Maskapai nasional milik Brunei, Royal Brunei Airlines, dari tahun ke tahun semakin memperlihatkan peningkatan dalam pelayanan jasa. Dari sebelumnya hanya tercatat sebagai maskapai bintang 3, kini Royal Brunei Airlines mendapatkan predikat 4-Star Airline oleh Skytrax.

CEO Royal Brunei Airlines, Edward Plaisted, mengatakan penghargaan ini merupakan suatu kehormatan bagi Royal Brunei Airlines. Edward juga mengatakan penghargaan ini tidak bisa didapatkan tanpa konsistensi pelayanan yang baik dari tim Royal Brunei Airlines kepada seluruh penumpang.

Konsistensi pelayanan Royal Brunei Airlines terlihat dari meningkatnya peringkat Royal Brunei Airlines dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016 terlihat Royal Brunei Airlines masih menempati urutan ke 95 Top 100 Airlines versi Skytrax. Namun tahun ini, Royal Brunei Airlines berhasil meningkatkan kualitas pelayanannya dan menempati urutan ke 66.

Selain predikat 4-Star Airline, Royal Brunei Airlines juga tercatat menempati urutan ke 5 dalam penghargaan Most Improved Airlines oleh Skytrax dengan urutan pertama Philippine Airlines.

Airbus 320 milik Royal Brunei Airlines. Via Skytrax

Royal Brunei Airlines

Masyarakat Indonesia kini memiliki banyak pilihan maskapai baik LCC maupun full service untuk terbang ke luar negeri. Royal Brunei Airlines merupakan maskapai full service yang bisa Anda tumpangi untuk penerbangan dari Jakarta ke berbagai negara di Asia, Australia maupun Eropa via Brunei.

Baru-baru ini Royal Brunei Airlines juga telah mengembalikan penerbangan ke Brisbane setelah sebelumnya berhenti beroperasi pada tahun 2010. Kini Royal Brunei Airlines memiliki 2 penerbangan ke Australia yaitu ke Melbourne dan Brisbane.

Jumlah armada yang dimiliki oleh maskapai ini belum termasuk besar. Royal Brunei Airlines hanya memiliki 16 armada yang melayani 24 destinasi di benua Asia, Australia dan Eropa. Armada- armada yang digunakan adalah pesawat A320neo, A320ceo, ATR 72-600 dan yang terbaru adalah B787.

Kursi kelas bisnis B787 Royal Brunei Airlines. Via Skytrax

Kursi kelas ekonomi B787 Royal Brunei Airlines. Via Skytrax

Baca juga: Royal Brunei Airlines – Salah Satu Maskapai Full Service di Asia Tenggara

Penutup

Benua Asia memang merupakan gudang bagi maskapai-maskapai terbaik. Dari 10 maskapai yang masuk dalam Top 10 Airlines versi Skytrax pada tahun 2019, enam diantaranya adalah maskapai dari Asia. Jika jumlah armada Royal Brunei Airlines terus ditingkatkan dan kualitas pelayanan selalu konsisten, saya rasa Royal Brunei Airlines bisa menjadi salah satu maskapai terbaik di dunia.

Apakah Anda pernah terbang dengan Royal Brunei Airlines? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah.