Meski belum ada pemberitahuan resmi, Garuda Indonesia ternyata sudah menutup rute penerbangan langsung Jakarta – Beijing. Penerbangan terakhir yang bisa saya temukan adalah Selasa, 8 Oktober 2019.

Kedepannya, rute tersebut akan digantikan dengan Denpasar – Beijing menggunakan pesawat Airbus A330 All-Economy Class. Artinya kini penumpang dari Jakarta kini harus melakukan transit di Denpasar sebelum melanjutkan penerbangan ke Beijing.

Melalui Google Flights rute Jakarta – Beijing sudah tidak dijual oleh Garuda setelah tanggal 8 Oktober 2019 seperti yang disebutkan diatas. Berbagai rute alternatif muncul, bahkan seperti codeshare flight Garuda dengan Singapore Airlines untuk penerbangan (Jakarta – Singapore) Singapore – Beijing.


Baca juga: AvGeek: Mengenal Armada Pesawat Garuda Indonesia


Jadwal Penerbangan Garuda Indonesia Denpasar – Beijing

Berikut adalah jadwal penerbangan Garuda Indonesia rute Denpasar – Beijing:

Garuda Beijing

Pesawat yang Digunakan

Garuda Indonesia memiliki beberapa versi konfigurasi untuk pesawat Airbus A330nya. Sebanyak 6 dari 24 unit A330 saat ini menggunakan konfigurasi All-Economy Class.

Pesawat tersebut akan digunakan untuk rute Denpasar – Beijing. Asumsi saya adalah minimnya penumpang premium di rute Beijing yang mendorong Garuda Indonesia untuk menggunakan pesawat tersebut.

Garuda A330

1 dari 6 Airbus A330 Garuda Indonesia dengan konfigurasi All-Economy Class. Kredit: Wong Chi Lam.

Penutup

Garuda Indonesia nampaknya masih terus akan melakukan perubahan pada rute-rute penerbangannya. Sebelumnya, rute London dan Amsterdam yang dilayani oleh Boeing 777-300ER telah dialihkan melalui Medan dengan Airbus A330 & A330-900neo selanjutnya.

Sempat beredar rumor bahwa Garuda akan mengubah rute Jakarta – Beijing menjadi via Jakarta – Batam – Beijing dengan armada Boeing 737-nya. Namun Garuda Indonesia lebih menganggap Denpasar sebagai opsi yang lebih masuk akal.

Dengan hengkangnya Garuda, maka Air China menjadi satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan non-stop Jakarta – Beijing (3/4x per minggu). Air China juga bisa dipastikan akan mendapat premium customer (Business Class) yang kini tidak lagi bisa terbang non-stop ke Beijing dengan Garuda Indonesia.

Apa pendapat Anda tentang dihentikannya rute penerbangan Jakarta – Beijing ini?

H/T: @sarlitodr