Kebetulan setelah mengunjungi SilverKris Lounge di terminal 3 bandara Changi beberapa waktu lalu, saya sempat berpikir jika sudah saatnya bagi Singapore Airlines untuk melakukan renovasi pada loungenya.

SilverKris Lounge Terminal 3. Foto: PinterPoin.


Baca juga: Lounge Review: Singapore Airlines SilverKris Lounge Terminal 3 Changi Airport


Bagi saya, SilverKris lounge tidak bisa dibilang “wah” sebagai flagship lounge Singapore Airlines. Apalagi mengingat reputasi Singapore Airlines sebagai salah satu maskapai terbaik dunia & Changi Airport sebagai bandara terbaik dunia.

Banyak maskapai lain yang menawarkan fasilitas lounge yang lebih mewah dan memanjakan penumpang. Oleh karena itu, mungkin Singapore Airlines merasa jika sudah saatnya untuk melakukan perombakan pada lounge-loungenya.

Kabar baiknya adalah Singapore Airlines akan menggelontorkan lebih dari SGD $50 juta untuk merenovasi lounge di terminal 3 Changi.

Renovasi akan dilakukan secara bertahap mulai dari bulan Agustus 2019 hingga pertengahan tahun 2021 dengan urutan renovasi sebagai berikut:

  1. Business Class Lounge
  2. First Class Lounge
  3. The Private Room
  4. KrisFlyer Gold Lounge

Singapore Airlines mengklaim jika renovasi ini akan menambah kapasitas lounge sebanyak 30%. Proyek ini akan dikerjakan dengan Hirsch Bedner Associates yang merupakan dengan upaya memberikan penampilan baru yang segar, modern, dan tidak termakan waktu.

Rencananya Singapore Airlines akan membuat 4 zona di area business class:

  • Café untuk penumpang dengan waktu transit singkat
  • Dining hall yang menawarkan pilihan kuliner yang lebih ekstensif
  • Full service bar yang juga berfungsi sebagai breakfast buffet di pagi hari
  • Productivity pods sebagai tempat bekerja dan beristirahat

Untuk First Class & Suites lounge, Anda bisa mengharapkan:

  • Brand new The Private Room & First Class Lounge dengan konfigurasi kursi yang lebih lega, cocok untuk bekerja atau beristirahat
  • Flagship bar di First Class Lounge dan full service fine dining di The Private Room akan dipertahankan & diperbaharui

Sedangkan untuk KrisFlyer Gold Lounge, Anda bisa mengharapkan:

  • Penggandaan kapasitas lounge & penambahan dedicated working spaces
  • Dining area & al fresco seating yang diperluas
  • Lounge akan dilengkapi dengan shower room

Berikut adalah foto-foto konsep lounge baru Singapore Airlines courtesy dari Singapore Airlines & Hirsch Bedner Associates:

Area bar yang diperbaharui.

Singapore Airlines Lounge Konsep

Fine dining area.

Singapore Airlines Lounge KonsepPenutup

Berdasarkan desain dari konsep tersebut, saya cukup menyambut baik rencana renovasi lounge di terminal 3 ini. Sudah saatnya bagi Singapore Airlines untuk meningkatkan level loungenya terutama di Changi Airport yang berperan sebagai rumah dari SQ. Saya juga berharap agar Singapore Airlines juga merenovasi lounge di terminal 2 yang digunakan untuk rute Asia Tenggara (Indonesia).

Jika Anda akan terbang dengan Singapore Airlines melalui terminal 3 Changi pada periode renovasi lounge, maka Anda harus bersiap-siap untuk mendapat lounge alternatif untuk sementara waktu. Saya pribadi tentunya tidak sabar untuk melihat lounge baru tersebut & melakukan perbandingan dengan lounge saat ini.

Bagaimana pendapat Anda tentang konsep lounge baru Singapore Airlines di terminal 3 bandara Changi?

H/T: OMAAT