Perjalanan melalui udara sekarang ini menjadi suatu trend dalam bepergian. Selain harganya kian murah, waktu perjalanan pun lebih singkat dibandingkan dengan metode transportasi lainnya. Meningkatnya jumlah penumpang pesawat membuat maskapai bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC) bermunculan.

Maskapai asal Jepang, All Nippon Airways (ANA) memiliki maskapai bertarif rendah Peach dan Vanilla Air sebagai anak perusahaannya. Untuk berkompetisi dengan ANA, Japan Airlines pada bulan Maret 2019 yang lalu juga meluncurkan LCC yang dinamakan ZIPAIR Tokyo.

Maskapai bertarif rendah Peach merupakan anak perusahaan ANA.

Konsep ZIPAIR Tokyo

ZIP dalam nama ZIPAIR Tokyo memiliki arti “cepat” dalam bahasa Inggris. Arti “cepat” ini melambangkan seberapa cepat waktu akan berlalu jika Anda terbang bersama maskapai unik ini.

Kata “Tokyo” di selipkan pada akhir nama dikarenakan Tokyo (bandara Narita) akan menjadi rumah untuk maskapai ini.

Logo ZIPAIR Tokyo. Sumber ZIPAIR Tokyo

ZIPAIR Tokyo memiliki 3 konsep dalam pelayanan mereka yaitu:

  • Z_Safety: Keselamatan penumpang akan di jaga dengan kualitas operasional Jepang dan armada terbaru Boeing 787.
  • Z_Human Centric: Kebutuhan penumpang akan berubah seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu ZIPAIR Tokyo akan selalu memberikan pelayanan yang memenuhi kebutuhan baru tersebut.
  • Z_Value: Memberikan harga yang memuaskan dengan pelayanan yang memuaskan juga.

Penerbangan ZIPAIR Tokyo

Sampai saat ini, ZIPAIR Tokyo hanya memiliki 2 armada untuk penerbangannya yaitu 2 pesawat Boeing 787. Kedua pesawat ini merupakan pesawat Japan Airlines dan ZIPAIR Tokyo berencana akan menambah 2 pesawat setiap tahunnya. Belum diketahui apakah ZIPAIR Tokyo akan membeli atau menggunakan pesawat bekas Japan Airlines.

Armada Boeing 787 Japan Airlines. Sumber Japan Airlines

ZIPAIR Tokyo mengatakan mulai awal musim panas tahun 2020, ZIPAIR Tokyo akan terbang ke 2 rute internasional yaitu Seoul dan Bangkok. Japan Airlines yang merupakan “induk perusahaan” dari ZIPAIR Tokyo juga mengoperasikan kedua rute ini.

Belum diketahui rute yang akan dioperasikan kedepannya namun beberapa sumber mengatakan ZIPAIR Tokyo akan terbang ke Amerika bagian barat yaitu Las Vegas dan ke Indonesia yaitu Bali.

Livery dan seragam ZIPAIR Tokyo

Pada bulan April 2019 yang lalu, ZIPAIR Tokyo mengumumkan Livery pesawat dan seragam awak kabin nya.

ZIPAIR Tokyo memilih livery yang sangat simpel. ZIPAIR hanya memberikan alfabet Z pada ZIPAIR di ekor pesawat dan logo ZIPAIR di badan pesawat dengan garis hijau membentang dari depan sampai ekor pesawat.

Livery ZIPAIR Tokyo di armada Boeing 787. Sumber ZIPAIR Tokyo

Desain seragam awak kabin ZIPAIR Tokyo. Via Samchui

Rekrutmen staf ZIPAIR Tokyo

Saat ini ZIPAIR Tokyo sedang membuka lowongan untuk staf maskapai ini. Menariknya, ZIPAIR Tokyo mengatakan maskapai mereka akan menerima staf bukan hanya orang Jepang namun juga orang asing.

Bagi Anda yang ingin melamar menjadi salah satu staf ZIPAIR Tokyo, Anda bisa klik link ini (link dalam bahasa Jepang).

Penutup

Dengan adanya ZIPAIR Tokyo, jumlah maskapai di Jepang akan bertambah dan kompetisi antar maskapai akan meningkat. Hal tersebut kemungkinan akan berdampak positif bagi penumpang. Ada kemungkinan maskapai-maskapai tersebut akan sering memberikan promosi untuk menjual kursi penerbangan mereka.

ZIPAIR Tokyo masih belum mengumumkan apakah anggota Japan Airlines Mileage Bank (JMB) bisa mengumpulkan miles dengan terbang bersama ZIPAIR Tokyo atau tidak. Jika bisa, tentunya akan memberikan keuntungan untuk anggota JMB.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai ZIPAIR Tokyo?