Sebagai bagian dari Round the World (RTW) trip saya yang akan datang, saya berhasil membooking sebuah itinerary sweet spot dengan menggunakan Delta SkyMiles.

Meskipun saya telah menghabiskan seluruh tabungan Delta SkyMiles untuk itinerary ini, namun saya cukup senang karena berhasil mengamankan itinerary menarik yang akan menjadi pembuka RTW trip saya tahun depan.

Saya selalu merasa jika Delta SkyMiles bisa menghadirkan valuasi luar biasa ketika penerbangan dimulai dan berakhir diluar Amerika Serikat. Contohnya adalah saya baru saja mendapatkan 3 penerbangan Business Class (durasi total 31 jam) dari Indonesia ke Chile yang saya anggap sebagai sweet spot.

Berikut adalah itinerary yang berhasil saya pesan:

  • Jakarta – Shanghai: Garuda Indonesia Business Class A330 (6 jam, 15 menit)
  • Shanghai – Atlanta: Delta One Suites B777 (15 jam, 5 menit)
  • Atlanta – Santiago: Delta One B767 (9 jam, 35 menit)

Total biaya? 100.000 Delta SkyMiles + US $51.93!

Harga tiket ini jika membayar dengan uang bisa mencapai US $7000+ sekali jalan per orang!

Delta SkyMiles Sweet Spot

Kursi Delta One Suites. Kredit: The Points Guy.

Ketersediaan Award

Secara mengejutkan, ketersediaan kursi untuk seluruh rute Amerika Selatan sangat melimpah di sekitar tanggal keberangkatan saya. Namun saya tidak mengecek tanggalan pada bulan-bulan sebelumnya.

Anda harus kreatif dengan rute dan fleksibel dalam memilih tanggal. Selain Santiago, Anda juga bisa memilih kota lain seperti Lima atau Buenos Aires dengan jumlah miles yang sama.

Mungkin banyak dari Anda yang akan heran, apa itu Delta SkyMiles?

Delta SkyMiles merupakan frequent flyer program dari maskapai asal Amerika Serikat, Delta Airlines. Karena tergabung dalam aliansi SkyTeam, Anda bisa menggunakan dan mendapatkan miles Delta pada penerbangan dengan maskapai SkyTeam, salah satunya adalah Garuda Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum jika Delta SkyMiles seringkali dianggap remeh dan tidak berharga bagi orang yang berdomisili di Amerika Serikat atau Eropa.

Bagaimana tidak, jika Anda mencari award penerbangan Business Class dari/ke Amerika Serikat, maka Anda bisa mengharapkan untuk membayar lebih dari 300.000 miles atau bahkan 500.000 miles per orang sekali jalan untuk terbang di Delta One Suites.

Namun, Delta SkyMiles bisa menjadi sangat berguna dan berharga jika digunakan diluar region tersebut. Seperti contohnya penerbangan dari Asia ke Amerika Selatan yang saya pesan ini.

Delta Suites SkyMiles

Delta One Suites menawarkan privasi lebih dengan adanya pintu geser. Foto: Delta.

Cara Mendapatkan Delta SkyMiles

Karena Delta tergabung dalam aliansi maskapai SkyTeam, maka Anda bisa mengkreditkan miles dari penerbangan Garuda Indonesia & maskapai SkyTeam lainnya. Tidak seperti di Amerika, sayangnya, tidak ada kartu kredit di Indonesia yang menjadi rekanan transfer poin ke Delta.

Kebetulan, saya menggunakan Delta SkyMiles karena pernah tinggal di Amerika Serikat. Untuk ‘menabung’ 100.000 SkyMiles sendiri, saya melakukan metode-metode berikut:

  • Kredit penerbangan Garuda Indonesia, China Airlines, Delta, dll ke Delta SkyMiles
  • Menggunakan portal Airbnb & Delta, dimana saya mendapat tambahan SkyMiles setiap kali menginap di Airbnb
  • Transfer poin Marriott Bonvoy ke SkyMiles untuk menambah rekening SkyMiles yang telah saya miliki
Booked Delta SkyMiles Award

Mengunjungi Amerika Selatan, terutama kota Santiago merupakan salah satu bucket list saya. Foto: Enel.com.

Penutup

Saya cukup senang karena berhasil memanfaatkan sweet spot Delta ini. Menurut saya, ini merupakan salah satu cara terbaik yang terpikirkan untuk menghabiskan tabungan SkyMiles saya.

Tentunya perjalanan ultra panjang saya ke Santiago, Chile, tidak akan terasa lelah mengetahui saya akan menikmati 31 jam waktu penerbangan di Business Class Garuda Indonesia dan Delta.

Preview lengkap untuk Round the World (RTW) trip saya akan dipublikasikan ketika rampung. Beberapa penerbangan di First Class dan Business Class tidak akan kalah menarik dari itinerary ini. Stay tuned!

.

Apakah Anda tertarik untuk mengumpulkan Delta SkyMiles?