah Garuda Indonesia

Pernikahan di atas pesawat. Foto: Sherri Barber Photography.

Sudah Pernah Dilakukan, Namun Belum di Indonesia

Pernikahan di atas pesawat sebenarnya sudah sering terjadi. Bahkan, sejarah mencatat bahwa pernikahan di pesawat pertama kali dilakukan pada tahun 1912!

Berikut ada video pernikahan dua pasangan di penerbangan Austrian Airlines yang akan menuju ke Yunani:

Ada juga kisah menarik seperti Paus Francis menikahkan dua kru kabin di penerbangan LATAM dari Santiago ke Iquique.

Menikah di Pesawat

Paus Francis menikahkan dua kru kabin LATAM di atas pesawat. Foto: LATAM.

Apakah Anda tertarik untuk menikah di atas pesawat Garuda Indonesia?