Memiliki kartu kredit dan menggunakannya dalam berbagai kesempatan merupakan salah satu cara tercepat untuk mengumpulkan miles tanpa harus terbang. Oleh karena itu, saya selalu menyarankan kepada pembaca PinterPoin untuk memiliki kartu kredit yang tepat agar Anda bisa terbang di business class ataupun first class tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Mengingat di Indonesia sendiri terdapat lebih dari lima puluh kartu kredit yang memiliki fitur pengumpulan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan airline miles, maka tentunya memilih kartu kredit yang tepat merupakan kunci sukses dalam permainan ini.

Terlalu sedikit (kartu kredit) maka Anda akan seringkali melewatkan promo yang menarik; namun terlalu banyak akan memberatkan Anda dari sisi annual fee ataupun manajemen portofolio kartu kredit yang baik. Oleh karena itu, kartu kredit Anda harusnya berimbang dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Memiliki kartu kredit yang tepat Akan mempermudah Anda mengumpulkan miles 


Baca juga: Kartu Kredit Dengan Welcome Bonus Poin & Miles Terbaik
Baca juga: 6 Kartu Kredit di Dompet Saya Sekarang

Pembagian Jenis Kartu Kredit Versi PinterPoin

PinterPoin membagi jenis kartu kredit berdasarkan pagu kredit (limit) minimum yang diberikan. Menggunakan klasifikasi tersebut, maka terdapat 4 jenis kartu kredit di Indonesia yaitu bottom-tier, mid-tier, top-tier, dan special credit card. Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing jenis kartu kredit:

1. Kartu Kredit Bottom-Tier

Kartu kredit bottom-tier atau seringkali saya sebut juga sebagai entry level credit card adalah kartu kredit yang ditujukan untuk pengguna baru (belum pernah memiliki kartu kredit) ataupun bagi mereka yang tidak mengumpulkan poin kartu kredit. Kartu kredit jenis ini biasanya Anda peroleh sebagai kartu kredit pertama Anda.

Saya sendiri mendefinisikan kartu kredit bottom-tier sebagai kartu kredit dengan limit minimum dibawah 10 juta Rupiah. Berikut adalah beberapa contoh kartu kredit bottom-tier:

  • Mandiri SKYZ
  • BCA Visa Gold
  • BRI Touch Visa Gold
  • CIMB Niaga MasterCard Gold
  • UOB YOLO Card

Mandiri SKYZ adalah kartu kredit bottom tier yang memiliki fitur penukaran poin menjadi airline miles.

.

2. Kartu Kredit Mid-Tier

Kartu kredit mid-tier adalah kartu kredit yang ditujukan bagi Anda yang biasanya sudah memiliki track record yang cukup baik dalam menggunakan kartu kredit. Berbeda dengan kartu kredit bottom-tier, sebagian besar kartu kredit di kategori ini memiliki fitur pengumpulan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan airline miles

Saya sendiri mendefinisikan kartu kredit mid-tier sebagai kartu kredit dengan limit minimum antara 10 – 30 juta Rupiah. Berikut adalah beberapa contoh kartu kredit mid-tier:

  • BCA Singapore Airlines Visa Signature
  • CIMB Niaga Visa Platinum
  • DBS Travel Platinum
  • UOB Preferred Platinum
  • Mandiri Visa Platinum

DBS Travel Platinum adalah contoh kartu kredit mid-tier yang sangat bagus. 

.

3. Kartu Kredit Top-Tier

Kartu kredit top-tier adalah kartu kredit yang ditujukan untuk nasabah yang sudah dipercaya oleh pihak bank dan biasanya memiliki limit yang tinggi. Sepengetahuan saya, semua kartu kredit top-tier di Indonesia memiliki fitur pengumpulan poin yang bisa ditukarkan menjadi airline miles.

Saya sendiri mendefinisikan kartu kredit top-tier sebagai kartu kredit dengan limit minimum setara atau diatas 30 juta Rupiah. Berikut adalah beberapa contoh kartu kredit top-tier:

  • CIMB Niaga JCB Ultimate
  • Mandiri Visa Signature
  • BCA Singapore Airlines Visa Infinite
  • UOB PRIVI Miles
  • HSBC Visa Signature
  • Citi Prestige
  • DBS Travel Visa Signature

Mandiri Visa Signature adalah salah satu kartu kredit top-tier termudah untuk diperoleh.

.

4. Kartu Kredit Spesial

Kartu kredit spesial adalah kartu kredit yang hanya bisa Anda peroleh dengan memenuhi syarat tertentu seperti menjadi nasabah preferred/prioritas/private banking di suatu bank ataupun memiliki status tertentu di suatu airline/hotel chain.

Limit awal dari kartu kredit jenis ini biasanya bergantung pada Asset Under Management (AUM) Anda di bank tersebut. Berikut adalah beberapa contoh kartu kredit spesial:

  • HSBC Premier MasterCard World (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di HSBC dengan AUM setidaknya 500 juta Rupiah)
  • CIMB Niaga Visa Infinite Preferred (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di CIMB Niaga dengan AUM setidaknya 500 juta Rupiah)
  • Standard Chartered Visa Infinite (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di Standard Chartered dengan AUM setidaknya 500 juta Rupiah)
  • Mandiri Prioritas MasterCard World (Hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah nasabah prioritas di Mandiri dengan AUM setidaknya 1 miliar Rupiah)
  • BCA Singapore Airlines PPS Club (hanya bisa dimiliki apabila Anda adalah anggota PPS Club Singapore Airlines)

Kartu kredit Mandiri Prioritas MasterCard World hanya bisa Anda miliki apabila Anda adalah nasabah prioritas Bank Mandiri.

.

Penutup

Memiliki kartu kredit traveling jenis top-tier maupun spesial merupakan cara cepat untuk mengumpulkan airline miles. Sayangnya, kedua jenis kartu kredit tersebut tidak mudah didapatkan kecuali apabila Anda adalah seorang miliuner. Dan saya yakin kebanyakan pembaca PinterPoin bukanlah atau belum menjadi seorang miliuner 🙂 .
.
Bagi Anda yang belum memulai ‘karir’ di dunia kartu kredit, saya menyarankan Anda segera melakukannya karena seperti yang sering saya sampaikan ke orang-orang yang baru saja mulai terjun di dunia poin & miles, semua membutuhkan waktu dan proses. Saya sendiri membutuhkan waktu 5 tahun untuk bisa memiliki portofolio kartu kredit yang cukup bagus.
.

Apa kartu kredit yang Anda miliki sekarang?