Melalui email yang dikirimkan, InterContinental Hotel Group (IHG) telah meluncurkan promo terbaru “IHG Global Sale”, dimana Anda bisa mendapatkan diskon setidaknya 20% untuk properti pilihan IHG di seluruh dunia.

Detil promo

  • Periode pemesanan: 14 Mei hingga 31 Juli 2019
  • Periode menginap: 24 Mei hingga 15 September 2019

Pemesanan harus dilakukan minimal 3 hari sebelum tanggal menginap.

Hampir seluruh properti yang saya coba cari termasuk dalam promo ini. Namun, jangan cepat-cepat untuk memesan hotel sebelum membaca lebih lanjut analisa singkat yang saya lakukan dibawah.

Foto: InterContinental Lhasa Paradise Tibet.


Baca juga: Panduan Lengkap IHG Rewards Club

Baca juga: Raup Poin IHG dengan Promo Accelerate Terbaru (Mei – Agustus 2019)


Kekurangan Dari Promo Ini

Umumnya, promo diskon seperti ini hanya bisa diterapkan pada rate harga normal atau fleksibel. Artinya harga termurah yang ditawarkan oleh hotel biasanya tidak akan mendapat tambahan diskon lagi.

Berikut adalah contoh pencarian yang saya lakukan membandingkan harga promo pada hotel Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada untuk 1 malam (14 – 15 September 2019):

Harga yang ditampilkan oleh IHG adalah US $42.77 per malam.

Sesuai dengan syarat dan ketentuan promo, diskon 20% hanya berlaku untuk tipe tarif “Best Flexible Rate” yang harga normalnya adalah US $51.30 per malam (atau US $54.00 untuk non-member).

Keuntungan dari tipe tarif “Best Flexible Rate” adalah Anda diberikan kesempatan untuk membatalkan pemesanan Anda hingga 1 hari sebelum tanggal menginap (13 September 2019).

Setelah memfaktorkan diskon Global Sale ini, maka harga yang Anda dapatkan adalah US $42.77 (sebelum pajak & biaya) seperti yang ditunjukkan oleh website IHG.

Jika Anda perhatikan, harga pada tipe tarif “Advance Purchase” yang notabene tidak eligible untuk mendapatkan diskon 20% Global Sale ini malah lebih murah, yakni US $36.45 per malam.

Lalu, jika Anda perhatikan lebih seksama lagi, keuntungan terbesar dari “Best Flexible Rate”, yakni kesempatan untuk membatalkan pemesanan tanpa dipungut biaya telah dihilangkan!

Lantas, apa yang kini membedakan kedua jenis harga tersebut? Mari kita telusuri..

  • Advance Purchase – Tidak Eligible untuk Global Sale 20% (US $36.45)
    • Deposit diperlukan
    • Tidak bisa refund atau cancel
    • Pemesanan minimal 3 hari sebelum tanggal menginap
  • Best Flexible Rate – Global Sale (US $42.77)
    • Deposit diperlukan
    • Tidak bisa refund atau cancel
    • Pemesanan minimal 5 hari sebelum tanggal menginap

Satu-satunya hal yang membedakan selain harga adalah periode memesan hotel maksimal 3 atau 5 hari sebelum tanggal menginap.

Kasus serupa seperti ini juga saya temukan pada 4-5 hotel lain yang saya coba cari untuk keperluan menulis artikel ini. Contoh pencarian InterContinental Singapore:

Penutup

Sebenarnya cukup ironis melihat harga promo yang ditawarkan malah lebih mahal ketimbang harga non promo yang memang sudah tersedia. Namun, saya berharap agar artikel informasi promo ini bisa membuat Anda lebih berhati-hati dalam “mengonsumsi” promo yang ditawarkan oleh perusahaan.

Terkadang, promo seperti ini hanya digunakan sebagai gimmick marketing yang aslinya kurang atau bahkan tidak lebih menguntungkan.

Apakah promo seperti IHG Global Sale ini membuat Anda tertarik untuk menginap di hotel IHG?