Korea Selatan telah menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer bagi orang Indonesia. Sayangnya untuk berkunjung, WNI harus mendapatkan visa turis yang tentunya tidak gratis melalui kedutaan besar Korea Selatan.

Mengutip dari Kontan, Korea Selatan akan menggratiskan biaya visa turis (seharga US $40) untuk WNI dan warga negara ASEAN mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2019! Anda wajib mendaftar pada periode tersebut jika ingin terbebas dari biaya visa.

Pembebasan biaya visa ini bertujuan untuk menyambut ASEAN – Republic of Korea Commemorative Summit di Busan pada tanggal 25 – 26 November 2019. Pemerintah Korea Selatan berharap agar jumlah kunjungan turis bisa bertambah secara signifikan.


Baca juga: (Terbaru) 82 Negara Bebas Visa Untuk Pemegang Paspor Indonesia


Jenis visa yang bebas biaya visa hanya berlaku untuk tujuan kunjungan singkat (C-3) dan single entry (klasifikasi visa C-3). Visa C-3 berlaku untuk satu kali dengan waktu kunjungan 30 hari dan maksimum 90 hari.

Untuk jenis visa lainnya seperti visa kerja, visa sekolah, dll, tidak termasuk pada program gratis biaya visa.

Catatan: Anda tetap perlu untuk mendatangi kedutaan besar Korea Selatan dan melengkapi persyaratan pembuatan visa. Biaya administrasi pendaftaran di Korea Visa Application Center tetap berlaku.

Korea Bebas Visa

Pemandangan kota Seoul. Foto: Jetstar.

Penutup

Tentunya program gratis visa Korea Selatan ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang ingin berkunjung ke negeri ginseng. Namun perlu diperhatikan jika Anda tetap harus memenuhi segala persyaratan dan membayar biaya administrasi pengurusan visa.

Menurut data dari Kedubes Korea Selatan untuk Indonesia, jumlah visa turis yang diterbitkan kepada pemegang paspor Indonesia naik sebesar 15 persen per tahun. Pada tahun 2018 sendiri, Korea Selatan tercatat telah menerbitkan 157.924 visa.

Saya memprediksi jika jumlah kunjungan turis Indonesia ke Korea Selatan akan terus meningkat. Tentunya akan sangat menyenangkan jika Korea Selatan mengikuti langkah Jepang untuk membebaskan visa bagi pemegang e-passport.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Korea Selatan dengan program gratis visa ini?