Dengan tersedianya fasilitas free visa untuk pemegang e-paspor, Jepang semakin sering dikunjungi oleh wisatawan dari Indonesia. Bukan hanya Indonesia, Jepang pun diminati oleh wisatawan dari seluruh dunia karena budayanya yang unik dan menarik. Promo penerbangan ke Jepang pun banyak ditemukan untuk menarik wisatawan dari mancanegara.

Pemerintah Jepang sekarang sedang meningkatkan fasilitas bagi wisatawan asing untuk persiapan Olimpiade Musim Panas Tokyo pada tahun 2020 nanti. Berbagai fasilitas seperti guide dalam bahasa inggris di tempat wisata sampai tempat ibadah untuk umat Muslim sedang ditingkatkan oleh pemerintah Jepang.

Logo olimpiade musim panas Tokyo tahun 2020. Via Japan Rail Pass

Promo tiket penerbangan ke Jepang

Untuk terbang ke Jepang, Anda bisa memilih untuk menggunakan pesawat bertarif rendah (Low Cost Carrier/LCC) ataupun maskapai full service. Namun, penerbangan medium haul yang memakan waktu kurang lebih 6-8 jam akan terasa melelahkan dan membosankan dengan LCC. Saya sendiri lebih rela menambah sedikit budget perjalanan saya untuk menggunakan maskapai full service. 

Para perusahaan penerbangan sering sekali memberikan promosi dalam penjualan tiket penerbangan ke Jepang. Di artikel ini, saya telah mencoba merangkum beberapa tiket promosi maskapai full service untuk penerbangan dari Jakarta ke beberapa kota di Jepang.

Tokyo

Tokyo merupakan pusat perekonomian sekaligus tempat wisata di Jepang yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan seringkali orang-orang mengatakan jika Anda belum pergi ke Tokyo, itu berarti Anda belum pergi ke Jepang. Di Tokyo Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata mulai dari tempat perbelanjaan modern sampai dengan kuil Jepang kuno.

Berikut beberapa maskapai full service yang sedang menawarkan harga promosi untuk penerbangan ke Tokyo:

  • Philippine Airlines dimulai dari harga Rp. 5.388.200
  • EVA Air dimulai dari harga Rp. 5.512.800
  • Thai Airways dimulai dari harga Rp. 5.806.600
  • Cathay Pacific (dari Medan) dimulai dari harga Rp. 5.776.000

Gotoku Shrine dengan ratusan patung kucing di Tokyo.

Museum Fujiko. F. Fujio di daerah Kawasaki dekat Tokyo.

Osaka

Jika Anda berbicara mengenai Osaka dengan orang Jepang, mereka akan menyarankan Anda untuk mencoba jajanan khas Osaka yaitu Okonomiyaki dan Takoyaki. Kota ini memang terkenal dengan kulinernya yang enak serta tempat perbelanjaan yang banyak diminati oleh turis lokal maupun asing. Selain jalan-jalan di Osaka, Anda juga bisa menggunakan kereta listrik untuk mengunjungi kota-kota di dekat Osaka seperti Kyoto, Nara dan Kobe.

Berikut beberapa maskapai full service yang sedang menawarkan harga promosi untuk penerbangan ke Osaka:

  • Philippine Airlines dimulai dari harga Rp. 5.444.500
  • EVA Air dimulai dari harga Rp. 5.569.100
  • Thai Airways dimulai dari harga Rp. 5.862.900
  • Cathay Pacific (dari Medan) dimulai dari harga Rp. 5.749.500

Golden Temple (Kinkaku-ji) di Kyoto sekitar 30 menit perjalanan dari Osaka.

Fukuoka (Kyushu)

Kota terbesar di pulau Kyushu yang terletak di selatan Jepang ini memang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Fukuoka terkenal akan keindahan alamnya dan karena letaknya dekat dengan negara Asia Timur lainnya, Fukuoka sering dikunjungi oleh wisatawan dari Korea Selatan, China, Taiwan maupun Hong Kong.

Bagi Anda yang berkunjung ke Fukuoka, Anda bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi kota lainnya di pulau Kyushu seperti Kitakyushu, Oita, Kumamoto, Nagasaki, Kagoshima dan Miyazaki.

Berikut beberapa maskapai full service yang sedang menawarkan harga promosi untuk penerbangan ke Fukuoka:

  • Philippine Airlines dimulai dari harga Rp. 5.173.500
  • EVA Air dimulai dari harga Rp. 5.192.100
  • Thai Airways dimulai dari harga Rp. 5.932.100
  • Cathay Pacific (dari Medan) dimulai dari harga Rp.5.568.500

Bersantai di pulau bunga Nokonoshima yang bisa diakses dengan kapal feri dari kota Fukuoka.

Taman Perdamaian Nagasaki (Nagasaki Peace Park).

Sapporo (Hokkaido)

Di ujung utara Jepang terdapat kota Sapporo yang berada di pulau Hokkaido dan menjadi tujuan wisata favorit akhir-akhir ini. Kota ini mulai diselimuti oleh salju mulai dari bulan November sampai dengan bulan Maret. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan Snow Festival yang selalu diadakan pada minggu kedua bulan Februari.

Berikut beberapa maskapai full service yang sedang menawarkan harga promosi untuk penerbangan ke Sapporo:

  • EVA Air dimulai dari harga Rp. 5.305.900
  • Thai Airways dimulai dari harga Rp. 5.939.900

Snow Festival di Sapporo pada minggu kedua bulan Februari.

Snow Festival di Sapporo pada minggu kedua bulan Februari.

Naha (Okinawa)

Okinawa merupakan satu satunya daerah yang paling berbeda dengan bagian Jepang lainnya. Daerah ini memiliki perpaduan antara budaya Jepang dan China yang terkenal dengan keindahan pantainya. Dari kota Naha, Anda bisa menjelajahi pulau-pulau lainnya seperti Ishigaki dan Miyakojima dengan pesawat lokal.

Sayangnya masih belum banyak maskapai yang terbang ke Naha. Dan maskapai full service yang sedang menawarkan harga promosi untuk penerbangan ke Naha hanya satu yaitu EVA Air. Harga promosi untuk penerbangan ke Naha saat ini adalah Rp. 5.302.000.

Keindahan pantai di Naha.

Penutup

Negara-negara Asia Timur sekarang ini memang menjadi tujuan wisata orang Indonesia. Selain budaya nya masih dekat dengan budaya Indonesia, banyak maskapai sering menawarkan harga tiket yang terjangkau.

Jika Anda pernah mengunjungi Tokyo, Osaka dan sekitarnya, saya sarankan Anda untuk mengunjungi bagian utara dan selatan Jepang seperti Hokkaido, Kyushu dan Okinawa. Pemandangan dan budaya yang ditawarkan dari daerah-daerah ini tidak kalah menarik dari daerah lainnya di Jepang.

Apakah Anda tertarik dengan harga promosi kali ini?