ALK AIrlines Boeing 737. Kredit foto AviationVoice

Sebuah maskapai Bulgaria, ALK Airlines terkena turbulensi parah kemarin tanggal 16 Juni 2019. Dilansir dari Dailymail, penerbangan dari Pristina ke Basel menjadi perjalanan yang menyeramkan bagi para penumpangnya.

Penerbangan dengan kode penerbangan VBB-7205 yang hanya memakan waktu lebih kurang 2 jam ini dilaporkan terkena turbulensi parah. Seorang penumpang sempat menggunakan telepon genggam nya untuk merekam video keadaan di dalam pesawat pada saat turbulensi.

Berikut video yang diambil oleh seorang penumpang yang bernama Mirjeta Basha:

Rekaman video memperlihatkan keadaan turbulensi yang mengakibatkan keadaan di dalam pesawat tergoncang parah. Terdengar juga jeritan dari para penumpang dan salah satu penumpang terlihat sedang berdoa.

Mirjeta Basha mengatakan beberapa penumpang menjerit dan menangis, troli yang dibawa oleh awak kabin menghantam langit-langit kabin dan air panas tumpah di atas penumpang yang lain.

Suami dari Basha terkena luka bakar akibat tersiram air panas dan menjadi salah satu dari 10 orang yang dilarikan ke rumah sakit setelah dilakukan pendaratan di bandara Basel. Basha juga mengatakan awak kabin sangat profesional dalam menghadapi keadaan tersebut dengan menyuruh penumpang agar tidak takut karena turbulensi akan segera terlewati.

Mobil ambulans di bandara Basel. Kredit: Dailymail

Penutup

Rata-rata penumpang pesawat (termasuk saya) tidak nyaman atau takut dengan turbulensi. Namun, menurut beberapa sumber, turbulensi merupakan hal yang normal terjadi dalam suatu penerbangan dan tidak berbahaya bagi keselamatan pesawat.

Pesawat telah dirancang sedemikian rupa untuk menahan tekanan angin dan kemungkinan sayap pesawat rusak dalam turbulensi sangatlah kecil. Inilah mengapa para pilot dan awak kabin bisa tetap tenang jika terjadi turbulensi.

Apakah Anda pernah mengalami turbulensi yang parah di perjalanan Anda?