Hilton Honors merupakan satu dari 3 loyalty program hotel selain IHG Rewards Club & Marriott Bonvoy yang saya gunakan secara reguler.

Bagi saya, Hilton cukup generous dalam memberikan benefit untuk anggota elitnya. Anda bisa membaca ulasan saya menginap di Conrad Bali dengan status Diamond pada program Hilton Honors disini.

Menariknya, poin Hilton Honors sendiri tergolong mudah untuk dikumpulkan, baik melalui menginap atau dengan membeli poin dengan bonus. Jika Anda tertarik dalam mendapatkan poin Hilton dalam jumlah besar secara instan, maka jangan lewatkan promo bonus 100% yang akan berakhir 4 hari lagi:

Hingga 28 Mei 2019 (waktu Amerika), Anda akan mendapatkan bonus 100% pembelian poin Hilton. Promo ini secara historis merupakan yang terbaik yang bisa Anda temukan pada program Hilton.

Kali ini, Anda hanya perlu membeli minimal sebanyak 5.000 poin Hilton untuk ‘mengaktifkan’ bonus 100% poin Hilton.

Perlu diperhatikan bahwa Hilton menerapkan batasan membeli poin sebesar 80.000 poin (+80.000 bonus) per akun per tahunnya.

Apabila Anda berencana untuk membeli lebih dari jumlah maksimum yang ditentukan, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan akun orang lain lalu transfer poin tersebut ke akun Anda tanpa dipungut biaya.

Anda bisa membeli maksimal 80.000 + 80.000 poin Hilton per 1 akun. Namun bisa Anda akali dengan membeli menggunakan akun lain & mentransfer poin tersebut ke akun Anda tanpa biaya.

Apakah Menguntungkan Membeli Poin Hilton?

Saya pribadi memvaluasi poin Hilton sebesar Rp 90 / 1 poin. Angka tersebut adalah harga maksimal yang akan saya bayar untuk membeli 1 poin Hilton. Lihat valuasi poin & miles terkini PinterPoin di artikel ini.

Mengikuti kurs rata-rata USD hari ini sebesar Rp 14.395 (Sabtu, 25 Mei 2019), maka Anda akan mendapatkan 1 poin Hilton dengan harga kurang lebih Rp 72 per 1 poin (jika Anda membeli setidaknya 5.000 poin untuk mendapatkan bonus 100%).

Namun, nilai sesungguhnya yang akan Anda dapatkan tentunya berasal dari penukaran poin yang Anda lakukan. Anda bisa saja membuat valuasi poin Hilton Anda menjadi Rp 300 / 1 poin atau bahkan Rp 700 / 1 poin.

Conrad Bali adalah surga bagi member elite Hilton Honors.

Sweet Spot

Masih mengacu pada artikel promo bonus 100% poin Hilton sebelumnya, saya masih menganggap Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport sebagai sweet spot yang menarik pada program Hilton. Anda bisa memadukan manfaat 5th Night Free* dari Hilton untuk semakin mempermanis sweet spot ini.

Hanya dengan 20.000 poin (seharga US $100), Anda bisa menginap selama 5 malam di Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport!

Selain itu, Anda bisa menghemat jutaan hingga puluhan juta jika memanfaatkan promo ini untuk menginap di hotel-hotel high end Hilton seperti Conrad Bora-bora, Conrad Maldives, Waldorf Astoria, dst.

Lihat contoh perbandingan harga Conrad Bora-bora berikut:

Kamar di Conrad Bora-bora bisa Anda tebus per malamnya seharga US $705 sebelum pajak atau dengan 80.000 poin Hilton.

Anda bisa menginap 5 malam (4 malam + 1 night free*) dengan 320.000 poin Hilton yang bisa Anda beli dengan harga US $1.600.

Sedangkan jika harus membayar dengan uang, Anda harus membayar setidaknya US $4.000+.

Dengan membeli & menggunakan poin Hilton, Anda akan menghemat sebesar US $2.400 atau Rp 34.000.000 untuk menginap 5 malam di Conrad Bora-bora. Steal!

*Sekilas Tentang 5th Night Free Hilton Honors

Untuk dapat memanfaatkan program ini, Anda harus setidaknya memiliki status Silver Hilton.

Cara perhitungannya adalah Hilton akan merata-rata jumlah poin yang dibutuhkan untuk menginap 5 malam, lalu hasilnya akan dikurangkan pada total poin yang seharusnya Anda bayarkan.

Untuk lebih lengkap tentang skema perhitungannya, kunjungi link resmi dari Hilton ini.

Anda hanya bisa mendapatkan maksimal 4 “free nights” pada 1 stay yang sama. Simpelnya, pastikan Anda membooking maksimal 20 malam pada 1 stay yang sama untuk memaksimalkan program 5th Night Free.

Untuk mengakalinya, Anda bisa check out pada malam ke 20 dan kemudian check in kembali pada malam ke 22 (lengkah 1 hari, maka akan terhitung sebagai stay yang baru).

Penutup

Membeli poin atau miles saat sedang diadakan promo memang bisa menguntungkan. Promo poin Hilton seperti ini bisa dibilang cukup sering dilakukan dan dapat menghadirkan valuasi yang luar biasa baik jika dimanfaatkan dengan benar.

Menurut saya, masih banyak sekali orang yang masih menganggap remeh atau tidak menyadari potensi yang bisa dihadirkan dari memahami dunia poin dan miles. PinterPoin lahir karena saya bercita-cita untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang betapa penting & menguntungkannya memanfaatkan loyalty program.

Tertarikkah Anda untuk membeli poin Hilton dengan bonus 100%?