Berita baik bagi Anda yang berencana berpergian menggunakan pesawat pada saat lebaran. Pemerintah memutuskan untuk menurunkan tarif batas atas angkutan udara dengan kisaran penurunan 12% hingga 16% untuk pesawat bermesin jet efektif 16 Mei 2019 mendatang.

Mengutip dari kontan, penurunan pada tarif batas atas penerbangan sebesar 12% akan dilakukan pada rute-rute dengan okupansi tinggi seperti rute-rute di daerah Jawa (terutama Surabaya – Jakarta tentunya).

Sedangkan penurunan tarif diatas 12% kemungkinan besar akan dilakukan pada rute penerbangan dengan okupansi yang lebih rendah seperti Jakarta – Jayapura.

Penurunan tarif batas atas akan paling terasa di maskapai berjenis full service seperti Garuda Indonesia dan Batik Air.

Opini

Penurunan tarif batas atas harga tiket pesawat sebanyak 12 – 16% bukanlah sesuatu yang besar. Secara pribadi, saya merasa bahwa harga tiket penerbangan sudah melonjak sebesar 40 – 60% dibanding tahun lalu.

Sebagai seseorang yang sering mengambil rute Surabaya – Jakarta, penurunan tarif batas atas sebesar 12% ini tentunya tidak terlalu drastis. Saya berharap pemerintah kedepannya akan menurunkan kembali tarif batas atas maupun tarif batas bawah penerbangan.

Dan tentunya, sedikit tips bagi Anda, jangan memesan tiket terlebih dahulu sebelum tarif baru ini efektif beberapa hari lagi kecuali apabila mendesak.

Apakah Anda berencana untuk membeli tiket pesawat menyusul diturunkannya tarif batas atas harga tiket?