Berita baik kembali lagi untuk Anda yang senang bepergian terutama melalui udara. AirAsia baru saja menambah 5 rute baru untuk penerbangan domestik di Indonesia. Dan tidak tanggung-tanggung, AirAsia langsung memberikan harga promosi untuk kelima rute tersebut.

AirAsia merupakan maskapai bertarif rendah (LCC) milik Malaysia dan memiliki izin untuk beroperasi dalam penerbangan domestik Indonesia. Tahun ini AirAsia berencana membuka 7 rute baru untuk penerbangan domestik Indonesia. Namun, 2 rute lagi sedang dalam proses pengurusan izin.

Sebelumnya AirAsia telah memiliki 10 rute domestik di Indonesia dengan penerbangan utama dari bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Dengan bertambahnya 5 rute baru ini, masyarakat Indonesia akan memiliki lebih banyak opsi untuk terbang di rute domestik.

AirAsia menggunakan pesawat berbadan kecil A320 untuk penerbangan domestik Indonesia. Sumber: Airbus.

Berikut kelima rute baru beserta harga sekali jalan (one way):

  • Jakarta – Lombok dimulai dari harga Rp. 635.000
  • Denpasar – Lombok dimulai dari harga Rp. 243.000
  • Surabaya – Kertajati dimulai dari harga Rp. 626.000
  • Yogyakarta (Kulon Progo) – Lombok dimulai dari harga Rp. 856.000
  • Denpasar – Labuan Bajo dimulai dari harga Rp. 935.000

Pemesanan tiket untuk harga promosi bisa dilakukan sampai dengan 30 Juni 2019 untuk penerbangan dari 1 Agustus sampai 26 Oktober 2019. Pemesanan tiket bisa dilakukan melalui laman resmi AirAsia ataupun mobile application.

Untuk penerbangan rute Jakarta – Lombok, AirAsia akan beroperasi 11 kali seminggu. Untuk rute Denpasar – Lombok dan Denpasar – Labuan Bajo akan beroperasi sebanyak 7 kali seminggu. Sementara untuk rute Yogyakarta – Lombok dan Surabaya – Kertajati akan beroperasi sebanyak 3 kali seminggu.

Keindahan Pantai Pink di Lombok. Sumber: WisataBaru.

Penutup

Sampai dengan 31 Juli 2019 nanti, penerbangan dari Jakarta ke Lombok akan dikuasai oleh Garuda, Citilink, Batik dan Lion Air. Namun, setelah itu, AirAsia akan bergabung dan bersaing dengan keempat maskapai tersebut.

Dengan bertambahnya lima rute baru AirAsia, persaingan di dunia penerbangan domestik Indonesia akan semakin ketat dan ada kemungkinan persaingan ini akan berefek pada penurunan tiket pesawat domestik.

Apakah Anda tertarik untuk terbang ke destinasi baru AirAsia?