Kami di PinterPoin selalu menekankan betapa pentingnya memasukkan frequent flyer number sebelum Anda terbang.

Dengan memilih frequent flyer program yang tepat, miles yang Anda kumpulkan bisa Anda tukar dengan tiket gratis. Terdapat banyak sweet spot dari trik ini. Salah satunya, Anda bisa terbang gratis ke Jepang dengan Business Class setelah terbang ke US dengan Emirates Business Class!

Emirates Business Class Boeing 777

Emirates Business Class di Armada Boeing 777 (Courtesy: Insider)

Jangan khawatir, tiket Emirates Business Class sebenarnya tidak semahal yang Anda bayangkan. Saat promo reguler (bukan global sale), Anda bisa memperoleh harga Rp 29 juta pulang pergi untuk rute ke Washington DC. Saat global sale Anda bisa memperoleh harga lebih murah dari itu. Akan lebih beruntung lagi jika muncul mistakes fare Emirates yang tentunya akan kami publish jika ada.

Emirates Business Class Airbus 380

Emirates Business Class di Armada Airbus 380 (Courtesy: Pointhacks)

Sebagai catatan, trik ini berlaku untuk kategori tiket termurah Business Saver, Business Flex, hingga termahal Business Flex Plus.

Namun, trik ini tidak berlaku untuk Basic Business Fare yang baru saja diluncurkan. Trik ini berlaku untuk rute ke mana pun di US, termasuk New York, Boston, Los Angeles, dan San Francisco.

Trik Mengkreditkan Penerbangan Emirates

Sekarang, kita masuk ke bagian pentingnya tentang bagaimana menjalankan trik ini. Alih-alih mengkreditkan penerbangan Emirates ke program Emirates Skywards, Anda kami sarankan mengkreditkan ke program Alaska Mileage Plan.

Hal ini dimungkinkan karena Emirates Airlines memiliki kerjasama dengan Alaska Airlines, yang memiliki salah satu program loyalti paling berharga di dunia. Alaska Mileage Plan menganut konsep actual miles, sehingga perhitungan miles lebih didasarkan pada jarah tempuh sebenarnya. Konsep ini menguntungkan untuk mengkreditkan rute jarak jauh seperti Jakarta-US.

Elite Status Alaska Mileage Plan

Berbagai Status di Alaska Mileage Plan (Courtesy: Alaska Miles)

Untuk tiket Business Class Emirates, Anda dapat memperoleh miles sebesar 225% dari jarak aktual jika dikreditkan ke Alaska Mileage Plan. Adapun jika dikreditkan ke Emirates Skywards, Anda hanya dapat memperoleh antara 85% hingga 175% dari jarak aktual tergantung dari kategori Business Class yang mana.

Earnings Chart Alaska Miles Emirates

Earnings Chart Alaska Miles untuk Penerbangan Emirates (Courtesy: Alaska Miles)

Simulasi Pengkreditan ke Alaska Mileage Plan

Sebagai simulasi, kita akan bandingkan perolehan miles jika anda mengkreditkan ke Alaska Mileage Plan VS ke Emirates Skywards.

Rute: Jakarta-Washington DC

Jarak Actual Miles: 22.296 Miles pulang pergi

Perolehan dengan Alaska Mileage Plan
  • Base Miles (100%): 22.296 Miles
  • Bonus Business Class (25%): 5.574 Miles
  • Bonus Lain (100%): 22.296 Miles

Total Miles: 50.166 Miles, berlaku untuk Business Saver, Business Flex, hingga Business Flex Plus

Perolehan dengan Emirates Skywards
  • Kategori Business Special: 19.000 Miles
  • Kategori Business Saver: 23.750 Miles
  • Kategori Business Flex: 33.250 Miles
  • Kategori Business Flex Plus: 36.100 Miles

Jelas terlihat bahwa dari segi jumlah, Anda mendapat lebih banyak miles melalui Alaska. Dari segi valuasi PinterPoin, 50.166 Alaska miles bernilai 15 juta Rupiah!

Cara Menukar Alaska Miles untuk Terbang Gratis ke Jepang dengan Business Class

Sedemikian saktinya Alaska miles, mulai dari 22.500 miles Anda sudah dapat terbang ke Tokyo dengan Business Class Cathay Pacific atau Japan Airlines.

Untuk Cathay Pacific, Anda membutuhkan 22.500 miles sedangkan untuk Japan Airlines Anda membutuhkan 25.000 miles untuk rute tersebut (klik untuk membaca artikel trik stopover business class Japan Airlines dengan miles Alaska).

Business Class Cathay Pacific

Business Class di Cathay Pacific (Courtesy: TPG)

Anda juga dapat menukarkan miles untuk beberapa rute menarik lain di Asia Timur dengan Cathay Pacific/Japan Airlines seperti:

  • Jakarta – Osaka PP
  • Jakarta – Sapporo PP
  • Jakarta – Seoul PP
  • Jakarta – Beijing PP
  • Jakarta – Shanghai PP
  • Jakarta – Taipei PP

Untuk menukarkan Alaska Miles, Anda dapat melakukannya secara online untuk penerbangan Japan Airlines. Sedangkan untuk penerbangan Cathay Pacific Airlines, Anda harus melakukan reservasi melalui telepon ke Alaska Mileage Plan.

Business Class Japan Airlines

Business Class di Japan Airlines (Courtesy: Lattes & Runways)

Penutup

Sekilas, trik ini memang cukup kompleks. Namun, Anda bisa merasakan terbang dengan 2-3 maskapai sekaligus dengan hanya membayar sekali. Sebagai contoh, Anda bisa terbang ke US dengan Emirates lalu menukarkan miles-nya untuk terbang ke Jepang dengan Japan Airlines.

Conrad Tokyo

Alternatif Honeymoon: Conrad Tokyo (Courtesy: Shutterwhale)

Meskipun Anda harus membayar lebih dibanding tiket kelas ekonomi, saya rasa trik ini sangat menarik untuk dicoba untuk acara spesial. Katakanlah untuk honeymoon, saya yakin pasangan Anda akan cukup senang jika diajak menjalani double honeymoon ke US dan Jepang, all in style!

Apakah Anda tertarik mencoba trik terbang gratis dengan Business Class ke Jepang ini?