Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Citi Rewards menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit Citi Rewards adalah salah satu kartu kredit mid-tier dari Citibank Indonesia yang ditujukan untuk para penggemar kuliner dan shopping. Kartu ini tergolong unik karena memiliki earning rate yang berbeda bergantung pada hari penggunaan kartu kredit tersebut.

Kelebihan utama dari kartu ini terletak pada tingkat konvertibilitasnya yang sangat baik layaknya kartu kredit Citi pada umumnya. Anda bisa menukarkan point reward dari kartu ini di 11 maskapai penerbangan dan 1 hotel. Selain itu, kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus berupa voucher belanja senilai 1 juta Rupiah* yang cukup menarik mengingat jarang terdapat kartu kredit mid-tier yang menyertakan welcome bonus.

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh Citi Rewards Points yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif Citi Rewards Points menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 10 Citi Rewards  = 1 airline mile

Wajib diketahui jika kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang berbeda untuk berbagai pengeluaran yang mana bergantung pada hari pemakaian dan kategori transaksi.

  • Pengeluaran di dalam negeri selain kategori shopping & dining (setiap hari): Rp 3.000 = 1 Citi Rewards
  • Pengeluaran di dalam negeri kategori shopping & dining (Senin – Jumat): Rp 1.500 = 1 Citi Rewards
  • Pengeluaran di dalam negeri kategori shopping & dining (Sabtu – Minggu): Rp 1.000 = 1 Citi Rewards
  • Pengeluaran di luar negeri (setiap hari): Rp 1.000 = 1 Citi Rewards

*) Bonus bisa di-klaim kembali bagi nasabah yang sudah menutup rekening kartu kredit Citibank lebih dari 1 tahun.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi di kategori non-shopping & non dining senilai Rp 30.000. Nilai yang didapat adalah 0.5.

Sedangkan untuk pengeluaran kategori shopping & dining di hari Senin – Jumat, Anda akan memperoleh 1 airline mile setiap bertransaksi Rp 15.000. Nilai yang didapat adalah 1.

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi setara Rp 10.000. Nilai yang didapat adalah 1.5.

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 airline mile setiap melakukan transaksi setara Rp 10.000. Nilai yang didapat adalah 1.5.

Nilai: 1.12


Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini memiliki welcome bonus berupa voucher Tokopedia senilai 1 juta Rupiah. Bonus ini bisa Anda peroleh ketika Anda sudah bertransaksi sebesar 1 juta dalam periode 60 hari (2 bulan) dan memenuhi berbagai syarat yang ditentukan. Welcome bonus ini bisa Anda tetap dapatkan walaupun sebelumnya Anda sudah pernah memiliki kartu kredit Citibank*.

PinterPoin memvaluasi 1 miles = 210 Rupiah, jadi welcome bonus ini setara dengan 4.761 miles.

*) Bonus bisa di-klaim lagi bagi mereka yang sudah menutup rekening kartu kredit Citibank lebih dari 1 tahun.

Nilai: 0.5


Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 11 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Malaysia Airlines, Etihad, Eva Air, Flying Blue (Air France & KLM), Qantas, Qatar Airways, dan Thai Airways.

Nilai: 1.5


Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0


Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memiliki airport perks.

Nilai: 0


Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 400.000 yang kemungkinan besar bisa di waive (dihapuskan) ketika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0.9


Total Nilai: 4.02 / 10

“Kartu kredit mid-tier dari Citibank Indonesia yang cocok dimiliki bagi mereka yang sering melakukan spending pada kategori dining maupun shopping di department store maupun apparel .”

 

Penutup

Kartu kredit Citi Rewards merupakan salah satu kartu kredit mid-tier yang layak diperhitungkan. Hal ini dikarenakan kartu ini memiliki tingkat konvertibilitas yang sangat baik serta memiliki earning rate yang cukup baik untuk kartu kredit kelas mid-tier, terutama apabila anda sering melakukan transaksi di department store ataupun apparel.

Sayangnya, kartu kredit ini tidak bekerja sama dengan travel fair dan juga tidak memiliki airport perks apapun.

Saya merekomendasikan kartu ini apabila Anda memiliki hobi kuliner ataupun shopping. Kartu ini juga cocok dimiliki bagi Anda mengincar kartu top-tier dari Citibank Indonesia seperti Citi Garuda Indonesia, Citi Premier Miles, atau bahkan Citi Prestige.

.

Bagaimana pendapat Anda tentang kartu ini?