Bagi Anda yang sering berpergian menggunakan maskapai Low-Cost Carrier (LCC) domestik seperti Lion Air ataupun Citilink; Maka Anda mungkin akan mau pergi pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk penerbangan pukul 10.00 – 14.00 karena selama jam tersebut, akan diadakan diskon harga kursi sampai dengan 50% dari Tarif Batas Atas (TBA).

Diskon untuk seat di hari dan jam khusus tersebut merupakan buntut dari rapat koordinasi lanjutan terkait penurunan tarif tiket angkutan udara. Maskapai LCC domestik sendiri setuju untuk mengalokasikan 30% dari total kapasitas pesawat untuk kursi diskon tersebut.

Diskon tiket lcc

Penerbangan menggunakan maskapai LCC akan semakin murah di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Dilansir dari Kontan.co.id, Lion Air group menyediakan sekitar 11.626 kursi dari 146 penerbangan per hari yang ditentukan. Sedangkan Citilink menyiapkan 3.348 kursi dari 62 penerbangan per hari yang ditentukan. Kebijakan ini sendiri akan mulai berlaku pada Kamis, 11 Juli 2019. 

Walaupun belum ada informasi lebih lanjut mengenai rute mana yang akan memperoleh diskon, Lion Air dan Citilink sudah berkomitmen untuk menyediakan kursi dengan harga khusus tersebut. Rute yang memperoleh diskon pada hari dan jam khusus tersebut juga akan dipublish secepatnya sebelum kebijakan tersebut berlaku.


Baca juga: Lion Air Menurunkan Harga Tiket Penerbangan Domestik
Baca juga: Citilink Akan Membuka Rute Baru Ke Frankfurt dan Jeddah

Penutup

Pemberian diskon untuk penerbangan di jam dan hari khusus ini merupakan terobosan yang cukup bagus dari sisi pemerintah maupun maskapai.

Secara teoritis, hari Selasa, Kamis, dan Sabtu merupakan hari di mana load factor penerbangan berada di bawah rata-rata mingguan sehingga dengan diadakannya diskon harga kursi ini, maskapai akan bisa meningkatkan load factor sekaligus memenuhi permintaan pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat. Jadi keputusan ini merupakan win-win solution.

Apakah Anda tertarik dengan diskon tiket penerbangan di hari dan jam tertentu ini?