Arab Saudi merupakan salah satu negara yang sulit dikunjungi oleh traveler, khususnya bagi non-Muslim. Alasannya karena Arab Saudi tidak mengeluarkan visa turis umum. Salah satu cara paling umum untuk bisa mengunjungi Arab Saudi yaitu dengan melakukan ibadah Haji atau Umroh yang hanya bisa dilakukan oleh Muslim.

Namun, sebentar lagi turis non-Muslim akan bisa mengunjungi Arab Saudi! Mengutip dari surat kabar Arabian Business, Arab Saudi akan mengeluarkan visa turis mulai 27 September 2019. Berasal dari sumber ‘terpercaya’, berikut detil tentang visa tersebut:

  • Visa turis akan terbuka untuk pengunjung dari 51 negara
  • Visa akan berlaku selama 90 hari
  • Harga pengajuan Visa adalah 440 Riyal atau Rp 1.666.000

Arab Saudi sendiri bertekad untuk mendatangkan 30 juta pengunjung mancanegara pada tahun 2030. Tentunya langkah pembukaan visa turis umum & pembukaan properti mewah akan semakin mendorong turis untuk datang.

Arab Saudi Visa Turis

Pemandangan di Arab Saudi. Foto: Okezone.

Aman Resorts Akan Membuka 3 Properti di Arab Saudi

Pada saat yang sama, Aman Resorts dikabarkan akan membuka 3 properti pertamanya di Arab Saudi pada tahun 2023. Properti tersebut akan menjadi properti Aman pertama di Timur Tengah.

Aman Resorts akan membuka 3 properti di Arab Saudi. Kredit: Arab News.

Al-Ula yang merupakan salah satu situs UNESCO akan menjadi rumah dari salah satu properti Aman. Saya cukup yakin jika properti ini akan sangat menarik & spektakuler didukung oleh lokasi yang eksotis dan pelayanan dari Aman yang sangat personal.

Al-Ula di Arab Saudi merupakan salah satu situs UNESCO. Foto: Arabian Industry.

Penutup

Sepertinya Arab Saudi ingin mengikuti langkah negara tetangga seperti UAE, Oman, dan Qatar dalam meningkatkan pendapatan negara dari sektor industri. Bayangkan saja berapa potensi pendapatan negara yang dilewatkan oleh Arab Saudi selama ini.

Dalam misi mengunjungi sebanyak mungkin negara di dunia, saya sendiri cukup tertarik untuk mengunjungi Arab Saudi setidaknya sekali seumur hidup. Namun, saya akan melihat perkembangan dari program visa turis ini terlebih dahulu sebelum mengunjungi.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Arab Saudi sebagai turis?

H/T: One Mile at a Time