Kabar baik bagi Anda yang tinggal di Banyuwangi ataupun Denpasar. Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak di bisnis penerbangan Low-Cost Carrier (LCC) membuka rute baru yang menghubungkan kedua kota tersebut per 9 Agustus 2019 lalu.

Dilansir dari Kontan.co.id, pembukaan rute ini merupakan upaya perseroan dalam mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah. Selain itu, rute short-haul ini juga ditujukan untuk meningkatkan konektivitas antara kedua daerah tersebut yaitu Jawa Timur khususnya Banyuwangi dan juga Bali.

Kunjungi Kawah Ijen yang terkenal dengan blue fire-nya di Banyuwangi. Kredit: Travel.tribunnews.com

Rute ini akan dioperasikan dengan pesawat jenis Airbus A320 dengan seat configuration 3-3 yang mampu mengangkut 180 penumpang setiap kali jalan. Penerbangan ini akan dioperasikan satu kali sehari dengan jadwal sebagai berikut:

Rute No. Penerbangan Waktu Berangkat Waktu Tiba Frekuensi Terbang
Banyuwangi – Denpasar OD-692 08.00 09.40 Setiap hari
Denpasar – Banyuwangi OD-693 10.05 09.55 Setiap hari

Harga Tiket

Rute ini menawarkan tarif penerbangan yang menurut saya masih cukup masuk akal. Untuk penerbangan dari Banyuwangi (BWX) ke Denpasar (DPS), Citilink mematok tarif di bawah 300 ribu Rupiah.

Sedangkan untuk penerbangan dari Denpasar (DPS) ke Banyuwangi (DPS), Citilink mematok tarif yang sedikit lebih mahal dikarenakan biaya airport tax dan sebagainya yang juga lebih tinggi. Tarif untuk rute ini berkisar di bawah 400 ribu Rupiah.

Untuk saat ini, Anda masih belum bisa menukarkan GarudaMiles yang Anda miliki untuk award flight di rute ini. Saya rasa fitur penukaran GarudaMiles untuk rute ini baru hanya akan hadir beberapa bulan setelah rute ini dijalankan 🙂


Baca juga: Citilink Akan Membuka Rute Baru Ke Frankfurt dan Jeddah

Baca juga: Citilink Akan Membuka Rute Baru Jakarta – Phnom Penh


Pendapat

Saya tidak memiliki keraguan sedikitpun bahwa rute ini akan berhasil. Melihat dari jadwalnya, rute ini ditujukan untuk turis mancanegara yang ingin berwisata ke Banyuwangi seperti untuk melihat blue fire di Kawah Ijen, surfing di pantai Plengkung, atau sekedar mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo.

Mengingat banyak turis mancanegara yang kurang berminat untuk menggunakan moda transportasi darat ke Banyuwangi karena memakan waktu yang cukup lama; Dan terbang ke Surabaya ataupun Malang juga bukan merupakan opsi yang lebih baik karena masih membutuhkan perjalanan darat yang cukup lama ke Banyuwangi.

Maka sebenarnya langkah Citilink untuk membuka rute penerbangan Banyuwangi – Denpasar merupakan langkah yang brilian. Saya yakin rute ini akan berhasil dan sesuai tujuan di awal yaitu mendukung akselerasi pertumbuhan daerah terutama untuk Banyuwangi.

.

Apa pendapat Anda mengenai rute baru Citilink Banyuwangi – Denpasar ini?