Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit DBS Travel Visa Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit DBS Travel Visa Platinum adalah kartu kredit mid-tier dari bank DBS Indonesia yang secara khusus ditujukan untuk para traveler. Kartu ini merupakan kartu kredit yang cukup fleksibel dalam mengumpulkan poin/miles mengingat kartu ini memiliki 3 partner maskapai, yakni Garuda Indonesia (GA), Singapore Airlines (SQ), dan Cathay Pacific (CX).

Kabarnya, kartu ini kedepannya akan bekerjasama dengan 1 partner maskapai lagi yaitu Qantas (QF). Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh digibank mileage yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif digibank mileage menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 1 digibank mileage = 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles

Wajib diketahui jika kartu kredit ini memiliki rasio perolehan poin/miles yang berbeda untuk pengeluaran di dalam dan luar negeri.

  • Pengeluaran di dalam negeri: Rp 10.000 = 1 digibank mileage
  • Pengeluaran di luar negeri: Rp 8.000 = 1 digibank mileage

Kartu ini juga dilengkapi dengan welcome bonus sebesar 7.500 digibank mileage atau setara dengan 7.500 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles setelah pemakaian kartu sebesar 10.000.000 Rupiah dalam 2 bulan setelah kartu disetujui. Apabila selama 2 bulan transaksi Anda berada di bawah nominal tersebut, maka Anda hanya akan mendapat welcome bonus sebesar 2.000 digibank mileage.

Apabila limit kartu kredit ini telah mencapai 30 juta, Anda bisa mengajukan permohonan upgrade kartu menjadi DBS Travel Visa Signature yang mana memiliki earning rate dan airport perks yang lebih baik.


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 10.000. Nilai yang didapat adalah 2.

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi setara Rp 8.000. Nilai yang didapat adalah 2.

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Dapatkan total 7.500 digibank mileage atau setara dengan 7.500 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles setelah pemakaian kartu sebesar Rp 10.000.000 dalam periode 2 bulan setelah kartu disetujui.

Nilai: 1

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 3 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama Travel Fair (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Gratis 1 minuman di Starbucks bandara di Indonesia selama spending pada billing statement sebelumnya mencapai Rp 5.000.000.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 750.000 per tahunnya dan kemungkinan besar bisa di waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan 20.000 digibank mileage untuk menghapuskan iuran tahunan Anda.

Namun, saya sarankan untuk menelpon call center DBS untuk meminta penghapusan iuran tahunan secara gratis karena saya berhasil melakukan hal tersebut sebelumnya. Sistem yang digunakan untuk penghapusan iuran tahunan adalah reimbursement

Nilai: 0.8

Total Nilai: 5.3 / 10

“Kartu kredit mid-tier dari Bank DBS Indonesia yang memiliki earning rate, welcome bonus, dan konvertibilitas yang cukup baik untuk kartu di kelasnya.”

 

Penutup

Kartu kredit DBS Travel Platinum adalah salah salah satu kartu kredit mid-tier terbaik di Indonesia. Apabila Anda masih belum memiliki ‘cukup limit’ untuk mengajukan kartu kredit top-tier, maka tidak ada salahnya Anda mengumpulkan airline miles di kartu ini terlebih dahulu sebelum mengajukan kartu kredit top-tier dengan earning rate yang lebih bagus.

Satu hal yang saya sukai dari kartu kredit ini adalah sifatnya yang all-rounder yang mana jika Anda mencari kartu kredit yang bagus dari berbagai aspek, maka kartu kredit DBS Travel Visa Platinum ini layak Anda pertimbangkan untuk miliki.

Bagaimana pendapat Anda tentang kartu kredit Mid-Tier dari DBS ini?