Impresi: Jewel Changi Airport

Saya berkesempatan mengunjungi Jewel Changi Airport pada saat preview pada tanggal 12- 16 April 2019 lalu. Berbeda dengan sekarang di mana Jewel Changi Airport bisa diakses kapanpun dan oleh siapapun, Anda harus booking terlebih dahulu untuk mengikuti preview Jewel Changi Airport. 

Anda harus booking terlebih dahulu untuk bisa mengikuti preview Jewel Changi Airport

Bagi Anda yang belum mengenal Jewel Changi Airport, tempat tersebut adalah kompleks terintegrasi yang terletak di tempat yang dulunya adalah bekas lapangan parkir mobil Terminal 1 Changi Airport.

Tempat ini memiliki shopping mall, waiting area, hotel, dan taman raksasa yang tergabung dalam 1 kompleks besar. Sulit untuk mendeskripsikan Jewel Changi Airport ini secara mendetail, jadi saya akan menunjukkan foto yang mungkin bisa memberikan gambaran mengenai Jewel Changi Airport ini:

Penampakan luar dari Jewel Changi Airport

Rain Vortex adalah atraksi utama Jewel Changi Airport

Atraksi Utama

Tidak dapat dipungkiri bahwa atraksi Utama dari Jewel Changi Airport ini adalah Rain Vortex, sebuah air terjun indoor raksasa yang terletak di tengah kompleks ini. Air terjun ini sangat masif sampai titik di mana Anda akan bisa melihat, mendengar, dan merasakan megahnya air terjun ini ketika Anda masuk kompleks Jewel Changi Airport.

Rain Vortex ini juga lebih dari sekedar air terjun di mana terkadang Anda akan bisa melihat perubahan debit air (air terjun deras lalu kemudian menjadi air terjun yang lembut) maupun bentuknya. Berikut adalah beberapa gambar yang sempat saya ambil ketika berada di Jewel Changi Airport:

Setiap beberapa saat, air terjun ini akan berubah menjadi kabut air saja yang mana masih sangat keren.

Rain Vortex boleh dikata sangat Instagramable!

Selain itu, kompleks Jewel Changi Airport ini juga dilengkapi dengan taman indoor yang sangat besar. Setiap segmen dari taman ini memiliki nama dan tema tersendiri. Sayangnya, banyak atraksi maupun bagian dari taman ini yang masih belum operasional dan baru akan dibuka untuk publik pada tanggal 10 Juni 2019.

Flower Carpet yang juga sangat Instagramable.



Sayangnya, banyak dari atraksi di Jewel Changi Airport ini masih ditutup sampai 10 Juni mendatang

Mall di Jewel Changi Airport

Mall yang terletak di dalam kompleks Jewel Changi Airport memiliki daya tarik sendiri mengingat banyak dari gerai yang di buka tergolong eksklusif bahkan di Singapura sekalipun.

Sebagai contoh, Shake Shack, sebuah chain burger terkenal asal New York membuka gerai pertama mereka di Singapura secara eksklusif di Jewel Changi Airport ini. Begitu juga dengan Pokémon Store, Make Hero, dan sebagainya. Dari oleh-oleh sampai dengan designer clothing asli Singapura, Anda akan bisa menemukannya di Jewel Changi Airport ini.

Mall dari Jewel Changi Airport terletak 1 lantai di bawah taman-taman yang ada

Mall dari Jewel Changi Airport ini dapat dipastikan hampir memiliki segalanya yang Anda butuhkan 🙂

Kesimpulan

Kita semua tahu bahwa Changi Airport sudah berkali-kali dinobatkan menjadi airport terbaik di dunia, dan keberadaan Jewel Changi Airport saya yakin akan semakin memperkokoh posisi tersebut. Secara pribadi, saya menyarankan Anda mengunjungi Jewel Changi Airport ini apabila Anda memiliki waktu transit lebih dari 3 jam mengingat besarnya tempat ini dan juga mempertimbangkan waktu yang perlu anda cadangkan untuk bisa boarding penerbangan Anda selanjutnya dengan tepat waktu.

Nantinya, Anda akan bisa ‘menembus’ Jewel Changi Airport ini menggunakan airport train antar terminal yang berada di bandara Changi.

Selain itu, saya juga menyarankan untuk mengunjungi tempat ini diatas tanggal 10 Juni karena sebagian besar atraksi yang sebelumnya tidak bisa diakses seperti Canopy Bridge, Canopy Park, Sky Nets, Mirror Maze, Discovery Slides, Topiary Walk, dan sebagainya baru akan dibuka setelah tanggal tersebut.

Singkat kata, Jewel Changi Airport ini adalah tourist spot terbaru di Singapura yang wajib Anda kunjungi. Tempat ini sangat Instagramable dan menjadi spot #2 favorit saya di Singapura setelah Marina Bay Sands.

Apakah Anda sudah mengunjungi Jewel Changi Airport?