Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Danamon World MasterCard menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Danamon World MasterCard adalah salah satu kartu kredit top-tier dari bank Danamon yang memiliki earning rate yang cukup atraktif terutama untuk penukaran GarudaMiles ataupun Enrich Miles.

Kartu ini merupakan versi inferior dari kartu kredit Danamon World Elite MasterCard dari sisi earning rate maupun fasilitas yang ditawarkan, namun memiliki kelebihan utama yaitu jauh lebih mudah didapat.

Selain GarudaMiles dan Enrich Miles, Anda juga bisa menukarkan poin kartu kredit ini menjadi KrisFlyer, Asia Miles, ataupun AirAsia BIG. Hanya saja, penukaran untuk KrisFlyer maupun Asia Miles memiliki tingkat konversi yang berbeda dan kurang bagus sehingga saya tidak merekomendasikan Anda untuk menukar airline miles tersebut.

. Rasio penukaran efektif poin kartu kredit ini menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 15 D-Point = 1 GarudaMiles/Enrich Miles
  • 20 D-Point = 1 KrisFlyer/Asia Miles
  • 10 D-Point = 1 AirAsia Big

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang sama untuk transaksi yang dibukukan dalam mata uang Rupiah maupun mata uang asing. Berikut adalah perolehan poin kartu kredit untuk transaksi dalam mata uang Rupiah dan perolehan poin untuk transaksi dalam mata uang asing:

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp 2.500 = 3 D-Point

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/Enrich Miles setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 12.500.

Nilai: 1.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 5 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific, Malaysia Airlines, dan AirAsia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu kredit ini tidak memiliki bonus unik ataupun bekerja sama dengan travel fair.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memiliki airport perks berupa akses ke berbagai airport lounge domestik di Indonesia dan juga akses airport lounge internasional melalui LoungeKey. Tidak ada batasan untuk akses airport lounge domestik namun kartu kredit ini tidak memiliki kredit LoungeKey.

Klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge domestik yang bisa diakses menggunakan kartu kredit ini.

Klik disini untuk mengetahui daftar airport lounge internasional yang bisa diakses menggunakan fitur LoungeKey.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp 1.200.000 per tahunnya dan bisa di-waive (dihapuskan) dengan cara bertransaksi minimal 2x annual fee kartu kredit ini dalam 1 bulan sejak annual fee ditagihkan.

Nilai: 0.1

Total Nilai: 3.6 / 10

“Kartu kredit traveling dari Bank Danamon yang memiliki tingkat konvertibilitas yang baik namun sayangnya sangat kurang memadai dalam berbagai aspek lainnya.”

 

Penutup

Kartu kredit Danamon World MasterCard memiliki konvertibilitas yang berada di atas rata-rata kartu kredit lainnya dengan 5 transfer partner. Sayangnya, untuk kartu kredit kelas top-tier, kartu ini tergolong sangat buruk dari segala aspek selain konvertibilitas sehingga tidak layak dimiliki bagi Anda yang serius mengumpulkan miles.

Jika ada kelebihan lain dari kartu ini, maka hal tersebut tentunya adalah kemudahan untuk memperoleh penghapusan annual fee dan juga kesempatan untuk memiliki salah satu kredit top-tier terbaik di Indonesia untuk pengumpulan airline miles yaitu Danamon World Elite MasterCard.

Jadi, apabila Anda memang serius untuk mengincar kartu kredit Danamon World Elite MasterCard, maka ada baiknya Anda memiliki kartu kredit ini. Dengan track record pemakaian dan pembayaran yang baik, maka tidak akan sulit bagi Anda untuk bisa mencapai limit minimum yang disyaratkan untuk kepemilikan Danamon World Elite MasterCard yaitu 200 juta melalui kartu ini.

.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki kartu kredit Danamon World MasterCard?