Di lansir dari Australian Business Traveller (AusBT), Singapore Airlines akan mengambil langkah besar dengan mengubah seluruh kursi business class menjadi flatbed mulai tahun 2020. Yang artinya, seluruh penerbangan sependek apapun seperti Singapura – Kuala Lumpur akan bisa menikmati kursi flatbed.

Singapore Airlines merupakan salah satu maskapai Asia yang kualitas pelayanannya telah di akui oleh seluruh dunia. Beberapa tahun ini, Singapore Airlines mendapatkan penghargaan sebagai maskapai terbaik dunia oleh Skytrax dan TripAdvisor. Bukan hanya itu, tahun ini Singapore Airlines juga menggeser Air New Zealand yang telah menempati peringkat pertama selama 5 tahun berturut-turut sebagai maskapai terbaik di dunia versi Airlineratings.com.

Kursi flatbed business class di armada B787-10

CEO Singapore Airlines Goh Choon Phong dengan bangga mengatakan kepada AusBT bahwa Singapore Airlines akan memiliki kursi flatbed di seluruh penerbangan bahkan di pesawat berbadan kecil. Singapore Airlines saat ini memang tidak memiliki pesawat berbadan kecil seperti Boeing 737 dan Airbus 320. Namun, tahun ini Silk Air akan bersatu dengan Singapore Airlines dan dengan otomatis Singapore Airlines akan memiliki pesawat berbadan kecil.

Goh Choon Phong mengatakan pesawat berbadan kecil lama milik Silk Air akan di pindahkan ke Scoot dan pesawat baru akan di berikan kepada Singapore Airlines. Hal ini di lakukan agar penginstalasian kursi flatbed akan lebih mudah di lakukan.

SilkAir akan digabungkan dengan Singapore Airlines dalam beberapa tahun kedepan. Kredit Gambar: The Straits Times.

Armada Singapore Airlines

Singapore Airlines memang secara berkala selalu mengganti pesawat yang lama dengan pesawat yang baru. Sekarang, kursi flatbed sudah terinstalasi di armada A350 dan A380, B777-300ER dan B787. Singapore Airlines berencana akan mengganti armada lainnya seperti A330, B777-200, B777-200ER dan B777-300 dengan armada A350 dan B787 agar seluruh armada memiliki kursi flatbed.

Goh Choon Phong menyebutkan bahwa untuk melakukan mengganti seluruh kursi business class ini, Singapore Airlines telah menyiapkan 100juta SGD atau setara dengan 1 triliun rupiah.

Rute ke Indonesia

Singapore Airlines dan Silk Air saat ini memiliki rute ke beberapa kota di Indonesia dan sebagian besar penerbangan tersebut dioperasikan oleh Silk Air dengan pesawat berbadan kecil. Silk Air memiliki rute ke Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, Manado, Balikpapan, Medan, Denpasar dan Lombok. Sedangkan Singapore Airlines hanya mengoperasikan armada nya ke 3 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya dan Denpasar.

Rute penerbangan Singapore Airlines dan Silk Air di Asia Tenggara. Via Singapore Airlines

Penutup

Dengan perubahan ini, Singapore Airlines akan menjadi satu-satu nya maskapai di dunia yang menggunakan kursi flatbed di seluruh armada nya. Dan saya yakin maskapai lain akan lebih susah untuk menggeser Singapore Airlines dari predikat maskapai terbaik dunia.

Singapore Airlines juga setiap bulannya selalu mengadakan Krisflyer Spontaneous Escapes dimana Anda bisa meredeem penerbangan award dengan harga yang lebih murah. Kedepannya, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk meredeem business class dengan kursi flatbed bahkan untuk penerbangan yang singkat.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai perubahan yang akan di lakukan oleh Singapore Airlines kali ini?