Sebelum saya tinggal di Jepang, saya tidak pernah mengetahui bagaimana rasanya tinggal di negara dengan 4 musim. Di tempat yang sama namun musim yang berbeda, pemandangan yang diberikan oleh alam akan sangat berbeda.

Musim favorit saya selama tinggal di Jepang adalah musim gugur. Daun-daun di musim gugur akan berubah menjadi kuning kemerahan dan setelah berguguran, daun-daun tersebut akan menyelimuti jalan-jalan.

Berbeda dengan bunga sakura yang hanya mekar selama 2 minggu, daun-daun di musim gugur akan bertahan lebih lama. Pemandangan indah di musim gugur biasanya bisa dinikmati dari pertengahan sampai akhir musim gugur.

Banyak teman-teman saya yang menanyakan kapan waktu terbaik dan tempat terindah untuk menikmati musim gugur di Jepang. Jika Anda sedang mencari tahu referensi mengenai musim gugur di Jepang, artikel ini mungkin bisa membantu Anda.

Musim gugur di Jepang

Seperti halnya dengan bunga sakura, waktu perubahan warna daun di musim gugur juga berubah-ubah setiap tahunnya. Karena itu, sebelum memesan tiket pesawat ada baiknya kita mengetahui kira-kira kapan waktu terbaik untuk menikmati musim gugur di Jepang. Berikut beberapa tempat yang menjadi spot populer bagi orang Jepang untuk menikmati musim gugur via Jorudan.

Jingu Gaien Icho Namiki Avenue

Jingu Gaien Icho Namiki Avenue merupakan suatu kawasan dengan deretan pohon ginko di Tokyo. Di musim gugur, daun-daun dari 146 pohon ginko akan berubah warna dan kawasan ini akan terlihat seperti terowongan emas. Anda bisa menikmati keindahan daun-daun emas sambil bersepeda ataupun berjalan kaki menelurusi kawasan ini. Akses: Jalan kaki dari stasiun Shinanomachi, Gaiemmae atau Aoyama Itchome. Waktu terbaik: Pertengahan November – Awal Desember.

Jingu Gaien Icho Namiki. Kredit Jorudan

Kodaiji Temple

Kodaiji Temple, merupakan kuil yang sering dikunjungi pada saat musim gugur karena keindahannya. Di kuil ini, Anda bisa melihat keindahan daun-daun di musim gugur sambil menikmati keindahan taman khas Jepang. Kodaiji Temple berada di urutan pertama sebagi spot musim gugur paling populer di prefektur Kyoto. Akses: Dari Kyoto Station ambil bus kota nomor 206 menuju Higashiyama Yasui dan jalan kaki sekitar 7 menit. Waktu terbaik: Pertengahan Oktober – Awal Desember. Waktu Kunjungan Kuil: Pada saat musim gugur, kuil ini dibuka dari pukul 09:00 – 21:30. Biaya masuk: 600 yen.

Kodaiji Temple pada malam hari di musim gugur. Kredit Jorudan

Kajika Bridge

Kajika Bridge terletak di prefektur Gunma kota Shibukawa di sebelah barat Laut Tokyo. Jembatan ini terkenal dengan keindahan warna merahnya dan pada saat musim gugur, jembatan ini akan menjadi lebih indah dengan warna merah daun momiji. Selain itu, Anda juga bisa mencoba pemandian air panas Jepang yang terletak tidak jauh dari Kajika Bridge. Akses: Dari Shibukawa Station naik bus menuju Ikaho Onsen dan jalan kaki kira-kira 15 menit. Waktu terbaik: Akhir Oktober – Awal November.

Pemandangan musim gugur di Kajika Bridge. Kredit Jorudan

Korankei

Korankei menempati urutan pertama sebagai tempat terbaik untuk menikmati musim gugur di prefektur Aichi. Korankei merupakan suatu lembah dengan jumlah pohon momiji mencapai 4.000 batang pohon. Pada saat musim gugur, Anda juga bisa menikmati keindahan momiji di malam hari yang disinari oleh lampu (Light Up). Akses: Dari Higashi Okazaki Station menuju Asuka dan turun di Korankei. Waktu terbaik: Pertengahan November – Akhir November.

Keindahan musim gugur di lembah Korankei. Kredit Jorudan

Rikugi-en

Rikugi-en merupakan sebuah taman khas Jepang yang terletak di Tokyo. Taman ini sudah ada sejak zaman Edo dan ditetapkan sebagai Special Scenic Spot oleh pemerintah Jepang. Meskipun dinamakan sebagai taman, kita bisa menemukan hutan mini, bukit kecil ataupun sungai di dalam Rikugi-en. Akses: Dari Komagome Station jalan kaki sekitar 7 menit. Waktu terbaik: Pertengahan November – Awal Desember. Biaya masuk: 300 yen.

Menikmati keindahan musim gugur di sungai yang ada didalam Rikugi-en. Kredit Jorudan

Penutup

Bagi orang Indonesia yang tidak terlalu suka dengan suhu ekstrim (dingin maupun panas), musim gugur bisa menjadi salah satu pilihan musim untuk mengunjungi Jepang. Di musim ini, suhu tidak terlalu dingin sehingga nyaman untuk traveling.

Harga tiket pesawat di musim gugur biasanya lebih mahal dari biasanya karena banyaknya wisatawan mancanegara yang mengunjungi Jepang. Oleh karena itu, perencanaan perjalanan Anda seperti memesan tiket pesawat dan penginapan sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum perjalanan.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Jepang di musim gugur?