Apakah Anda tahu bahwa bank UOB Indonesia baru saja mengubah nama kartu kredit UOB PRVI Miles-nya? Sebelumnya, kartu kredit ini bernama UOB PRVI Miles; Sekarang kartu kredit tersebut bernama UOB PRIVI Miles alias terdapat tambahan ‘i’ di antara namanya.

Perubahan nama ini tidak berdampak apapun bagi pemegang kartu kredit ini, jadi Anda tidak perlu khawatir. Saya berpendapat bahwa perubahan nama ini hanyalah untuk mempermudah pengejaan dan estetika saja ūüôā . Berikut adalah perbandingan nama & desain kartu kredit lama dengan yang baru:

Desain & nama kartu kredit lama 

Desain & nama kartu kredit baru

Hanya saja, memang kartu kredit ini tidak terlalu diburu dibandingkan sebelumnya dikarenakan kartu kredit UOB PRIVI Miles ini baru saja mengalami devaluasi pada Agustus 2019 lalu. Berikut adalah updated review untuk kartu kredit tersebut menggunakan metode penilaian kartu kredit versi PinterPoin:


UOB PRIVI Miles adalah kartu kredit top-tier dari Bank UOB Indonesia yang cukup menarik untuk mengumpulkan poin/miles. Kartu ini memiliki 4 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan AirAsia.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh UOB Miles yang bisa dikonversikan menjadi miles. Rasio penukaran efektif UOB Miles menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 8 UOB Miles = 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles
  • 5 UOB Miles = 1 AirAsia BIG Points

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang berbeda untuk pengeluaran di dalam dan di luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 8.000 = 8 UOB Miles
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 4.000 = 8 UOB Miles

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus sebesar 36.000 UOB Miles atau yang setara dengan 4.500 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles atau 7.200 AirAsia BIG Points setelah pemakaian kartu sebesar Rp 5.000.000 per bulan atau Rp 15.000.000 dalam 3 bulan setelah kartu disetujui.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 8.000. Nilai yang didapat adalah 2

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi sebesar Rp 4.000. Nilai yang didapat adalah 3.5

Nilai: 2.75

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 36.000 UOB Miles atau yang setara dengan 4.500 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles atau 7.200 AirAsia BIG Points setelah pemakaian kartu sebesar Rp 5.000.000 per bulan atau Rp 15.000.000 dalam 3 bulan setelah kartu disetujui.

Nilai: 0.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 4 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan AirAsia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 1.000.000 per tahunnya dan kemungkinan besar bisa di waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Alternatifnya, Anda juga bisa menukarkan 40.000 UOB Miles untuk menghapus iuran tahunan sebesar Rp 1.000.000.

Saya menyarankan Anda untuk menelpon call center UOB untuk meminta penghapusan iuran tahunan secara gratis karena saya berhasil melakukan hal tersebut sebelumnya.

Nilai: 0.7

.


Total Nilai: 4.95 / 10

‚ÄúKartu kredit top-tier dari bank UOB Indonesia yang memiliki earning rate di luar negeri yang sangat baik namun kurang memadai dalam berbagai aspek lainnya.‚ÄĚ

 

Penutup

Kartu kredit UOB PRVI PRIVI Miles sangat cocok bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri karena earning rate dalam mata uang asing-nya tergolong sangat bagus. Selain itu, adanya welcome bonus dan konvertibilitas yang baik juga menjadi nilai jual tersendiri walaupun masing-masing tergolong sangat standar bagi kartu kredit kelas top-tier.

Satu hal yang saya sayangkan dari kartu kredit ini adalah tidak adanya akses lounge domestik maupun internasional yang seringkali diincar oleh calon pemegang kartu kredit. Padahal, benefit tersebut seharusnya dijadikan syarat minimal untuk kartu kredit travel all rounder yang baik.

Apapun itu, saya masih menyarankan Anda untuk memiliki kartu kredit ini terutama apabila Anda kesulitan memperoleh kartu kredit top-tier lainnya dikarenakan limit awal dari kartu ini yang kecil (30 juta Rupiah) dan juga menjelang akhir tahun, bank UOB cenderung mengadakan promo yang sangat menarik bagi pengguna kartu kredit aktif yaitu Blast of Surprise.

.

Apakah Anda masih tertarik untuk memiliki Kartu Kredit UOB PRIVI Miles? 

.

*Note: sebelumnya, kartu ini memiliki skor 5,2. Setelah devaluasi, skor kartu kredit ini adalah 4,95 versi PinterPoin.