Pada kunjungan singkat & mendadak ke Singapore hari Sabtu kemarin, saya berkesempatan untuk mengakses dnata Lounge di terminal 3 Changi meskipun terbang dengan low-cost carrier Jetstar. Akses tersebut saya dapatkan menggunakan kartu Priority Pass.

dnata Lounge di terminal 3 pernah memenangkan penghargaan lounge kontrak terbaik dunia tahun 2015 versi SkyTrax. Karena belum pernah mengakses lounge ini sebelumnya dan didasari dengan rasa penasaran, maka saya memutuskan untuk menyempatkan diri ke lounge ini.

Lokasi Lounge

Lounge ini terletak berdekatan dengan SATS Premier Lounge Terminal 3 yang pernah saya review disini.

Setelah melewati imigrasi di terminal 3 Changi Airport, belok kiri dan naiki eskalator pertama. Anda kemudian tinggal mengikuti papan penunjuk lounge-lounge di terminal 3.

Setelah menaiki eskalator, segera belok kanan dan Anda akan menemukan dnata Lounge.

Tampilan luar lounge yang cukup simpel.

Resepsionis lounge.

Penghargaan SkyTrax.

Salah satu alasan saya memilih mengunjungi lounge ini ketimbang yang lain dikarenakan lounge ini pernah memenangi penghargaan World’s Best Independent Airport Lounge tahun 2015 versi SkyTrax.

Jalan masuk ke lounge setelah melewati resepsionis.

Jalan masuk ke lounge terbagi menjadi 2:

  • Lurus: Anda akan menemukan buffet section dan area tempat duduk utama lounge
  • Belok kiri: Anda akan menemukan shower room, toilet, dan ruang membaca

Belok kiri setelah memasuki lounge, maka Anda akan menemukan shower room, toilet, dan ruang membaca.

Area Tempat Duduk

Area tempat duduk.

Meja makan.

Area tempat duduk utama.

Satu hal yang saya rasakan ketika memasuki lounge adalah ukuran lounge yang tidak terlalu luas, namun tetap menyediakan jumlah tempat duduk yang memadai.

Atap-atap terminal yang tinggi juga membantu menambah rasa lega dan lapang di dalam lounge.

Area tempat duduk utama.

Makanan

Makanan di lounge ini cukup beragam dan rasanya bisa dibilang lumayan. Terdapat pilihan makanan Western, Asian, dan vegetarian.

Pilihan makanan Western.

Pilihan makanan Asia.

Pilihan makanan vegetarian.

Kopi dan teh.

Soft drink.

Minuman beralkohol.

Kulkas dengan isi minuman kemasan.

Kamar Mandi

Terdapat 2 bilik shower room yang bisa Anda gunakan untuk mandi sebelum melanjutkan penerbangan. Saya tidak menggunakan fasilitas shower room, namun saya mengambil beberapa foto untuk keperluan blog.

Pada saat kunjungan saya di sore hari kedua bilik tersebut sedang tidak digunakan.

Lorong menuju ke area shower room dan toilet.

Shower room.

Tempat menaruh tas dan barang bawaan.

Pendapat

Sama halnya seperti SATS Premier Lounge di terminal 3, saya mengunjungi lounge ini dengan ekspektasi yang cukup tinggi namun tidak setinggi pada saat mengunjungi SATS Premier Lounge.

Lounge ini menyediakan fasilitas dan makanan yang mumpuni. Namun saya pribadi lebih memilih SATS Premier Lounge di terminal 3 ketimbang lounge ini.

Apakah saya akan mengunjungi lounge ini lagi?

Mengingat akses Priority Pass yang saya miliki terbatas, kemungkinan saya akan melewatkan lounge ini jika terbang melalui terminal 3 Changi Airport di masa yang akan datang.

Selain SATS Premier Lounge dan dnata Lounge kini hanya The Haven by JetQuay di terminal 3 Changi yang belum pernah saya akses. Untuk itu, saya mungkin akan mengunjungi The Haven pada kesempatan lain.

Jika Anda memiliki akses Priority Pass tidak terbatas, maka tidak ada ruginya bagi Anda untuk mengunjungi lounge ini.

Akses

Saya menggunakan keanggotaan Priority Pass yang bisa didapat dari kartu kredit seperti:

Jika Anda tidak memiliki kartu kredit yang memberikan fasilitas keanggotaan Priority Pass, Anda bisa membeli keanggotaannya dengan biaya sebagai berikut:

Screen Shot 2018-09-05 at 1.15.43 PM

Penutup

Bagi saya, dnata Lounge di terminal 3 merupakan pilihan lounge kedua setelah SATS Premier Lounge. Lounge ini berhasil memenuhi kriteria lounge kontrak/independent yang baik dengan menyediakan fasilitas shower room, makanan yang lumayan enak, dan ruang gerak yang cukup luas.

Jika Anda memiliki keanggotaan Priority Pass yang terbatas, maka saya lebih menyarankan Anda untuk mengunjungi lounge yang lebih baik. Namun lain cerita jika Anda memiliki akses tidak terbatas atau akses yang akan segera kadaluwarsa, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengunjungi lounge ini.

Klik disini untuk melihat 10 lounge pemenang penghargaan lounge independent terbaik tahun 2018 versi SkyTrax.

Pernahkah Anda menggunakan Priority Pass atau keanggotaan sejenisnya untuk mengakses lounge di luar negeri?