Royal Brunei Airlines merupakan maskapai full service milik negara Brunei Darussalam. Maskapai ini memang tidak sepopuler maskapai full service lainnya seperti Garuda Indonesia, Singapore Airlines dan Malaysia Airlines. Namun, jika Anda ingin bepergian ke negara lain terutama negara-negara di Asia, Anda boleh memasukkan Royal Brunei Airlines ke dalam pilihan Anda.

Royal Brunei Airlines menggunakan Boeing tipe B787 dreamliner untuk rute London dan Dubai. Kredit Foto: Royal Brunei Airlines.

Destinasi Royal Brunei Airlines

Seperti halnya dengan Garuda Indonesia, Royal Brunei Airlines hanya terbang ke 3 benua yaitu Asia, Australia dan Eropa. Berikut destinasi lengkap penerbangan Royal Brunei Airlines:

  • Asia Tenggara: Bandar Seri Begawan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Kuching, Singapura, Ho Chi Minh, Bangkok dan Manila.
  • Asia Timur: Tokyo, Seoul, Shanghai, Hong Kong, Changsa, Haikou, Hangzhou, Nanning, Zhengzhou dan Taipei.
  • Timur Tengah: Dubai.
  • Australia: Melbourne dan Brisbane (dimulai Juli 2019).
  • Eropa: London.

Peta destinasi Royal Brunei Airlines.

Royal Brunei Airlines melayani 6 penerbangan setiap minggu nya ke Jakarta dengan jadwal sebagai berikut:

  • Jakarta – Bandar Seri Begawan BI735 (Setiap hari Rabu, Kamis, Jumat dan Minggu) berangkat pukul 11:00 dan tiba pukul 12:20.
  • Jakarta – Bandar Seri Begawan BI737 (Setiap hari Selasa dan Sabtu) berangkat pukul 00:30 dan tiba pukul 01:50.
  • Bandar Seri Begawan – Jakarta BI736 (Setiap hari Rabu, Kamis, Jumat dan Minggu) berangkat pukul 13:10 dan tiba pukul 16:30.
  • Bandar Seri Begawan – Jakarta BI738 (Setiap hari Selasa dan Sabtu) berangkat pukul 06:15 dan tiba pukul 09:45.

Royal Brunei Airlines juga melayani 7 kali penerbangan setiap minggu nya ke Surabaya dan Denpasar dengan jadwal sebagai berikut:

  • Surabaya – Bandar Seri Begawan BI796 (setiap hari) berangkat pukul 06:15 dan tiba pukul 09:30.
  • Bandar Seri Begawan – Surabaya BI795 (setiap hari) berangkat ukul 19:35 dan tiba pukul 20:45.
  • Denpasar – Bandar Seri Begawan BI758 (setiap hari) berangkat pukul 07:10 dan tiba pukul 09:35.
  • Bandar Seri Begawan – Denpasar BI757 (setiap hari) berangkat pukul 21:15 dan tiba pukul 23:35.

Pesawat A320neo Royal Brunei Airlines. Kredit Foto: A. Doumenjou | Airbus.

Harga tiket

Meskipun tidak semurah tiket penerbangan maskapai tarif rendah (Low Cost Airlines), Royal Brunei Airlines menawarkan harga yang cukup menarik. Saya telah mencoba mencari tahu kira-kira berapa harga tiket penerbangan ke beberapa rute:

  • Dari Jakarta, Surabaya dan Denpasar ke Bangkok dan Ho Chi Minh sekitar Rp. 3 – 3,5 juta.
  • Dari Jakarta, Surabaya dan Denpasar ke Hong Kong dan Taipei sekitar Rp. 4-5 juta
  • Dari Jakarta, Surabaya dan Denpasar ke Tokyo, Seoul dan Melbourne sekitar Rp. 5-6 juta.
  • Dari Jakarta, Surabaya dan Denpasar ke Dubai sekitar Rp. 7 juta.
  • Dari Jakarta, Surabaya dan Denpasar ke London sekitar Rp. 11 juta.

Harga di atas merupakan harga normal (non promosi). Ada kemungkinan harga akan menjadi lebih murah jika Royal Brunei Airlines memberikan promosi. Jika Anda menggunakan Royal Brunei Airlines, saya sarankan untuk meluangkan 1-2 hari untuk transit di Bandar Seri Begawan. Masyarakat Indonesia tidak memerlukan visa untuk memasuki Brunei Darussalam.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Bandar Seri Begawan. Kredit Foto: Republika.

Fasilitas

Karena Royal Brunei Airlines merupakan maskapai full service, harga tiket sudah termasuk bagasi dan makanan di dalam pesawat. Royal Brunei Airlines memberikan bagasi gratis sebesar 30 kg untuk penumpang economy class dan 40 kg untuk penumpang business class.

Penumpang Royal Brunei Airlines juga bisa mengumpulkan miles yang dinamakan Royal Skies Miles. Untuk pendaftaran keanggotan Royal Skies, Anda bisa klik disini.

Perbedaan kelas kabin. Via Royal Brunei Airlines.

Selain itu, penumpang juga bisa menikmati streaming film di dalam pesawat. Jika di dalam pesawat tidak tersedia layar In Flight Entertainment (IFE), Anda bisa menggunakan gadget pribadi Anda untuk streaming film.

Royal Brunei Airlines sekarang ini mengoperasikan pesawat berbadan lebar Boeing tipe B787 Dreamliner ke rute London dan Dubai. Selain kedua rute tersebut, penerbangan dioperasikan oleh pesawat berbadan kecil Airbus tipe A320.

Kabin economy class armada A320 Royal Brunei Airlines. Kredit Foto: Antony Richards | Jetphotos.

Kursi business class armada B787 Dreamliner Royal Brunei Airlines. Kredit Foto: One Mile at a Time.

Penutup

Maskapai di dunia terbagi menjadi 2 yaitu maskapai tarif rendah (LCC) dan full service. Anda bisa memilih jenis maskapai yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Dengan status sebagai maskapai full service, menurut saya Royal Brunei Airlines memberikan harga yang tidak begitu mahal. Namun sayangnya untuk pengumpulan miles, Royal Brunei Airlines masih belum bergabung dengan aliansi penerbangan manapun dan belum memiliki partner airlines.

Apakah Anda pernah mencoba pelayanan Royal Brunei Airlines? Ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah.