Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit UOB Preferred Platinum menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Kartu kredit UOB Preferred Platinum adalah kartu mid-tier dari bank UOB Indonesia yang dikhususkan untuk traveler aktif. Kartu ini memiliki saudara/i berupa kartu kredit UOB Lady’s Card yang ditujukan untuk segmen perempuan dan kartu kredit UOB One yang ditujukan untuk segmen keluarga.

Walaupun memiliki earning rate yang buruk untuk kategori kartu kredit traveling mid-tier, kartu ini memiliki konvertibilitas yang baik terlihat dari kerjasama dengan 4 maskapai untuk penukaran poin-nya. Kepemilikan kartu kredit ini juga akan mempermudah Anda dalam memperoleh salah satu kartu kredit terbaik di Indonesia yaitu UOB PRVI Miles.

Setiap transaksi 1.000 Rupiah menggunakan kartu kredit ini, Anda akan memperoleh 1 point reward yang bisa dikonversikan menjadi airline miles. Rasio penukaran efektif UOB Preferred Platinum menjadi airline miles adalah sebagai berikut:

  • 45 point reward = 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles atau 1,5 AirAsia BIG Points

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini memiliki rasio perolehan point reward yang berbeda untuk pengeluaran pada kategori restoran, fashion, department store, dan transaksi yang dibukukan dalam mata uang asing.

  • Pengeluaran selain pada kategori restoran, fashion, department store, dan transaksi dalam mata uang asing: Rp 1.000 = 1 point reward
  • Pengeluaran kategori restoran, fashion, department store, dan transaksi dalam mata uang asing: Rp. 1.000 = 3 point reward

Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Anda bisa mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi dalam negeri sebesar Rp 45.000. Nilai yang didapat adalah 0.5

Sedangkan untuk pengeluaran di luar negeri, Anda akan mendapatkan 1 GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles setiap melakukan transaksi di dalam negeri sebesar Rp 15.000. Nilai yang didapat adalah 1.5.

Nilai: 1

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Tidak ada welcome bonus

Nilai: 0

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Kartu ini memiliki 4 transfer partner, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan AirAsia.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Tidak ada.

Nilai: 0

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Iuran tahunan sebesar Rp 750.000 per tahunnya dan kemungkinan besar bisa di waive jika Anda mencapai spending dalam jumlah tertentu.

Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan 30.000 point reward untuk menghapuskan iuran tahunan Anda.

Namun, saya sarankan untuk menelpon call center UOB untuk meminta penghapusan iuran tahunan secara gratis karena saya berhasil melakukan hal tersebut sebelumnya.

Nilai: 0.8

Total Nilai: 2.8 / 10

“Kartu kredit mid-tier dengan earning rate yang sangat buruk dan tidak dilengkapi dengan fasilitas apapun namun memiliki konvertibilitas yang cukup baik.”

Penutup

Kalau boleh jujur, kartu kredit UOB Preferred Platinum adalah kartu kredit yang sangat kurang menarik dibanding kartu kredit traveling mid-tier lainnya seperti BNI Garuda Visa Platinum, BCA Singapore Airlines Visa Signature, ataupun DBS Travel Visa Platinum. Kecuali untuk konvertibilitas, kartu kredit ini kalah telak di hampir seluruh aspek.

Jika ada satu alasan memiliki kartu kredit ini, alasan tersebut pastinya adalah Anda akan lebih mudah memperoleh kartu kredit UOB PRVI Miles. Begitu kartu ini ‘berevolusi’ (baca: naik limit dan kartu tersebut disetujui untuk diganti tipe-nya), maka Anda akan memiliki salah satu kartu kredit terbaik di Indonesia dengan earning rate yang kompetitif, promo yang berjibun, dan konvertibilitas serta welcome bonus yang cukup menarik.

Bagaimana pendapat Anda mengenai kartu kredit traveling mid-tier dari UOB ini?