Tanggal 1 Juli 2019 lalu, Hilton resmi membuka properti terbarunya di Maldives. Properti tersebut adalah Waldorf Astoria Maldives yang terletak di Pulau Ithaafushi, South Male Atol. Di jajaran Hilton, Waldorf Astoria termasuk sebagai luxury brand bersama dengan Conrad.

Waldorf Astoria Maldives

Waldorf Astoria Maldives (Courtesy: Booking.com)

Pembukaan ini memperluas portofolio Hilton di Maldives. Sebelumnya, Hilton hanya memiliki satu properti yaitu Conrad Maldives Rangali yang terkenal karena memiliki restoran bawah laut pertama di dunia.

Di bulan Agustus nanti, Hilton akan membuka lagi satu properti, yaitu SAii Lagoon Maldives, a Curio Collection. Pembukaan kedua properti tersebut akan meningkatkan daya saing Hilton terhadap Marriott yang juga tengah berencana membuka JW Marriott Maldives.

Underwater Restaurant Conrad Maldives Rangali

Underwater Restaurant di Conrad Maldives Rangali (Courtesy: OrangeSmile)

Impresi Pertama

Satu hal yang akan Anda suka dari properti ini adalah ukurannya yang gigantic. Kamar tipe standarnya, King Villa Beach with Pool, memiliki luas 234 meter persegi. Besarnya ukuran kamar menjadikan properti ini cocok untuk menjadi tujuan honeymoon ataupun liburan keluarga kecil.

Kolam renangnya pun berupa full-size pool, bukan sekedar plunge pool, memudahkan Anda untuk bersantai ataupun sunbathing.

King Beach Villa Waldorf Astoria Maldives

Kamar Standar di Waldorf Astoria Maldives (Courtesy: Luxuvere)

Secara interior, Waldorf Astoria biasanya menawarkan konsep klasik semi-Victorian dengan ciri khas beragamnya ornamen bergaya klasik. Namun, Waldorf Astoria Maldives cenderung menawarkan konsep hybrid antara minimalis modern dengan klasik.

Anda bisa melihat bagaimana aksen putih minimalis dipadukan dengan nada coklat pastel pada berbagai furniturnya. Saya pribadi sangat menyukai konsep tersebut karena mengingatkan saya pada color scheme Etihad Residence, Meta First Class paling mewah di dunia.

Interior Waldorf Astoria Maldives

Interior Kamar King Beach Villa (Courtesy: Booking.com)

Perolehan Poin

Anda akan mendapatkan 10x poin Hilton untuk setiap 1 USD yang Anda bayarkan untuk room rate dan eligible room charges termasuk room service. Perolehan poin Anda bisa berlipat ganda jika Anda mereservasi properti ini dalam periode promosi Hilton, seperti promosi Double Points. Jika Anda memiliki status elit Hilton, Anda akan memperoleh bonus poin sebagai berikut:

  • Silver: Anda akan memperoleh 20% bonus dari base rate
  • Gold: Anda akan memperoleh 80% bonus dari base rate
  • Diamond: Anda akan memperoleh 100% bonus dari base rate

Meskipun Hilton menawarkan earnings rate yang menarik, ada satu kendala jika Anda ingin membayar cash di properti ini. Harga dari Waldorf Astoria Maldives luar biasa mahalnya. Hasil pengecekan selama setahun ke depan menunjukkan hasil sebagai berikut:

  • Harga termurah adalah sebesar $1.466 per malam, atau setara dengan Rp 20,7 juta! Harga tersebut tersedia di bulan Agustus, yang notabene merupakan musim penghujan di Maldives
Price Range Waldorf Astoria Maldives

Range Harga Termurah

  • Harga untuk liburan tahun baru sebesar $2.123 per malam, atau setara dengan Rp 30 juta! Harga tersebut masih ditambah dengan $800++ per orang untuk New Year’s Eve Dinner. Itu pun jika Anda dapat menemukan availability di tahun baru.
Price Range Waldorf Astoria Maldives

Range Harga Tahun Baru

  • Harga termahal adalah sebesar $4.747 per malam, atau setara dengan Rp 67,1 juta! Harga tersebut menurut saya merupakan anomali karena April merupakan low season di Maldives. Harga tersebut berlaku untuk premium room, yaitu King Reef Villa with Pool
King Reef Villa with Pool Waldorf Astoria Maldives

King Reef Villa with Pool (Courtesy; Hilton)

Penukaran Poin

Mengingat tingginya harga properti ini, saya rasa opsi terbaik untuk menginap di sini adalah dengan me-redeem poin Hilton Honors. Satu malam di Waldorf Astoria Maldives bisa Anda tebus dengan harga 120.000 poin Hilton Honors.

Private Island Waldorf Astoria Maldives

Private Island di Waldorf Astoria Maldives (Courtesy: Travel Daily Media)

Katakanlah Anda menukar poin untuk harga per malam yang termurah sebesar 20,7 juta Rupiah. Penukaran ini akan memberikan Anda redemption value senilai 172 rupiah per poin Hilton. Redemption value melebihi 1,5 kali dari valuasi PinterPoin sebesar 105 rupiah/poin.

Saya kebetulan merupakan Hilton Loyalist dengan Status Diamond. Dari sekian redemption yang pernah saya lakukan, cenderung sulit untuk melebihi valuasi tersebut, sehingga saya rasa properti ini layak Anda masukkan ke bucket list untuk redemption.

Waldorf Astoria Maldives

Spa Area (Courtesy: Hotelier Maldives)

Penutup

Dibukanya Waldorf Astoria memberikan tambahan opsi para honeymooners yang ingin merayakan momen spesialnya di Maldives. Untuk menginap di sana, Anda harus menyiapkan kocek tambahan sekitar $800 per orang untuk yacht transfer dari Male Airport ke Ithaafushi.

Yacht Transfer Fee Waldorf Astoria Maldives

Yacht Transfer Fee

Saya pernah mencoba menghubungi Waldorf Astoria Maldives, menanyakan apakah transfer fee di-waive jika kita memesan dengan Hilton point. Sayangnya, transfer fee tersebut tetap harus Anda bayarkan apapun metode bookingnya.

Tertarikkah Anda untuk menginap di Waldorf Astoria Maldives?