Citilink memang membuat saya tidak habis pikir. Setelah baru saja membuka rute ke Phnom Penh, sekarang maskapai yang terkenal dengan warna hijau-nya ini berencana membuka rute baru ke Frankfurt dan Jeddah. 

Citilink Frankfurt

Secara mengejutkan, Citilink akan terbang ke Frankfurt dan Jeddah

Dilansir dari bisnis.com, Citilink akan melayani penerbangan jarak jauh (long-haul) ini dengan menggunakan pesawat berbadan lebar Airbus A330-900neo. Rute ke Frankfurt dan Jeddah ini sendiri masing-masing diperkirakan akan beroperasi pada bulan Oktober dan Desember 2019.

Untuk kedua penerbangan ini, Citilink akan menjual kursi di kelas premium ekonomi sebanyak 42 seat dan kelas ekonomi sebanyak 323 seat. Saya menebak bahwa seat layout untuk kelas premium ekonomi maupun ekonomi reguler akan memiliki konfigurasi 2-4-2.

Mengapa Saya Pesimis Mengenai Rute Frankfurt

Saya tidak khawatir mengenai kelayakan (feasibility) rute ke Jeddah karena rute tersebut memang dikhususkan untuk mengangkut calon jamaah umroh. Apalagi sebelumnya Citilink sudah mengoperasikan rute ke Jeddah dari Solo. Hanya saja, rute Frankfurt adalah kisah yang berbeda untuk alasan sebagai berikut:

  1. Citilink tidak pernah mengoperasikan pesawat jenis wide-body untuk penerbangan ke Eropa.
  2. Demand untuk business ataupun leisure trip ke Frankfurt, Jerman tidak setinggi itu. Mengisi 375 kursi all-economy class terkesan sangat sulit untuk diwujudkan.
  3. Citilink bersaing langsung dengan LCC lain yang sama-sama mengangkut calon wisatawan ataupun business traveler ke Eropa seperti Scoot, AirAsia X, dan sebagainya yang mana sudah memiliki pengalaman mengoperasikan berbagai rute long-haul ke Eropa.

Singkat kata, saya merasa rute ini tidak feasible. Tapi saya bisa saja (dan semoga) salah. Jujur saya sangat ingin rute ini berhasil karena hal tersebut berarti masyarakat Indonesia memiliki lebih banyak opsi penerbangan direct ke Eropa.

Kecuali apabila Citilink mampu menawarkan harga tiket yang sangat bersaing (baca: murah) maka rute ke Frankfurt ini saya rasa akan sangat sulit untuk berhasil.

Penutup

Walaupun saya bukan seorang analis aviasi, tapi saya merasa rute baru ini sedikit aneh. Seharusnya, Citilink bersaing terlebih dahulu di rute medium haul yang sudah pasti memiliki demand tinggi seperti Jepang, Korea, atau Tiongkok alih-alih bersaing di pasar penerbangan ke Eropa.

Apapun itu, saya tidak sabar untuk menunggu pengumuman lebih lanjut dari pihak Citilink untuk jadwal rute ini. Selain itu, layaknya promo penerbangan Citilink sebelumnya, saya tidak sabar menunggu promo yang ditawarkan Citilink untuk rute Frankfurt ini. Mari kita berharap promo yang ditawarkan untuk rute ini akan sangat menarik.

Apa pendapat Anda mengenai rute baru Citilink ini?