Belum kering tinta saya dari menulis kerjasama antara Marriott dengan Emirates, saya menemukan kerjasama Accor-Air France/KLM melalui promo “Miles+Points Le Club AccorHotels”. Melalui promo ini, anggota Le Club Accor (tidak harus elite member) akan memperoleh tambahan poin Le Club ketika terbang menggunakan Air France/KLM. Sebaliknya, anggota Flying Blue Air France/KLM dapat memperoleh tambahan Flying Blue miles ketika menginap di properti Accor.

Banyan Tree Koh Samui

Banyan Tree Koh Samui (Sumber: Kiwi Collection)

Dibandingkan kerjasama Marriott – Emirates, kerjasama Accor – Air France/KLM ini saya rasa lebih mudah dimanfaatkan. Anda tidak harus memiliki status elit pada Le Club Accor maupun Flying Blue untuk dapat menikmati promo ini. Di samping itu, tambahan poin ini bersifat additional on top of, baik untuk anggota Le Club maupun Flying Blue.


Baca juga: Panduan Lengkap Le Club AccorHotels


Manfaat bagi Anggota Le Club Accor

Melalui promo ini, Accor-Air France/KLM memberikan manfaat ekstra tambahan poin Le Club dan kemudahan transfer poin antar program sebagai berikut.

  • Anggota Le Club Accor akan memperoleh 1 poin Le Club per 2 Euro yang dibelanjakan pada penerbangan Air France/KLM. Sekali lagi, tambahan poin Le Club tersebut bersifat menambahkan, on top of, miles yang Anda peroleh dari program Flying Blue.
  • Anggota Le Club Accor dapat mentransfer poin Le Club yang dimilikinya ke program Flying Blue. Rasio transfer yang berlaku adalah 2.000 poin Le Club Accor menjadi 1.000 Flying Blue miles.
  • Welcome bonus berupa 1 status night Le Club, 5 XP Flying Blue untuk malam pertama Anda menginap melalui promo ini.
Fairmont Quebec Le Château Frontenac

Fairmont Quebec Le Château Frontenac (Sumber: Booking)

Tambahan poin yang ditawarkan saya kurang menarik dibandingkan promo Marriott – Emirates. Berdasarkan valuasi PinterPoin, tambahan poin tersebut setara dengan return Rp 300 / EUR, kurang lebih 2% ekstra return. Di samping itu, opsi transfer poin juga tidak terlalu menguntungkan, karena Anda akan menukarkan poin 2 Accor senilai Rp 600 menjadi hanya 1 Flying Blue miles senilai Rp 150.

Manfaat bagi Anggota Flying Blue

Di sisi Flying Blue, kerjasama ini memberikan manfaat ekstra tambahan Flying Blue miles dan kemudahan transfer poin antar program sebagai berikut.

  • Anggota Flying Blue akan memperoleh tambahan poin Flying Blue dari menginap di properti Accor. Miles ini menambahkan, on top of, poin yang Anda peroleh dari program Le Club Accor. Besaran tambahan Flying Blue miles tergantung dari jenis propertinya.
    • Tambahan poin sebanyak 10 miles per 1 EUR untuk menginap di properti Accor selain Adagio, Adagio Access, Ibis, Ibis Styles, dan Mama Shelter.
    • Tambahan poin sebanyak 5 miles per 1 EUR untuk menginap di Ibis, Ibis Styles, dan Mama Shelter.
    • Tambahan poin sebanyak 4 miles per 1 EUR untuk menginap di Adagio.
    • Tambahan poin sebanyak 2 miles per 1 EUR untuk menginap di Adagio Access.
  • Anggota Flying Blue dapat mentransfer Flying Blue miles yang dimilikinya ke program Le Club Accor. Rasio transfer yang berlaku adalah 4.000 poin Flying Blue miles menjadi 1.000 Le Club Accor .
  • Welcome bonus berupa 1 status night Le Club dan 5 XP Flying Blue untuk penerbangan pertama Anda melalui promo ini. Jika Anda terbang dengan Air France/KLM dan menginap di properti Accor, Anda akan memperoleh welcome bonus total 2 status night Le Club dan 10 XP Flying Blue.
Air France Business Class

Air France Business Class (Sumber: Travel + Leisure)

Cara Mendaftar Promo

Untuk dapat menikmati promo ini, Anda dapat mendaftar melalui laman pada keanggotaan Flying Blue Anda. Apabila Anda belum memiliki keanggotaan Flying Blue, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu kemudian melakukan pendaftaran atas promo ini pada laman akun Anda. Dengan mendaftar melalui laman Flying Blue, akun Anda akan otomatis terhubungkan dengan akun Accor Anda, sekaligus terdaftar pada promo ini.

Penutup

Dibandingkan dengan promo Marriott – Emirates, saya rasa promo Accor – Air France/KLM lebih mudah dimanfaatkan (meskipun tidak lebih menarik). Saya rasa kerjasama ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sering terbang dan/atau menginap di Eropa, atau bahkan sering memanfaatkan promo KLM ke Kuala Lumpur.

Fairmont Jakarta (Sumber: Accor)

Ke depannya, promo ini bisa menjadi lebih menarik atau lebih tidak menarik tergantung dari arah perubahan program Le Club Accor yang sudah santer terdengar. Semoga Accor tidak mengikuti jejak Marriott yang kehilangan banyak pelanggan setelah mengakuisisi Starwood.

Apakah Anda menjadi semakin tertarik menginap di Accor atau terbang dengan Air France/KLM?