Bagi Anda yang memiliki rencana berwisata ke Eropa, Anda pasti tahu bahwa biaya mengajukan Visa Schengen tidaklah murah. Dari biaya pengajuan visa, biaya persiapan dokumen, biaya asuransi perjalanan, dan sebagainya; biaya-biaya ini bisa memakan biaya jutaan Rupiah.

Berdasarkan pengalaman saya, salah satu komponen biaya pengajuan visa Schengen termahal adalah biaya asuransi perjalanan (travel insurance). Kepemilikan asuransi perjalanan yang memadai sendiri merupakan syarat wajib dalam mengajukan visa tersebut.

Apabila asuransi perjalanan Anda tidak memadai (proteksi yang ditawarkan tidak memenuhi syarat), maka Anda bisa mengucapkan goodbye pada pengajuan visa Schengen Anda. Masalahnya, asuransi perjalanan yang memenuhi syarat ini seringkali tidak murah. 

Bergantung pada cakupan perlindungan dan durasinya, maka biaya asuransi perjalanan ini bisa mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan Rupiah.

Oleh karena itu, saya cukup senang & lega ketika mengetahui bahwa Traveloka akan menawarkan asuransi perjalanan untuk Visa Schengen. On the most important note, asuransi ini SANGAT MURAH.

Traveloka mulai menjual asuransi perjalanan untuk keperluan visa Schengen

Sebagai perbandingan, saya menggunakan salah satu asuransi perjalanan paling populer untuk pengajuan visa Schengen yaitu AXA Schengen Low Cost. Untuk perlindungan selama 16 hari dan perlindungan senilai 30.000 Euro (sekitar 480 juta Rupiah), asuransi ini memiliki biaya 36 Euro atau sekitar 576.000 Rupiah.

 Tabel biaya asuransi AXA Schengen Low Cost

Menggunakan durasi perjalanan dan cakupan perlindungan yang kurang lebih sama, asuransi perjalanan di Traveloka menawarkan harga 191.250 Rupiah alias hanya 1/3 (satu per tiga) biaya asuransi Axa Schengen Low Cost.

Asuransi perjalanan dari Traveloka yang bekerjasama dengan Asuransi Simas Insurtech ini sangat murah.


Baca juga: Sekilas Mengenai Pengajuan Visa Schengen
Baca juga: Biaya pengajuan Visa Schengen Akan Naik Menjadi 80 Euro

Penutup

Penawaran asuransi perjalanan dari Traveloka ini sangat murah apabila dibandingkan dengan penawaran asuransi perjalanan yang sudah ada. Cakupan proteksi yang ditawarkan sendiri sudah memenuhi syarat yaitu 30.000 Euro untuk biaya yang mungkin timbul dari kecelakaan ataupun kondisi medis ketika berwisata serta repatriasi ke negara asal.

Oleh karena itu, saya tidak meragukan bahwa asuransi ini akan bisa digunakan sebagai salah satu syarat pengajuan visa Schengen. Sayangnya, saya tidak tahu apakah penawaran asuransi ini menggunakan harga sementara (‘harga promo’) atau harga permanen. Saya juga tidak tahu apakah proses klaim dari asuransi ini mudah dan tidak berbelit-belit.

Oleh karena itu, pembaca PinterPoin yang budiman, apabila Anda membeli asuransi ini dan memiliki pengalaman baik/buruk menggunakan asuransi ini, maka Anda mungkin bisa sedikit menceritakan pengalaman menggunakan asuransi tersebut pada kami 🙂 .

Btw, Anda hanya bisa membeli asuransi perjalanan ini di apps traveloka. Anda tidak bisa melakukannya di web desktop untuk suatu alasan.

Apakah Anda Tertarik Untuk Membeli Asuransi Perjalanan Dari Traveloka Ini?