Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit PaninBank Visa Infinite menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit PaninBank Visa Infinite adalah kartu kredit top-tier dari Panin Bank yang ditujukan untuk nasabah high net worth mengingat kartu ini memiliki starting limit yang tinggi yaitu 100 juta Rupiah. Kartu ini juga merupakan kartu kredit yang cukup fleksibel dalam mengumpulkan poin/miles mengingat kartu ini memiliki 3 partner maskapai, yakni Garuda Indonesia (GA), Singapore Airlines (SQ), dan AirAsia (QZ).

Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh panin point yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif digibank mileage menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 2 panin point = 1 GarudaMiles/KrisFlyer Miles
  • 1 panin point = 1 AirAsia BIG Point 

Kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang sama untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam/luar negeri: Rp 25.000 = 1 panin point

Sayangnya, kartu kredit ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 50.000. Nilai yang didapat adalah 0.5.

Nilai: 0.5

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Kartu ini tidak memiliki welcome bonus.

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan AirAsia BIG.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Akses ke berbagai airport lounge domestik. Untuk airport lounge internasional, kartu ini memiliki jatah akses fasilitas Priority Pass sebanyak 1 (satu) kali setiap tahunnya. Daftar airport lounge domestik yang bekerjasama dengan kartu kredit PaninBank Visa Infinite bisa Anda lihat di sini.

Nilai: 1

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 1.000.000 per tahunnya dan kemungkinan besar bisa di waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Nilai: 0.7

Total Nilai: 3.2 / 10

“Kartu kredit top-tier dari Panin Bank yang sangat tidak kompetitif dibandingkan dengan kartu kredit top-tier dari bank lain sehingga kurang layak untuk dimiliki.”

 

Penutup

Kekurangan utama dari kartu kredit top-tier dari Panin Bank ini terletak pada earning rate yang sangat buruk dan starting limit yang sangat tinggi. Dibandingkan dengan kartu kredit top-tier yang diterbitkan oleh bank BUKU 4 lainnya seperti CIMB Niaga, BCA, Mandiri, dan sebagainya; Kartu kredit dari Panin Bank ini boleh dikatakan yang paling tidak kompetitif dari segala aspek.

Secara pribadi, saya tidak akan merekomendasikan kartu kredit ini pada Anda sekalian kecuali apabila Anda bisa meminta free annual fee seumur hidup untuk memanfaatkan fasilitas airport perks dari kartu ini yang cukup menarik seperti akses ke berbagai airport lounge domestik dan akses ke airport lounge yang bekerja sama dengan priority pass sebanyak 1x setahun.

Bagaimana pendapat Anda tentang kartu kredit unggulan dari Panin Bank ini?