Saya tidak tahu apakah fitur ini sudah ada sejak lama atau baru saja ditambahkan di DBS Indonesia, nampaknya Anda bisa menukarkan digibank mileage Anda dengan Qantas Points.

Konversi digibank mileage menjadi Qantas Points ini sendiri memiliki rasio yang sama dengan redemption partner yang sudah ada yaitu 1:1. Hanya saja, penukaran digibank mileage menjadi Qantas Points hanya bisa dilakukan melalui call center dan tidak bisa secara online.

(Terima kasih kepada pembaca Fredianto atas informasinya)

Qantas DBS Indonesia

Tidak ada pilihan menukarkan dengan Qantas Points di Apps Digibank sehingga Anda harus menukarkannya secara online.

Dengan ini, kartu kredit DBS menjadi kartu kredit kedua di Indonesia yang memiliki opsi penukaran poin menjadi Qantas Points selain kartu Citi Premier Miles.

Poin Qantas sendiri menurut tim PinterPoin kurang menarik untuk diakumulasi mengingat tidak ada sweet spot yang berarti pada program ini dan juga Qantas baru saja merombak program frequent flyer program-nya dengan sangat drastis.

The Qantas Hong Kong Lounge. Foto: PinterPoin.


Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Signature

Baca juga: Review Kartu Kredit DBS Travel Visa Platinum


Penambahan redemption partner ini tidak berpengaruh terhadap skor kartu kredit DBS secara keseluruhan karena PinterPoin memberikan skor yang sama untuk kartu kredit dengan 3 ~ 5 redemption partner.

Selain Qantas Points, Anda bisa menukarkan digibank mileage yang Anda kumpulkan dengan KrisFlyer Miles/GarudaMiles/Asia Miles.

Minimal penukaran yang disyaratkan oleh pihak DBS adalah kelipatan 5.000 miles yang mana berarti Anda harus bertransaksi sebesar 40 juta Rupiah (DBS Travel Visa Signature) atau 50 juta Rupiah (DBS Travel Visa Platinum) sebelum Anda bisa menukarkan poin Anda untuk airline miles.

Penutup

Qantas dan Cathay Pacific sama-sama merupakan maskapai yang tergabung dalam aliansi Oneworld. Hanya saja, saya secara pribadi lebih merekomendasikan mengumpulkan Asia Miles dibanding dengan Qantas Points untuk 3 alasan sebagai berikut:

  1. Asia Miles lebih sering mengadakan promo yang menarik untuk konversi poin kartu kredit menjadi mileage.
  2. Taxes & fees untuk award ticket Cathay Pacific lebih murah dibanding dengan taxes & fees untuk award ticket Qantas.
  3. Jaringan penerbangan Cathay Pacific lebih banyak di Indonesia dibanding dengan Qantas. Sebagai contoh, Cathay Pacific melayani rute Surabaya/Medan ke Hongkong sedangkan Qantas tidak.

Apa pendapat Anda mengenai konversi Digibank Mileage ke Qantas Points?