Tidak dapat dipungkiri bahwa topik mengenai trik stopover Japan Airlines menggunakan Alaska Miles adalah salah satu topik paling populer di PinterPoin. Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan sweet spot ini, Anda bisa terbang PP ke Jepang di kelas bisnis hanya dengan ‘modal’ 7-8 jutaan Rupiah menggunakan maskapai Japan Airlines (JAL).

Dan mengingat setiap hari (atau bahkan beberapa jam sekali), kami memperoleh komentar ataupun pertanyaan mengenai trik ini; Maka tidak ada salahnya juga saya menulis panduan untuk pemula mengenai trik ini beserta dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

JAL Business 767

Terbang PP di kelas bisnis JAL hanya dengan 7 juta-an Rupiah. Kredit: Erika K. | PinterPoin.

Perlu Anda ketahui bahwa saya sendiri juga tergolong pemula untuk JAL stopover trick ini. Jadi, saya akan mencoba untuk menjelaskan sesimpel mungkin intisari dari trik ini dan step-by-step agar Anda yang belum memahami trik ini sama sekalipun akan tetap bisa memanfaatkannya. Secara praktis, berikut adalah step-by-step nya:

  1. Mendaftar di Alaska Mileage Plan melalui link ini atau menggunakan link ini: https://www.alaskaair.com/account/join-mileage-plan
  2. Setelah mendaftar, Anda bisa mencari ketersediaan kursi kelas bisnis JAL di Alaska Airlines melalui link ini atau menggunakan link ini:  https://www.alaskaair.com/planbook?lid=nav:book-flights&int=AS_NAV_Book_Flights_-prodID:ShoppingBooking
  3. Jika tanggal yang Anda inginkan tersedia, maka silahkan membeli miles Alaska melalui link ini atau dengan menggunakan link ini:  https://storefront.points.com/mileage-plan/en-US/buy
  4. Setelah transaksi pembelian miles Anda sukses dan Anda memperoleh miles Alaska, tukarkan miles tersebut dengan penerbangan yang Anda inginkan.
  5. Selesai. Silahkan nikmati perjalanan Anda di kelas Bisnis Japan Airlines (Jangan lupa tag @PinterPoin apabila Anda merasa bahwa trik stopover ini bermanfaat bagi Anda)

Namun, perlu Anda ketahui bahwa terdapat ‘aturan main’ untuk trik stopover Japan Airlines ini yang mana adalah:

  • Kota keberangkatan dan kepulangan wajib berbeda. Jika tidak, trik stopover ini tidak bisa digunakan.
  • Harga 7-8 juta-an ini hanya berlaku ketika ada Promo Pembelian Alaska Miles. Saat ini, Alaska Mileage Plan memiliki promo bonus 50% pembelian Alaska Miles sampai dengan 30 Agustus 2019.
  • Anda harus mengisi data sebenar-benarnya dan kartu kredit Anda untuk pembelian miles harus memiliki nama yang sama persis dengan nama di profil Anda.
  • Sejauh ini, kota di Jepang yang bisa Anda gunakan untuk trik stopover ini hanyalah Tokyo.

.

Pertanyaan Seputar Trik Stopover Japan Airlines

.

Pertanyaan Seputar Pendaftaran Alaska Mileage Plan

Q: Harus saya isi apa untuk primary departure city pada saat pendaftaran? Apakah pertanyaan ini bisa tidak saya jawab?

A: Anda harus menjawab pertanyaan ini. Hanya saja, Anda bisa menjawab sesuka hati Anda untuk primary departure city ini dan memang tidak berpengaruh terhadap validitas akun Anda. Saya sendiri memilih Guadalajara karena saya ingin pergi ke sana 🙂

.

Pertanyaan Seputar Mengecek Ketersediaan Kelas Bisnis

Q: Bagaimana mengecek ketersediaan kursi kelas bisnis di tanggal keberangkatan atau kepulangan yang saya inginkan?

A: Berikut adalah step-by-step mengecek ketersediaan kursi kelas bisnis untuk trik ini:

Pada website Alaska, Pilih Book –> Flights

Setelah itu, pilih opsi ‘Multi-city’ lalu pilih ‘use miles’, maka tampilan baru akan tampak seperti berikut:

Anda hanya perlu mengisi departing flight. Terdapat 4 kolom di tampilan ini dan Anda hanya perlu mengisi kolom 1 dan 2; Abaikan kolom 3 dan 4.

Isi kolom pertama dengan keberangkatan Anda dan kolom kedua dengan kepulangan Anda. Untuk destinasi keberangkatan maupun kepulangan, saya merekomendasikan antara Jakarta (CGK), Singapore (SIN), atau Kuala Lumpur (KUL). Ingatlah sekali lagi bahwa destinasi keberangkatan dan kepulangan haruslah berbeda.

Contoh isian yang valid dan bisa memanfaatkan trik stopover JAL

Setelah memilih destinasi keberangkatan dan kepulangan serta tanggal yang Anda inginkan, maka Anda akan diarahkan ke tampilan sebagai berikut:

Anda harus memilih ‘Partner Business‘ untuk bisa duduk di kabin kelas bisnis. Tekan opsi yang tersedia untuk memastikan bahwa kedua penerbangan tersebut benar-benar kabin kelas bisnis.

Jika muncul tulisan ‘Mixed Cabin’, maka hal tersebut berarti ketersediaan kabin kelas bisnis di salah satu penerbangan tersebut tidak tersedia. Hindari memilih mixed cabin karena Anda akan tetap membayar jumlah miles yang sama untuk penerbangan di kabin yang lebih inferior.

Q: Saya berdomisili di luar Jakarta, apakah ada opsi lain untuk keberangkatan atau kepulangan dari kota selain Jakarta?

A: Tidak ada. Saat ini, trik stopover ini hanya bisa dieksekusi dari kota Jakarta

.

Pertanyaan Seputar Pembelian Miles Alaska

Q: Kenapa penawaran bonus pembelian miles Alaska saya hanya 40%?

A: Tidak semua anggota Alaska Mileage Plan memperoleh penawaran yang sama. Anda akan mendapat bonus antara 40 atau 50% dalam promo kali ini. Berdasarkan informasi yang ada, bonus 50% lebih ditujukan kepada member yang memiliki usia akun lebih dari beberapa bulan.

Q: Kenapa pembayaran menggunakan (nama kartu kredit) saya dibatalkan/ditolak? 

A: Terdapat beberapa alasan untuk hal ini namun yang terutama:

  • Nama di kartu kredit Anda tidak sama persis dengan nama di akun Alaska
  • Kartu kredit terbitan bank Anda tidak bisa diterima oleh Alaska. Untuk hal ini, daftar nama bank selalu berubah-ubah sehingga tidak ada jawaban pasti
  • Akun Alaska Anda baru dibuka & tiba-tiba melakukan transaksi pembelian miles dalam jumlah besar
  • Alamat billing kartu kredit yang Anda masukkan tidak sesuai

Q: Saya sudah melakukan pembayaran, namun mengapa Alaska miles saya belum masuk?

A: Alaska miles bisa langsung masuk namun bisa juga masuk beberapa hari kemudian bergantung pada kelancaran proses pembayaran serta beberapa faktor lainnya.

Q: Saya ingin ‘menabung’ miles Alaska ini, apakah itu ide yang bagus? Berapa lama miles Alaska ini berlaku? 

A: Miles Alaska akan hangus dalam periode waktu 24 bulan sejak aktivitas terakhir. Saya tidak merekomendasikan Anda untuk menyimpan miles Alaska dalam jangka panjang kecuali apabila Anda memiliki tujuan yang spesifik. Menabung miles memiliki risiko devaluasi dan juga risiko perubahan kebijakan dari pihak Alaska (seperti penghapusan sweet spot trik stopover Japan Airlines ini).

.

Bagaimana pendapat Anda mengenai trik stopover Japan Airlines menggunakan Alaska Miles ini?