Alaska Airlines kembali mengadakan bonus untuk pembelian miles dan bagi Anda yang masih belum atau tidak berhasil membeli Alaska Miles, tambahan Frequently Asked Questions (F.A.Q.) ini saya harapkan akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat. Berikut pertanyaan-pertanyaan seputar AlaskaMileage Plan yang PinterPoin sering terima dari pembaca belakangan ini:


Q: Kartu kredit apa yang paling cocok digunakan untuk pembelian Alaska Miles?

A: Pembelian Alaska Miles diproses oleh points.com yang berarti pembelian miles tidak akan diperhitungkan. sebagai transaksi di maskapai (airline) melainkan hanya transaksi ritel biasa menggunakan mata uang asing.

Oleh karena itu, kartu kredit yang paling cocok digunakan adalah kartu kredit dengan earning rate yang bagus untuk transaksi dalam mata uang asing tanpa syarat apapun. Berikut adalah beberapa rekomendasi PinterPoin:

  • CIMB Niaga Visa Infinite

Pembelian Alaska Miles menggunakan kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite menurut saya pribadi adalah opsi terbaik. Hal ini dikarenakan poin dari transaksi senilai 15 juta Rupiah dalam mata uang bisa ditukarkan menjadi satu penerbangan PP gratis di kelas ekonomi Singapore Airlines.

Mengasumsikan bahwa tiket Singapore Airlines PP termurah adalah 2,5 juta Rupiah, hal ini berarti transaksi menggunakan kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite secara tidak langsung memberikan Anda cashback sebesar 16,66% dari nilai transaksi.

  • CIMB Niaga World MasterCard

Kartu kredit CIMB Niaga World MasterCard juga layak Anda pertimbangkan untuk transaksi pembelian Alaska Miles dikarenakan kartu.ini memiliki earning rate yang sangat bagus dan kurs yang sangat kompetitif.

  • Citi Premier Miles

Saat ini, kartu kredit Citi Premier Miles sedang mengadakan promo points multiplier yang sangat menarik. Memperhitungkan promo tersebut, kartu kredit Citi Premier Miles memiliki earning rate 1.666 Rupiah per 1 airline miles untuk transaksi dalam mata uang asing yang mana tentunya sangat menarik.


Q: Kenapa award search saya selalu gagal?

A: Kemungkinan besar, Anda melakukan salah satu kesalahan di bawah ini:

  • Anda tidak mencentang opsi Multi-city dan use miles
  • Anda memilih Haneda (HND) sebagai airport tujuan/keberangkatan (Anda harus memilih TYO-All Airport)
  • Kota keberangkatan dan kepulangan Anda sama
  • Anda mengisi kolom ‘returning flight’ (kolom 3 dan 4)
  • Isian Anda tidak valid

Untuk memastikan bahwa isian Anda valid, Anda harus (1) memilih kota keberangkatan dan kepulangan yang berbeda yang dilayani oleh rute direct dari Japan Airlines (JAL) (2) Hanya mengisi kolom pertama dan kedua (3) memilih TYO-All Airport sebagai airport kedatangan/keberangkatan. Berikut adalah contoh isian yang valid:


Q: Tips agar pembelian Alaska Miles di website Alaska Airlines berhasil?

A:
  1. Pastikan nama di kartu kredit Anda dengan nama di akun Alaska Airlines sama
  2. Jangan langsung menghabiskan jatah membeli 150.000 Alaska Miles setahun dalam sehari. Akan lebih baik jika Anda membeli secara bertahap walaupun hal tersebut berarti Anda mungkin akan membayar sedikit lebih mahal.
  3. Semakin lama usia akun Alaska Miles Anda, maka kemungkinan Anda gagal membeli Alaska Miles semakin kecil. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mendaftar keangotaan Alaska Airlines mulai dari sekarang.
  4. Jika pembelian Alaska Miles menggunakan kartu kredit masih sering gagal, coba gunakan kartu debit Anda sebagai metode pembayaran.

Baca juga: Kembali Hadir – Bonus 40%/50% Pembelian Miles Alaska
Baca juga: Panduan Pemula – Trik Stopover Japan Airlines
Baca juga: F.A.Q. Alaska MileagePlan

Q: Pembelian Alaska Miles saya (masih) selalu gagal, apakah ada alternatif lain? 

A: Anda bisa menggunakan trik konversi poin Marriott menjadi Alaska Miles. Menggunakan cara ini, Anda masih bisa memanfaatkan trik stopover Japan Airlines walaupun pembelian Alaska Miles di website Alaska Airlines selalu gagal.


Q: Apakah saya bisa memilih airport lain di Jepang selain Tokyo?

A: Bisa! Anda bisa saja memilih Osaka-Kansai International Airport (KIX) sebagai airport kedatangan/keberangkatan. Hanya saja, satu-satunya destinasi yang bisa Anda gunakan sebagai destinasi awal/akhir untuk penerbangan ke airport tersebut hanyalah Bangkok (BKK).

Anda bisa memilih Osaka (KIX) sebagai destinasi keberangkatan/kedatangan namun Anda harus berangkat/tiba dari/ke Bangkok


Jika Anda memiliki pertanyaan lain yang tidak tercantum diatas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau buka F.A.Q Alaska MileagePlan sebelumnya.

.

Apakah Anda sudah berhasil membeli miles Alaska?