Saat ini sedang viral di berita dan media sosial tentang maskapai asal Taiwan, China Airlines, yang melayani rute penerbangan domestik Jakarta – Makassar. Namun, benarkah berita tersebut?

China Airlines Jakarta Makassar

Screen shot penerbangan China Airlines yang viral di media sosial dan beberapa berita online.

Banyak pihak yang mengaitkan rumor ini dengan kenaikan harga tiket yang sedang melanda saat ini. Namun, saya sarankan Anda jangan terlalu cepat untuk mempercayai berita atau informasi di media sosial tanpa mengecek lebih lanjut.

Biar saya klarifikasi jika China Airlines tidak melayani penerbangan rute Jakarta – Makassar dan tidak akan diizinkan oleh pemerintah karena akan mengganggu persaingan pasar penerbangan domestik.

Jadi bagaiman mungkin China Airlines bisa menjual tiket penerbangan domestik Jakarta – Makassar? Jawabannya adalah:

Codeshare Flight

Codeshare flight adalah kerja sama antar maskapai yang tujuan utamanya adalah memperluas jaringan rute penerbangan. Contohnya adalah penerbangan China Airlines / Garuda Indonesia yang sedang viral ini.

Penerbangan rute Jakarta – Makassar tersebut menggunakan nomor penerbangan China Airlines, namun penerbangan aslinya dilayani oleh Garuda Indonesia menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

China Airlines hanya memiliki hak mengoperasikan penerbangan Taipei – Jakarta dan sebaliknya. Namun, bagi pelanggan China Airlines yang ingin mengunjungi Makassar, maka China Airlines harus mengandalkan jaringan penerbangan domestik yang dimiliki oleh rekanannya, dalam kasus ini adalah Garuda Indonesia.

Perjanjian tersebut memungkinkan pelanggan China Airlines untuk bisa dengan mudah membeli tiket penerbangan dari Taipei – Jakarta – Makassar dalam 1 itinerary.

China Airlines Jakarta Makassar

Foto: Ikhwan Hidayat.

SkyTeam

Garuda Indonesia dan China Airlines tergabung pada aliansi maskapai bernama SkyTeam. Adapun anggota SkyTeam adalah sebagai berikut:

Jadi tidak hanya China Airlines, tetapi maskapai-maskapai lain juga menjalin kerja sama codeshare dengan Garuda Indonesia. Bahkan, maskapai non-SkyTeam seperti ANA, Etihad, Singapore Airlines juga menjalin codeshare agreement dengan Garuda Indonesia.

Contoh jika Anda ingin terbang ke Los Angeles dengan Garuda Indonesia, maka biasanya Anda akan dihadapkan dengan pilihan penerbangan seperti ini:

  • Jakarta – Seoul dengan Garuda Indonesia
  • Seoul – Los Angeles dengan Korean Air

Atau di rute Jakarta – Paris:

  • Jakarta – Amsterdam dengan Garuda Indonesia
  • Amsterdam – Paris dengan KLM

Baca juga: Garuda Indonesia & Singapore Airlines Memperluas Kerja Sama Codeshare, Apa Artinya?


Penutup

Codeshare agreement adalah perjanjian yang semakin meluas di dunia penerbangan komersial. Dengan adanya perjanjian ini, pelanggan suatu maskapai bisa menjangkau hampir setiap kota besar ataupun kecil di seluruh dunia.

Informasi yang saat ini sedang viral tentunya merupakan informasi yang tidak benar. Jangan terlalu cepat percaya pada suatu berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat & menjawab ketidakpastian rumor yang ada 🙂 .

Apakah Anda sempat mendengar informasi yang sedang viral ini?