Bagi Anda yang berencana mengajukan kartu kredit DBS Travel Visa Signature ataupun Visa Platinum, Anda mungkin akan mau mempertimbangkannya kembali. Hal ini dikarenakan kedua kartu kredit tersebut baru saja memangkas welcome bonus-nya secara cukup signifikan.

Mengutip dari website DBS Indonesia, pemangkasan welcome bonus tersebut berlaku untuk kartu kredit seri ‘Travel’ walaupun sebagai gantinya, Anda akan bisa memperoleh cashback senilai 50.000 Rupiah dan bebas iuran di tahun pertama.

Perubahan welcome bonus dari DBS ini saya persepsikan negatif. Kredit: DBS Indonesia

Untuk Travel Visa Signature, welcome bonus-nya berkurang dari 15.000 miles menjadi 3.000 miles. Sedangkan untuk Travel Visa Platinum, welcome bonus-nya berkurang dari 7.500 miles menjadi 2.000 miles.

Hanya saja, syarat untuk memperoleh welcome bonus ini juga dipermudah. Anda hanya perlu melakukan pembelanjaan senilai 1 Juta Rupiah dalam periode waktu 60 hari kartu disetujui untuk bisa meraih welcome bonus ini.

Berikut kutipan welcome bonus baru untuk kartu kredit DBS Travel Series yang saya kutip dari website DBS Indonesia:

Welcome BONUS! Dapatkan hingga 3,000 mileage & tambahan cashback Rp 50,000 + Bebas Iuran Tahunan untuk 1 Tahun Pertama

Khusus untuk Kamu pemegang kartu baru yang telah melakukan Aktivasi dan melakukan minimum pembelanjaan Rp 1 jt dalam 60 hari pertama sejak kartu disetujui.

Jenis Kartu Bonus Mileage digibank
digibank Visa Travel Signature 3,000
digibank Visa Travel Platinum 2,000

Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature
Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Platinum

Penutup

Pemangkasan welcome bonus dalam bentuk pengurangan airline miles yang bisa diperoleh ini tentu saja mengecewakan bagi calon pemegang kartu kredit travel series dari DBS. Penambahan welcome bonus berupa cashback senilai 50.000 Rupiah dan free annual fee di tahun pertama untuk kartu ini tidak bisa menutup selisih nilai (value) yang diperoleh dari welcome bonus sebelumnya yang berupa airline miles. 

Sebagai contoh, PinterPoin memvaluasi GarudaMiles/KrisFlyer Miles/Asia Miles senilai 210 Rupiah/1 miles. Oleh karena itu, pemangkasan welcome bonus kartu kredit DBS Travel Visa Signature sebanyak 12.000 miles (15.000 – 3.000) memiliki artian pengurangan value yang bisa didapat dari kartu kredit tersebut sebanyak 2,52 juta Rupiah (12.000 miles x 210 Rupiah).

Nominal tersebut tentunya jauh lebih tinggi dibanding 1.050.000 (1 juta Rupiah free annual fee + 50 ribu Rupiah cashback) yang diberikan DBS sebagai pelipur lara perubahan kebijakan welcome bonus ini.

.

Apakah Anda masih tertarik untuk mengajukan kartu kredit DBS Travel Series?