Marriott kini resmi akan memperkenalkan sistem harga mengikuti low/peak season. Perubahan ini akan diterapkan mulai tanggal 14 September 2019.

Tentunya hal ini saya anggap sebagai perubahan negatif karena harga rata-rata award night umumnya akan menjadi lebih mahal. Bagi Anda yang sering memanfaatkan award night pada saat low season, maka Anda akan bisa merasakan keuntungannya.

J.W. Marriott Medan

Pada peak season, Anda akan memerlukan poin yang lebih banyak untuk menginap di hotel-hotel Marriott. Foto: J.W. Marriott Medan.


Baca juga: Panduan Lengkap Marriott Bonvoy


Award pricing Marriott Bonvoy terbaru akan berlaku pada semua hotel Marriott di seluruh dunia. Kini properti Marriott termurah akan mulai dari 5.000 poin, sedangkan yang termahal akan bisa ditemui pada 100.000 poin. Sedangkan untuk kategori hotel akan tetap mengikuti sistem awal yaitu 1-8.

Marriott Bonvoy

Award chart terbaru Marriott Bonvoy yang akan berlaku pada 14 September 2019.

Jika Anda mempunyai rencana untuk menukarkan poin Marriott pada saat peak season, maka saya sarankan untuk melakukannya sebelum tanggal 14 September 2019.

Sedangkan jika Anda sudah terlanjur menukarkan poin untuk periode low season, maka setelah 14 September 2019, Anda bisa membatalkan pemesanan dan memesan ulang untuk mendapatkan harga award yang lebih rendah.

Cash & Points

Cash & Points mengijinkan anggota Marriott Bonvoy untuk mengkombinasikan pembayaran dengan uang dan poin untuk menginap. Metode ini biasanya digunakan ketika sedang mengalami kekurangan jumlah poin untuk ditukarkan.

Perubahan ini juga akan berdampak pada tabel Cash & Points. Namun, yang terdampak hanyalah jumlah poin yang meningkat, jumlah uang yang diperlukan tidak akan terganggu:

Marriott Bonvoy

Jumlah poin yang dibutuhkan akan meningkat pada opsi Cash & Points.

Stay for 5, Pay for 4

Program ini mirip dengan 5th Night Free pada Hilton Honors. Ketika Anda memesan 5 malam menggunakan poin sepenuhnya (opsi Cash & Points tidak berlaku), maka Anda akan bisa menikmati malam ke-5 secara gratis.

Karena kini harga award akan mengikuti low/peak season, maka Marriott akan memilih harga award termurah dari 5 hari menginap untuk kemudian digratiskan. Lihat ilustrasi berikut:

Anda akan menukarkan poin untuk menginap selama 5 malam di sebuah hotel Marriott, harga yang Anda dapatkan sebagai berikut:

  • Harga malam ke-1: 7.500 poin
  • Harga malam ke-2: 7.500 poin
  • Harga malam ke-3: 5.000 poin
  • Harga malam ke-4: 7.500 poin
  • Harga malam ke-5: 7.500 poin

Maka Marriott akan secara otomatis menggratiskan 5.000 poin dari malam ketiga.

St. Regis Maldives Vommuli Resort

Anda berpotensi menghemat banyak poin dengan memanfaatkan program Stay for 5, Pay for 4. Foto: St. Regis Maldives.

Pendapat

Perubahan ini tentunya saya anggap negatif karena seluruh periode liburan akan tergolong peak season. Hotel kini bisa menerapkan harga award yang lebih tinggi ketika memang demand sedang tinggi. Untuk kebanyakan orang yang berlibur menurut jadwal libur, maka penukaran poin Marriott akan semakin tidak menguntungkan.

Salah satu manfaat dari menggunakan poin/miles adalah harga award yang konsisten dan tidak mengikuti season. Perubahan di program Marriott Bonvoy ini tentunya akan menghilangkan manfaat tersebut.

Saya sendiri hampir tidak pernah menukarkan poin Marriott untuk menginap di hotel. Biasanya saya akan mentransfer poin Marriott menjadi airline miles karena bisa menghasilkan valuasi yang jauh lebih menarik bagi saya.

Apakah perubahan ini akan mempengaruhi cara Anda menggunakan poin Marriott?