Meskipun saya mempunyai waktu transit yang bagi kebanyakan orang tidak mengenakkan (tiba di Muscat jam 8 malam, terbang esok hari jam 2 siang) namun saya tidak memasalahkannya karena mengetahui saya bisa mengakses Primeclass Lounge menggunakan Priority Pass.

Sebelum Anda membaca lebih lanjut, biar saya tegaskan bahwa Primeclass Lounge adalah lounge Priority Pass TERBAIK di dunia yang pernah saya kunjungi. Bahkan, lounge ini saya anggap lebih baik ketimbang kebanyakan lounge maskapai-maskapai besar dunia!

Penting untuk Anda ketahui jika pengguna Priority Pass hanya akan mendapatkan 3 jam akses di lounge ini per 1x swipe kartu. Alhasil, saya menggunakan 4x akses yang berarti 12 jam waktu penggunaan lounge.

Bandara Muscat. Foto: PinterPoin.

Bahkan, bandara Muscat memenangkan penghargaan The World’s Leading New Airport 2018 yang diberikan saat Annual World Travel Awards ke 25, well deserved!


Flight Review: Oman Air Economy Class B787-9 Jakarta – Muscat

Lounge Review: Primeclass Lounge Muscat International Airport

FOTO: Impresi Mengunjungi Muscat, Oman Dalam 1 Hari

Flight Review: Oman Air Economy Class B737-8 Muscat – Moscow, Business Class on a Budget

Lounge Review: SAS Lounge Copenhagen Airport

Flight Review: Austrian “Europe” Business Class A319-100 Copenhagen – Vienna

Flight Review: Turkish Airlines Business Class A330-300 Vienna – Istanbul (New Airport)

Lounge Review: Turkish Airlines Lounge New Istanbul Airport

Flight Review: Singapore Airlines Business Class 777-200ER Istanbul – Singapore

Lounge Review: Singapore Airlines SilverKris Lounge Terminal 3 Changi Airport

Lounge Review: Singapore Airlines SilverKris Lounge Terminal 2 Changi Airport

Flight Review: Singapore Airlines Business Class A350-900R Singapore – Jakarta


Setelah menempuh penerbangan selama hampir 8 jam dari Jakarta, akhirnya saya menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Muscat, Oman.

Saya cukup kagum dengan penampakan bandara internasional Muscat yang menurut saya nampak modern, elegan, dan tidak terasa seperti “airport masif” seperti Dubai.

Lokasi Lounge

Lounge ini terletak di lantai 5 berdekatan dengan lounge Oman Air & Aerotel. Anda hanya perlu menaiki lift mengikuti papan penunjuk arah ke lounge & transit hotel seperti foto berikut:

Penampakan pintu masuk dari Primeclass Lounge Muscat. Foto: PinterPoin.

Setelah menaiki lift, Anda akan melihat Aerotel di tengah & Anda hanya perlu belok ke kiri untuk menemukan lounge ini dengan mudah.

Resepsionis lounge. Foto: PinterPoin.

Foto Sultan Qaboos bin Said al Said yang terpajang megah setelah memasuki lounge. Foto: PinterPoin.

Area Tempat Duduk

Anda tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat duduk di lounge ini. Terdapat beberapa area tempat duduk yang luas dan sanggup menampung ratusan orang sekaligus.

Dekorasi dari lounge ini juga sangat atraktif dengan gaya Arabic yang stylish. Suasana lounge juga terasa lapang dan rileks akibat langit-langit yang tinggi.

Dekorasi bergaya Arabic.

Fasilitas Lounge

Lounge ini sangat memanjakan pengunjung berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat fasilitas-fasilitas unik seperti:

  • 8 bed room gratis
  • Loker
  • Cinema room
  • Shower room
  • Arena bermain anak
  • Meja billiard
  • Game station dengan PlayStation 4
  • Kursi pijat
  • Public nap area

Loker untuk menyimpan tas. Foto: PinterPoin.

Anda juga bisa menggunakan PlayStation 4 yang disediakan gratis. Foto: PinterPoin.

Anda juga bisa menggunakan PlayStation 4 yang disediakan gratis. Foto: PinterPoin.

Complimentary Bed Room

Daya tarik terbesar dari lounge ini bagi saya adalah 8 buah kamar ala hotel yang bisa digunakan gratis!

Hitung-hitung saya telah menghemat uang hotel 1 malam di Muscat dengan adanya fasilitas kamar tidur privat ala hotel seperti ini. Sejauh saya mengingat, hanya beberapa lounge di dunia yang menawarkan fasilitas serupa, yaitu:

  • SWISS First Class lounge di Zurich
  • Qatar Airways First Class lounge di Doha
  • Lufthansa First Class lounge di Frankfurt & Munich

Ketiganya merupakan lounge first class, itulah mengapa saya sangat kagum dengan fasilitas Primeclass Lounge ini.

Pintu kamar. Foto: PinterPoin.

Saya mendapatkan kamar 107. Foto: PinterPoin.

Pemandangan dari kamar yang menghadap ke landasan pacu. Foto: PinterPoin.

Dikarenakan sudah terdapat kamar mandi di tiap kamar, saya benar-benar merasa seperti di dalam hotel. Saya tidak harus menggunakan fasilitas shower room umum yang terdapat di lounge.

Makan

Makanan tersebar di beberapa area yang bisa ditemukan dengan mudah oleh pengunjung lounge. Sajian makanan akan berbeda-beda mengikuti jam waktu sarapan, makan siang dan makan malam.

Makanan di lounge ini juga cukup menarik bagi anak-anak dengan adanya sajian seperti chicken nuggets, pasta, dan sosis. Berikut foto-fotonya:

Akses ke Lounge

Lounge ini digunakan oleh seluruh maskapai selain Oman Air dan pemegang kartu keanggotaan seperti Priority Pass, Lounge Key, kartu kredit, dsb. Lihat di foto berikut:

Akses masuk ke Primeclass Lounge Muscat, Oman. Foto: PinterPoin.

Sayangnya, jika Anda menggunakan Priority Pass seperti saya, akses lounge hanya diberikan selama 3 jam per 1x swipe kartu. Jika Anda berencana untuk menghabiskan 1 malam, maka Anda akan perlu menghabiskan 3-4 jatah Priority Pass.

Saya menggunakan keanggotaan Priority Pass yang bisa didapat dari kartu kredit seperti:

Jika Anda tidak memiliki kartu kredit yang memberikan fasilitas keanggotaan Priority Pass, Anda bisa membeli keanggotaannya dengan biaya sebagai berikut:

Penutup

Primeclass Lounge di Muscat, Oman adalah lounge Priority Pass terbaik di dunia bagi saya. Dari kunjungan-kunjungan yang saya lakukan selama ini, tidak ada lounge Priority Pass lain yang bisa menyamai level dari lounge ini.

Makanan yang lezat, kamar tidur gratis, fasilitas di lounge yang beragam & menghibur menjadi daya tarik besar dari lounge ini. Saya berharap agar lounge ini tetap mempertahankan pelayanan dan kualitas kedepannya seiring dengan semakin ramainya bandara Muscat, Oman.

Jika Anda berkesempatan untuk transit di Muscat, Oman, maka saya sangat menyarankan Anda untuk mencoba mengunjungi lounge ini.

Bagaimana pendapat Anda tentang Primeclass Lounge di bandara Muscat, Oman?