Kabar baik bagi Anda yang ingin berwisata tanpa harus sulit-sulit mengurus visa kunjungan wisata. Daftar negara yang memberikan bebas visa untuk turis Indonesia bertambah sebanyak 4 negara.

Keempat negara tersebut adalah:

  • Nigeria
  • Barbados
  • Pakistan
  • Senegal.

Berkunjung ke Pakistan adalah salah satu bucket list saya 🙂  Kredit: verywellhealth.com

Mengutip dari passportindex.org, keempat negara tersebut memberikan kemudahan bagi turis Indonesia untuk mengunjungi negaranya. Berikut adalah kebijakan visa dari masing-masing negara untuk wisatawan Indonesia:

  1. Barbados – Bebas visa 90 hari
  2. Nigeria – Pre Visa on arrival
  3. Pakistan – eVisa 90 hari
  4. Senegal – Visa on arrival 30 hari

Dengan ini, kekuatan paspor Indonesia berada di posisi 57, setara dengan paspor dari Papua New Guinea dan Botswana. Saya sedikit heran mengapa seiring dengan meningkatnya negara yang mempermudah kunjungan bagi wisatawan Indonesia, kekuatan paspor Indonesia dibanding paspor dari negara lain justru menurun.

Sebelumnya, paspor Indonesia berada pada ranking 55 namun sekarang turun kembali ke ranking 57. Saya rasa hal ini dikarenakan negara-negara lain juga memperoleh kemudahan untuk berwisata ke empat negara yang disebutkan.


Baca juga: Biaya Pengajuan Visa Schengen Naik Menjadi 80 Euro

Baca juga: Perlukah Anda Memiliki Asuransi Perjalanan?

Baca juga: Daftar Terbaru Negara Bebas Visa Bagi Pemegang Paspor Indonesia


Penutup

Dengan tambahan 4 negara ini, maka terdapat 77 81 negara yang menetapkan kebijakan bebas visa bagi wisatawan Indonesia. Secara pribadi, dari keempat negara tersebut, saya paling tertarik untuk mengunjungi Pakistan untuk panorama dan eksotisme-nya.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi negara bebas visa terbaru tersebut?