Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit CIMB Niaga Visa Platinum adalah salah satu kartu kredit mid-tier dari bank CIMB Niaga. Kartu kredit ini memiliki konvertibilitas dan earning rate yang cukup baik untuk kartu di kelasnya sehingga merupakan salah satu kartu kredit mid-tier yang PinterPoin rekomendasikan.

Kartu kredit ini dulunya sempat melakukan co-branding dengan AirAsia. Namun, pada tahun 2017 lalu, kerjasama tersebut dihentikan sehingga CIMB Niaga tidak lagi mencetak kartu Visa Platinum dengan logo AirAsia.

Kartu ini tergolong sebagai kartu kredit yang mudah didapatkan dan merupakan batu loncatan untuk mengajukan salah satu kartu kredit terbaik dalam pengumpulan KrisFlyer Miles di Indonesia yaitu CIMB Niaga Visa Infinite.

  • 3 Poin X-Tra (Visa Platinum) = 1 KrisFlyer Miles/Asia Miles/GarudaMiles atau 3 AirAsia BIG

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin yang sama untuk pengeluaran dalam mata uang Rupiah ataupun mata uang asing. Hanya saja, transaksi ritel di website penerbangan akan mendapatkan double point.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp 5.000 = 1 Poin X-Tra 
  • Pengeluaran di website penerbangan: Rp 5.000 = 2 Poin X-Tra 

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi di dalam maupun di luar negeri sebesar Rp 15.000. Nilai yang didapat adalah 1.5

Sedangkan untuk transaksi ritel di website penerbangan, Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap bertransaksi Rp 7.500. Nilai yang didapat adalah 2

Nilai: 1.75

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu kredit ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 4 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan AirAsia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini bekerjasama dengan Cathay Pacific (CX) travel fair di mana pemegang kartu ini bisa mendapatkan cashback sampai dengan 1,75 juta Rupiah untuk pemesanan tiket pesawat selama periode travel fair.

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak memiliki airport perks. Anda bisa saja menukarkan 10.000 poin X-Tra yang Anda kumpulkan untuk mengakses airport lounge domestik (tidak direkomendasikan).

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan kartu ini adalah sebesar Rp 350.000 per tahun dan bisa di-waive (dihapuskan) dengan cara bertransaksi minimum 24 Juta Rupiah setahun.

Nilai: 0.9

Total Nilai: 4.15 / 10

“Kartu kredit traveling mid-tier dari bank CIMB Niaga yang layak dimiliki atas pertimbangan earning rate yang cukup bagus dan potensi pengembangan ke kartu kredit premium dari CIMB Niaga.”

 

Penutup

Kartu kredit CIMB Niaga Visa Platinum adalah salah satu kartu kredit mid-tier yang cukup bagus walaupun kartu ini tidak dilengkapi dengan fasilitas apapun. Kelebihan dari kartu kredit ini terletak pada earning rate dan konvertibilitas-nya sehingga layak untuk dimiliki bagi Anda yang baru saja terjun di dunia miles & points.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa kepemilikan kartu kredit ini akan mempermudah Anda mendapatkan kartu kredit premium dari CIMB Niaga terutama Visa Infinite. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk memiliki kartu kredit mid-tier andalan Bank CIMB Niaga ini.

P.S: Untuk saat ini, PinterPoin tidak menerima request referensi marketing kartu kredit CIMB Niaga.

.

Bagaimana pendapat Anda mengenai kartu kredit CIMB Niaga Visa Platinum ini?