Kabar baik bagi Anda yang ingin berwisata murah meriah ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara; Citilink, maskapai LCC asal Indonesia baru saja membuka rute penerbangan baru dari Jakarta ke Kamboja.

Rute ini mulai dioperasikan per tanggal 21 Juni 2019 lalu dan akan terbang 3x seminggu menggunakan pesawat jenis Airbus A320.

Citilink akan melayani rute Jakarta – Phnom Penh 3x seminggu menggunakan pesawat A320. Kredit: Ikhwan Hidayat.

Mengutip dari travel.kompas, penerbangan ini akan dioperasikan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Pesawat Airbus A320 dari Citilink sendiri memiliki konfigurasi 3-3 dan memiliki 30 baris sehingga sekali jalan, pesawat ini akan mampu mengakomodir 180 orang. Berikut adalah jadwal penerbangan tersebut:

Jadwal Citilink Jakarta dan Phnom Penh
Rute No. Terbang Berangkat Tiba Frekuensi
CGK/ PNH QG-512 10:55 14:25 Senin, Rabu, Jumat
PNH/CGK QG-513 15:30 19:00 Senin, Rabu, Jumat

 

.

 

Promosi

Untuk periode pembelian tiket sampai dengan 14 Juli 2019 mendatang, Anda akan bisa memperoleh promo khusus dari Citilink untuk rute ini berupa free hot meals, ekstra miles dan kesempatan untuk upgrade status menjadi GarudaMiles Silver. Berikut kutipan promo tersebut yang saya ambil dari website Citilink:

Terbang dari Jakarta ke Kamboja (Phnom Penh) dan sebaliknya bisa dapat ekstra 200 Miles & kesempatan untuk upgrade keanggotaan menjadi GarudaMiles Silver

Dapatkan ekstra 200 Miles dan upgrade keanggotaan menjadi GarudaMiles Silver lebih mudah dengan membeli tiket penerbangan rute Jakarta – Kamboja (Phnom Penh) dan sebaliknya. Yuk, beli tiket Anda sekarang di mobile apps Citilink!

Syarat dan ketentuan Ekstra 200 Miles:

  1. Tanggal pembelian: Sekarang – 14 Juli 2019
  2. Tanggal penerbangan: 21 Juni 2019 – 31 Juli 2019
  3. Ekstra 200 Miles berlaku untuk pembelian tiket Citilink melalui website citilink.co.idmember.citilink.co.id; dan mobile app
  4. Berlaku untuk rute penerbangan: Jakarta ke Phnom Penh dan Phnom Penh ke Jakarta
  5. Hanya berlaku untuk tiket penerbangan kelas A, B, D, E, F, G, H, K, L, M, N, O, P, Q

Syarat dan ketentuan Upgrade GarudaMiles Silver:

  1. Tanggal pembelian: Sekarang – 23 Juni 2019
  2. Tanggal penerbangan: 21 Juni 2019 – 5 Juli 2019
  3. Upgrade menjadi GarudaMiles Silver berlaku untuk 5 (lima) pembeli pertama dengan pembelian tiket melalui mobile app
  4. Berlaku untuk rute penerbangan: Jakarta ke Phnom Penh dan Phnom Penh ke Jakarta
  5. Hanya berlaku untuk tiket penerbangan kelas A, B, D, E, F, G, H, K, L, M, N, O, P, Q
  6. Melakukan klaim mileage dari penerbangan Citilink paling lambat tanggal 5 Juli 2019

Penutup

Rute baru Citilink ini cukup menarik karena sepengetahuan saya, belum ada maskapai yang melayani penerbangan langsung Jakarta – Phnom Penh. Hanya saja, tim PinterPoin merasa bahwa harga tiket penerbangan untuk rute ini terlalu mahal.

Sejauh ini, harga tiket untuk penerbangan ini cukup konsisten yaitu 2.621.000 untuk penerbangan Jakarta – Phnom Penh dan 2.846.000 untuk penerbangan Phnom Penh – Jakarta. Dibandingkan dengan maskapai LCC lain seperti Malindo Air ataupun Air Asia, harga tiket ini tergolong mahal. 

Tiket PP untuk rute ini adalah 5,4 Juta-an, tergolong mahal untuk penerbangan medium-haul menggunakan LCC.

Sebagai perbandingan, saya berhasil menemukan tiket di Malindo Air seharga 3,3 juta Rupiah untuk penerbangan PP Jakarta – Phnom Penh (termasuk bagasi) walaupun harus transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur. Untuk AirAsia, harga tiketnya berkisar 3 juta-an namun belum termasuk bagasi dan Anda juga harus transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur.

Apakah Anda tertarik untuk terbang ke Kamboja dengan Citilink?