Saat sedang mencari ide untuk liburan singkat, saya menemukan promo business class KLM di rute Kuala Lumpur – Jakarta. Anda bisa terbang di produk business class long haul KLM mulai dari US $116 sekali jalan!

KLM merupakan satu dari segelintir maskapai yang melayani penerbangan fifth freedom ke Indonesia. Apa itu fifth freedom? Anda bisa membaca di artikel PinterPoin ini: Segala Hal Tentang Fifth Freedom Flights.

Untuk penerbangan selama 2 jam dari Kuala Lumpur ke Jakarta, saya menganggap jika business class KLM merupakan opsi ternyaman & terekonomis jika dibandingkan dengan maskapai lain. Bahkan, harga business class KLM di promo ini dihargai lebih murah ketimbang business class Malindo!

Manfaatkan fitur flat bed di business class KLM. Foto: Simple Flying.

Perbandingan harga & tipe pesawat dengan maskapai lain di rute yang sama:

  • KLM – Boeing 777 (US $116 sekali jalan)
  • Malindo – Boeing 737 (US $121 sekali jalan)
  • Malaysia Airlines – Boeing 737/Airbus A330 (US $164 sekali jalan)
  • Garuda Indonesia – Boeing 737 (US $410 sekali jalan)

KLM 777-300ER. Foto: The High Life.

KLM menawarkan kursi flat bed dengan konfigurasi 2-2-2. Kekurangan dari konfigurasi kursi business class ini adalah tidak setiap penumpang akan mendapatkan direct aisle access. Namun, untuk penerbangan selama 2 jam ke Jakarta, tentunya tidak akan menjadi masalah besar.

Ini adalah kesempatan emas bagi Anda untuk merasakan penerbangan di produk business class maskapai Eropa. Anda akan mendapatkan pelayanan atau fasilitas seperti berikut saat terbang di business class KLM:

  • Priority check in
  • Bisa menggunakan fasilitas Garuda Indonesia seperti lounge, check in
  • Kursi yang bisa dijadikan flat bed 180°
  • Makanan yang didesain oleh Chef Farah Quinn
  • Mendapatkan souvenir berupa KLM Delft Blue Houses
  • (Kemungkinan) Mendapatkan amenity kit Jan Taminiau
  • Tambahan bagasi

Anda akan mendapatkan souvenir kolektor berupa KLM Delft Blue Houses yang merupakan replika dari bangunan ikonik di Amsterdam. Foto: KLM.

Tanggal Penerbangan

Harga promo business class KLM bisa Anda temukan hingga bulan Mei 2020! Anda hanya tinggal mencari tanggal keberangakatan yang cocok untuk menikmati produk business class ini.

Harga non-promo untuk business class KLM di rute Jakarta – Kuala Lumpur umumnya berada di kisaran US $160 – 190 sekali jalan. Oleh karena itu, saya menganggap jika promo ini cukup atraktif dalam segi harga.

Harga termurah untuk keberangkatan dari Kuala Lumpur adalah US $116

Harga termurah untuk keberangkatan dari Jakarta adalah US $130

Namun, saya tidak menemukan informasi lebih detil kapan promo ini akan berakhir. Saya sarankan untuk menggunakan Google Flights untuk mencari penerbangan. Gunakan link ini untuk mempercepat pencarian.

Kredit Penerbangan

Sayangnya, meskipun KLM merupakan anggota SkyTeam bersamaan dengan Garuda Indonesia, Anda tidak bisa mengkreditkan penerbangan ini ke GarudaMiles karena tiket ini masuk dalam kategori deeply discounted ticket.

Tiket promo business class ini memiliki kode tarif booking “O” yang hanya bisa dikreditkan ke Flying Blue, frequent flyer program dari KLM & Air France. Anda akan mendapatkan 1 Flying Blue miles tiap €4 untuk anggota biasa.

Saya selalu menggunakan website Where to Credit untuk mengetahui kemana penerbangan saya harus dikreditkan.

Tertarikkah Anda untuk mencoba terbang di business class KLM?