Melalui akun Instagram resmi Garuda Indonesia & Hotman Paris, akhirnya Garuda Indonesia berdamai dengan YouTuber Rius Vernandes. Serikat Karyawan Garuda Indonesia (SEKARGA) telah resmi mencabut laporan polisi yang mengadukan Rius Vernandes atas dugaan pencemaran nama baik.

Hotman Paris yang ditunjuk sebagai kuasa hukum oleh pihak Garuda Indonesia memilih untuk menjadi mediator yang berujung pada perdamaian ini.

Pada saat yang sama, Garuda Indonesia juga baru-baru ini mencabut larangan/himbauan untuk tidak mengambil foto/video di dalam pesawat. Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi para penumpang, khususnya flight reviewer.

Keputusan Garuda Indonesia untuk melarang pengambilan foto/video sempat mendapat kecaman keras tidak hanya dari dalam negeri, namun dari manca negara. Beberapa blogger BoardingArea juga sempat menyerukan kekecewaannya terhadap keputusan tersebut.

One Mile at a Time: Outrageous: Garuda Indonesia Can’t Take Feedback

Live and Let’s Fly: Amazing: Garuda Indonesia SUES Blogger For Bad Review

Point Me to the Plane: Garuda Indonesia Bans Photos, Videos Onboard Planes

Menurut saya pribadi, feedback atau masukan dari penumpang seharusnya digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Oleh karena itu, saya pribadi menyambut baik keputusan damai dan pencabutan larangan foto/video ini.

Bahkan, saya sendiri sudah menukarkan miles untuk penerbangan internasional di business class Garuda Indonesia. Tentunya menarik untuk melihat perubahan yang dilakukan oleh Garuda Indonesia pasca insiden ini.

Semoga Garuda Indonesia bisa terus menjadi maskapai kebanggaan nasional yang bersaing di kancah internasional.

Bagaimana pendapat Anda tentang berita ini?